Monday, October 15, 2018

5 Tempat Wisata Murah Meriah di Bandung

Halo sobat iriters, masa liburan akhir tahun sudah dekat nih. Bagi yang punya putra-putri sudah duduk di bangku sekolah, ini tentu momen yang sangat dinanti untuk liburan. 

Setelah sekian purnama berkutat dengan rutinitas, ngga ada salahnya sesekali refreshing. Mengunjungi tempat yang berbeda bersama keluarga. Selain merefresh pikiran juga bisa semakin melekatkan bonding antara anggota keluarga. 

Tapi mak.. Liburan itu kan mahal, gimana nasib kami sobat misquin yang punya dana terbatas ini? 

Eh jangan salah, liburan ga harus mahal. Udahlah gausah terpengaruh #crazyrich yang pajang foto liburan di luar negeri di instagram mereka. Paling juga itu cuma wallpaper #julid. Mereka jalan-jalan ke Paris, kita juga bisa ke Parijs (Van Java) alias Bandung. Liburan irit dan sepertinya malah lebih banyak tempat menarik di Bandung yang bisa kita kunjungi. 
Bandung merupakan salah satu kota favorit emak untuk liburan. Selain karena emak punya keterikatan batin dengan kota ini (cukup lama emak tinggal di Bandung), Bandung (dan sekitarnya) punya banyak tempat wisata. Mulai dari wisata alam, buatan, sejarah, kuliner, sampai belanja. 

Meski emak udah beberapa kali menyambangi kota Bandung, tempat wisatanya belum semua terjamah karena keterbatasan waktu (dan biaya). 

Jikalau ada kesempatan untuk ke Bandung lagi emak udah siapkan nih 5 tempat wisata murah meriah di Bandung yang wajib dikunjungi. 

1. Babakan Siliwangi 

Babakan Siliwangi atau yang dikenal disingkat dengan Baksil adalah salah satu kawasan hutan kota di Bandung, tepatnya berada di Kelurahan Babakan Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Babakan Siliwangi, foto dari IG @chanderaaa

Pada zaman penjajahan Belanda, kawasan ini sudah ada dan dikenal sebagai kawasan sabuk hijau Kota Bandung dengan nama Lebak Gede. Pada tahun 1920, para arsitek perancang kota Bandung merencanakan untuk membuat kawasan ini sebagai hutan kota sekaligus perkebunan terbuka bagi masyarakat umum. 

Selain karena tempatnya yang sejuk, dan instagramable salah satu alasan emak pengen mengunjungi tempat ini adalah karena MURAH. Ya beberapa info menyebutkan untuk masuk ke Baksil kita cukup membayar parkir saja Rp.3000. Jadi kalo jalan kaki, GRATIS dong yah. 

2. Gedung Sate 

Gedung Sate mulai dibangun pada tahun 1920. Ciri khasnya berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya, saat ini berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan Jawa Barat. 

Gedung sate, foto dari IG @mulkisalman
Keindahan Gedung Sate dilengkapi dengan taman disekelilingnya yang terpelihara dengan baik. Makanya taman ini sangat menarik bagi masyarakat kota Bandung dan para wisatawan baik domestik maupun manca negara. Bukan hanya sekedar nongkrong atau jogging. Taman ini juga katanya sering dijadikan lokasi lokasi shooting video klip musik baik artis lokal maupun artis nasional dan lokasi foto wedding. 

Tidak perlu membayar untuk masuk ke kawasan gedung sate.

3. Braga 

Kawasan Jalan Braga terkenal akan bangunan-bangunan tempo dulunya yang megah. Daerah inilah yang menjadikan Bandung sebagai Parijs van Java di masa lalu. Di Braga kita bisa menikmati wisata kuliner, belanja, maupun fotografi.
Jalan Braga, foto dari IG @budiandika74


Karena ini jalan umum tentu saja, tidak perlu membayar untuk memasuki jalan braga, kecuali kalo bawa kendaraan dan harus parkir ya.

4. Situ Cileunca 

Situ Cileunca berlokasi di Warnasari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, merupakan danau buatan yang dibangun Belanda hingga tahun 1926. Danau ini dibuat untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Energi listrik yang dihasilkan PLTA tersebut digunakan untuk keperluan energi listrik pabrik teh dan sebagian keperluan energi listrik warga Kota Bandung pada zaman penjajahan Belanda. Seiring berjalannya waktu, danau buatan ini bertransformasi menjadi objek wisata karna menyajikan panorama alam yang sangat indah. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, Ro.5000,- untuk dewasa dan Rp.2.500 untuk anak-anak.

Situ Cileunca, foto dari IG @indra_lg

Oya kalau mau mengunjungi Situ Cileunca, sebaiknya pada saat musim kemarau ya. Karena katanya di musim hujan airnya pasang dan akan menutupi keelokan sungainya. 

5. Taman Bunga Cihideung 

Bagi pencinta bunga, taman bunga Cihideung, yang merupakan taman bunga yang terbesar di Bandung, wajib banget dikunjungi. 

Berdiri pada lahan seluas 50 hektar tempat ini menjual berbagai jenis dan ukuran tanaman hias. Panorama yang disuguhkan berupa perbukitan yang indah, kebun yang rindang, serta areal persawahan. Untuk masuk ke sini, berdasar info yang emak dapat ada yang bilang gratis, ada juga yang bilang dikenakan HTM sebesar Rp.5000,- yaaa masih terjangkaulah. 

Di sini, selain kamu bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan mata, juga bisa berfoto dengan latar berbagai macam bunga cantik berwarna-warni. 

Itulah iriters, 5 tempat wisata murah meriah di Bandung (dan sekitarnya). Jangan lupa untuk booking hotel maupun tiket perjalanan menuju Bandung jauh-jauh hari sebelum liburan, karena hotel maupun tiket kereta atau pesawat pastilah banyak diburu di musim liburan. 

Biar dapat hotel dan tiket yang murah gimana mak? 

1. Pesan jauh-jauh hari melalui situs booking online. Emak pernah pengalaman cari hotel begitu tiba di kota tujuan, waah dapatnya hotel yang jelek. Sekarang kalo bepergian ke luar kota emak booking hotel melalui Traveloka, yang pilihan hotelnya banyak, bayarnya mudah, bahkan saat terpaksa harus me-refund karena sesuatu hal pun mudah.



2. Cari hotel yang dekat dengan tempat wisata yang hendak kita tuju. Selain menghemat ongkos transport atau bensin, juga menghemat waktu. Apalagi Bandung merupakan kota tujuan wisata yang cukup populer. Di kolom pencarian hotel traveloka bisa diketik tempat tujuan wisata, contoh "gedung sate" nanti akan keluar hotel yang dekat dengan Gedung Sate. 

3. Cari hotel budget. Kalo tujuan kita berwisata, artinya kita hanya di hotel untuk beristirahat, lebih banyak menghabiskan waktu di luar. Tidak perlu hotel mewah karena pasti lebih mahal. Yang penting nyaman buat beristirahat. Hotel Traveloka mempunyai banyak pilihan hotel budget, untuk memudahkan pencarian gunakan filter harga sesuai budget kita. 

Sekian dulu sharing tips liburan hemat di Bandung dari emak ya. Moga bermanfaat.

2 comments:

  1. Bandung....! Salah satu kota impian untuk traveling. Pernah ke Bandung tapi ngikut acara kantor dan cuma belanja ke Cibaduyut, lainnya kunjungan semua

    ReplyDelete
  2. foto foto yang indah sekali makasih infonya.

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)