Thursday, December 20, 2018

Belajar Zero Waste Ala Iriters

Inget ngga, beberapa waktu lalu, Mak Irits ngadain giveaway #BelajarZeroWaste untuk merayakan 10 ribu follower di instagram. Apaah kamu lupa? Ya wajar sih GA nya udah lamaa, udah 3 bulan lalu. Adminnya aja nih lupa muluk (lebih tepatnya malass yaa) mau merangkumkan di sini tentang belajar zero waste ala iriters yang udah ikutan giveaway #GetokAdmin. Min.. min, tinggal posting ulang postingan peserta GA trus kasih kata pengantar dikit apa susahnya siiihh?

Banyak yang menarik dari postingan #BelajarZeroWaste ala iriters. Sebelumnya bahas sedikit tentang zero waste yang artinya nol sampah. Merujuk dari wikipedia, definisi Bebas Sampah yang diakui secara internasional, yang digunakan oleh Zero Waste International Alliance (ZWIA) adalah: "Bebas Sampah adalah tujuan etis, ekonomis, efisien, dan visioner, untuk memandu masyarakat dalam mengubah gaya hidup dan praktik-praktik mereka dalam meniru siklus alami yang berkelanjutan, dimana semua material yang tidak terpakai lagi dirancang untuk menjadi sumber daya bagi pihak lain untuk menggunakannya."

Bener-bener menerapkan hidup yang nol sampah, sama sekali ngga ada sampah yang dihasilkan mungkin sulit ya, tapi paling ngga minim sampah lah. Karena sampah itu tidak benar-benar hilamg, ia hanya berpindah tempat. Dari yang asalnya di tempat sampah depan rumah berpindah ke tempat pembuangan sementara (TPS) kemudian berakhir di Tempat Pmebuangan Akhir (TPA). Beberapa mungkin ada yang dipunguti pemulung untuk didaur ulang, tapi jumlahnya sangat sedikit dibanding keseluruhan sampah yang ada. Beberapa terurai dengan tanah, tapi membutuhkan waktu yang cukup lama.
Bayangkan tiap hari berapa banyak sampah yang kamu hasilkan? Satu keranjang? Kalikan dengan penduduk bumi, kalikan lagi satu tahun, dua tahun, atau 10 tahun. Berapa banyak sampah yang menumpuk tanpa tahu harus diapakan. Dibakar membuat polusi baru. Meski katanya sudah ada inovasi pembangkit listrik tenaga sampah yang merupakan pembangkit listrik thermal dengan uap supercritical steam dan berbahan bakar sampah atau gas sampah methan. Tapi itupun masih kontroversi karena dianggap akan menimbulkan masalah baru. Jadi yang bisa kita lakukan sekarang ini adalah MENGURANGI SAMPAH. Belajar zero waste atau minim sampah. Bisa? Harus bisa, gampang kok.

Berikut inspirasi zero waste ala iriters yang bisa kamu coba:

1. Inspirasi dari @evrinasp
Membawa kantong sendiri saat berbelanja. Ngga perlu malu ya iriters, go green itu keren kok. Kalo emak ngga cuma ke tempat belanja aja sih bawa kantongan begini. Emak biasanya udah sediain kantongan di tas, di mobil, kadang saku jaket. Ukurannya pun beragam. Karena kadang kita pergi tujuannya cuma main ke rumah temen misalnya, eh di jalan lihat ada yang jual mangga murah, pengen beli, udah siap aja kantongan.

Yuk bawa kantong belanja sendiri


2. Inspirasi dari IG @iam.gumala.

Mamak yang satu ini berusaha menggunakan benda-benda ramah lingkungan. Misalnya sedotan stainless steel yang bisa dicuci dan dipakai ulang. Dibawa saat bepergian, jadi kalo ke resto tolak ya sedotan plastik sekali pakainya. Sisir, cottonbud, maupun sikat gigi yang biasanya dari plastik yang sulit terurai dengan tanah digantinya dengan bahan bambu yang lebih mudah terurai. Udah banyak dujual kok di online shop, cari aja yah.

zero waste starter kit
Diantara barang ini mana yang kamu punya?


3. Inspirasi dari Melinda Niswantari

Kalo beli kangkun atau sawi, bagian paling bawah yang ada akarnya kan ngga kepakai buat dimasak. Jangan langsung dibunag, bisa ditanam lho. Asik kan besok-besok bisa masak sayur hasil panen sendiri.



4. Inspirasi dari IG @duniaqtoy
Botol bekas air mineral, bisa dimanfaatkan untuk menanam. Selain bisa memanfaatkan sampah botol plastik, solusi juga buat yang ngga punya lahan luas buat ditanami yes. Tapiii beli minum kemasan botol ini jangan jadi kebiasaan yaa. Kalo terpaksa saja. Lebih baik sangu minum sendiri dari rumah. Karena #belajarzerowaste atau #minimsampah itu dimulai dari upaya tidak menggunakan benda yang cepat menjadi sampah.



5. Inspirasi dari IG @belalangcerewet
Kertas bekas yang belakangnya masih kosong bisa digunakan lagi untuk mencatat atau oret-oretan. Misal daftar belanja, to do list buat ditempel di papan aktivitas, dll. Kertas bekas ini bisa dari kalender bekas, kuitansi pembelian, atau struk ATM. Biasanya kalo emak struk ATM itu untuk transaksi transfer, sebagai bukti transfer. Kalo cuma tarik tunai, emak memilih opsi yang tanpa struk untuk mengurangi sampah kertas.


6. Inspirasi dari @arindashafa

Membuat eco-bricks dari botol bekas dan sampah plastik. Yang masih sulit dihindari adalah sampah plastik dari kemasan makanan. Solusi sementara bisa dimanfaatkan untuk dibuat ecobricks. Dengan cara plastik dipotong kecil-kecil, terus dimasukkan ke botol plastik sampai padat. Sila googling untuk tutorial komplitnya yah. Ecobricks ini bisa dibuat mejadi meja, atau kursi. Bahkan katanya bisa jadi bahan bangunan pengganti batu bata.

Eco Bricks


7. Inspirasi dari @makarame

Membuat ECOver Pot dengan bahan dasar cacahan plastik kemasan. Dipadukan dengan kain organdi & kain perca. ECOver Pot ini juga dijual oleh makarame dengan tujuan mengajak pecinta tanaman kaktus & sukulen makarame belajarzerowaste.

Cantik banget ECOver Pot nya yaa

Itulah beberapa inspirasi #BelajarZeroWaste dari iriters. Inspirasi lainnya bisa kamu cek di instagram atau facebook dengan hastag #iriterspedulilingkungan. Atau kamu punya inspirasi lain, yuk bagikan, jangan lupa tag @emakirits ya...

6 comments:

  1. saya sering pake kertas bekas buat oret-oret an atau kadang bikin gambar-gambar gk jelas :)

    ReplyDelete
  2. aku masih nomer 1 dan 5 meski kadang lupa hehehe

    ReplyDelete
  3. Untuk sedotan stainless anak saya sudah mulai pakai Mbak, kemarin beli 1 set isi 3 plus sikatnya sekitar 55 ribu.

    Nol sampah sepertinya mustahil ya, hanya orang-orang yang concern yang yakin. Saya sendiri masih pada tahap belajar, tapi dengan dukungan anak semoga bisa lebih berusaha dan lebih semangat, hehe.

    Penasaran dengan ecobrick nih, gugling ahh :).

    ReplyDelete
  4. Banyak yang menginspirasi, tidak menyesal sudah berkunjung ke blog ini. Salam kenal

    ReplyDelete
  5. Wooww kreatif bangt dlm pengurangan sampahnya kak. Aku gak bsa sshari tanpa sampah kak😅mash blajar memanfaatkan sampah bekas jd celengan hehe

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)