Saturday, February 24, 2018

Resepsi Pernikahan Budget 10 Juta, Bisa! Ini Tipsnya

Hai hai iriters... adakah yang dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan? Kali ini emak tertarik membahas tentang resepsi pernikahan, terinspirasi dari cukup banyak selebritis maupun kerabat yang beberapa waktu lalu melangsungkan pernikahan ataupun mantu. 

Mungkin terbersit tanya, berapa ya kira-kira biaya resepsi pernikahan itu?



Kalo ditanya mengenai biaya resepsi pernikahan, tentu saja bergantung kamu mau bikin resepsi yang seperti apa. Kalo dananya tak terbatas, ya mau yang kaya gimana aja cincaylah ya. Tapi yang punya dana pas-pasan, ngga perlu dibela-belain juga ngabisin uang tabungan untuk biaya resepsi apalagi sampai ngutang. Setelah menikah nanti masih banyak yang harus dipikirkan, seperti tempat tinggal, biaya hidup sehari-hari apalagi kalo udah ga tinggal sama ortu, belum lagi kalo nanti istri langsung hamil kudu siap biaya juga kan.

Sedikit gambaran ya, dalam waktu dekat ini kerabat emak yang lain ada yang mau melangsungkan pernikahan. Biaya resepsi setelah dikalkulasi sekitar 60 juta rupiah. Acara dilangsungkan di aula sebuah sekolah dengan jumlah undangan sekitar 450 orang. Wah lumayan fantastis yah...

Gimana kalo bujetnya cuma 10 juta, bisakah mengadakan resepsi pernikahan yang layak? Bisa kok, begini tipsnya untuk resepsi pernikahan dengan budget 10 juta.

1. Melangsungkan acara resepsi di rumah. Ini jika memungkinkan ya, jika rumah punya cukup ruang untuk menampung tamu dan parkir yang memadai. Di kompleks tempat tinggal emak, beberapa tetangga pernah melangsungkan resepsi pernikahan di rumah. Panggung di buat di depan rumah. Iya menggunakan jalan umum. Ga ada masalah selama jalan itu masuk kampung atau perumahan, bukan jalan besar atau jalan utama yang dilalui banyak orang. Sebelumnya tentu minta ijin para tetangga dulu karena jalan depan rumah tetangga juga biasanya terpakai buat menempatkan kursi-kursi untuk tamu undangan. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, bisa sewa balai desa atau aula yang luasnya cukupan saja. Karena jika terlalu luas, tentu biaya sewa akan lebih mahal, begitupun biaya dekorasinya. Kemarin sempet tanya-tanya buat dekor di rumah, biayanya sekitar 1 juta. Dekor ini cukup penting supaya kamu punya background yang bagus buat foto-foto. Selain itu tentu ada biaya sewa tenda/tratak, kursi, meja, sound sistem. Taruhlah itung-itungan kasarnya, habis 1 juta buat sewa segala macam ya, jadi total di dekor ini sekitar 2 juta.

2. Sewa baju pengantin atau buat? Lebih murah mana? Tergantung kamu mau baju pengantin seperti apa dan buat atau sewa dimana. Kalo di tukang rias profesional ya mihil. Kerabat emak aja yang kemarin nikah, rias pengantin plus ibu bapak, besan, pagar ayu, dan sewa pakaiannya sampai 6 jutaan. Emak lihat di online shop harga setelan kebaya atau gamis jadi ada juga yang harganya di bawah 300 ribu udah terlihat cantik dan elegan. Atau bisa juga jahitkan sendiri cari tukang jahit yang bagus tapi belum mahal rate nya. Untuk pria bisa menggunakan jas, sewa ada yang sekitar 100ribuan. Jadi anggaplah buat baju pengantin ini, plus baju bapak-ibu menghabiskan biaya 1 juta ya. Terus gimana dengan seragam penerima tamu, pager ayu, dll. Yaa namanya juga pesta pernikahan sederhana ngga terlalu penting lah ya, yang penting penerima tamu menggunakan pakaian yang pantas aja buat acara resepsi, seadanya apa lah.

3. Acara cukup sekali, akad sambung resepsi. Biasanya kan ada tuh yang akad dulu di pagi, nanti sambung resepsi siang sampai sore. Karena budgetnya minim hanya 10 juta, sebaiknya akad dan resepsi langsung disambung saja. Selain biar ngga terlalu capek, supaya make up juga ngga luntur dan ga perlu gonta-ganti pakaian. Lebih hemat.

4. Cari tukang rias yang harganya terjangkau. Kenapa ngga ambil tukang rias yang jadi satu sama sewain baju, soalnya tukang rias ini kasih tarif beda untuk nikah, wisuda, atau kondangan. Kalo menurut emak level tukang rias wisuda aja udah cukuplah untuk resepsi sederhana di rumah. Ratenya berkisar 100-200 ribu. Lebih bagus lagi kalo ada temen jago dandan yang bisa dimintai tolong dan dibayar dengan ucapan terimakasih plus souvenir kipas sama semangkuk bakso haha. Jadi untuk tukang rias taruhlah menghabiskan biaya kira-kira 500 ribu ya, karena yang wajib rias kan paling pengantin wanita sama kedua ibu mempelai.

5. Fotografer pernikahan rate nya sekitar 1,5 juta untuk sekitar 2 album foto. Nah biar mengehemat biaya bisalah kita minta tolong temen yang jago foto untuk jadi bagian dokumentasi. Ga punya kamera DSLR juga gapapa, toh sekarang banyak juga kamera HP yang canggih-canggih bagus buat foto. Gengsi doong, ya gimana bujet terbatas.

6. Undangan secukupnya saja, ga perlu terlalu banyak. Yang paling penting tetangga se RT, sama keluarga dan teman dekat. Apalagi kalau diselenggarakan di rumah tempatnya kan terbatas juga. Menurut emak undangan 100 udah cukuplah yaa. Model undangannya juga yang sederhana saja, di online shop ada yang seharga Rp 1.500an untuk pemesanan minimal 100 undangan. Jadi pengeluaran undangan sekitar 150ribu ya.

7. Masak sendiri buat hidangan resepsi. Kalo di desa-desa udah biasa ya saling bantu masak di tempat orang nikahan. Kalo emang mau menghemat biaya bisalah minta tolong kerabat dan tetangga bantu maak di rumah. Hidangan alakadaranya saja, misal dua menu utama, soto sama bakso. Taruhlah seporsi 5rb, kita bikin 500 porsi buat 100 undangan ya, karena satu undangan bisa aja yang datang berdua bahkan berempat. Jadi total Rp 2.500.000. Kue dua macam, masing-masing 2ribuan sedia 500 biji jadi total 1 juta. Air mineral 10 dus sekitar 250ribu. Jadi total pengeluaran buat konsumsi Rp 3.750.000,-



Kalo ditotal dari seluruh rancangan dana di atas, menghabiskan dana Rp.7.400.000 masih ada sisa dana Rp.2.600.000,- dari 10 juta ya. Nah itu bisa buat biaya lain-lain, misal cetak foto, administrasi pernikahan, penghulu, atau pernak-pernik lainnya yang belum keitung dari rancangan di atas.

Jadi iriters, menyelenggarakan resepsi pernikahan disesuaikan saja sama budget yah. Ga perlu ngutang apalagi ngarepin balik modal dari sumbangan para tamu undangan. Niat ngadain resepsi kan menjamu undangan, bukan menggalang dana ;)


26 comments:

  1. Bisa 9 juta tuh, Mak. Baju pengantinnya minjem sodara hihihi..

    ReplyDelete
  2. Bener mak, kalo di rumah biaya bisa ditekan. Trus harus ada yang ngawasin makanan soalnya kalo area terlalu terbuka bisa dicolongin makanannya. Kan serem tuh tamu jd pada ga kebagian. Resepsi mewah2 juga yang menikmati malah tamu. Kalo pengantennya kebagian capeknya doang. Hehe tapi ya hepi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes resiko ya beres2nya bikin capek hehe

      Delete
  3. Hebat kalo hari gini masih bisa nikahan dgn budget segitu. Kalo masak sendiri emang ngirit banget ya mungkin soalnya biaya katering biasanya emang paling mihil

    ReplyDelete
  4. Hm...perlu dicatat niih..klo2 ada yg butuh..makasih tipsnya, Mak Irit.. :)

    ReplyDelete
  5. Manfaat banget nih buat yang mau nikah dengan modal minim ya mbak. Btw, di desaku juga gitu mbak. Gantian rewang gitu nek ada yang nikah jadi lebih hemat lah nggak perlu pake jasa katering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kbanyakan desa masih suka pada rewang

      Delete
  6. Wuihhhh,, ini kalo total 10 jt terus ternyata sumbangannya 15 jt bisa untung ya mak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iyaa pilih tamunya yang skiranya bakal ngasih sumbangan banyak hahaha

      Delete
  7. Kalo dikampungku masih kayak gini semua. Jadi ndak makan budget banyak banyak..
    Digarap sendiri dan dibantu orang sekampung..

    ReplyDelete
  8. Mba, itu belum termasuk hiburan ya, haduh calon saya minta di datangkan noah,via vallen,katty perry lagi buat hiburan, haduuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiburannya dari tape aja lahhh, namnya juga bujet terbatas hihihi

      Delete
  9. Betul bangeeet, ga perlu ngutang, apalagi ngarepin "balik modal" dari sumbangan tamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa karena kita kan lagi menjamu tamu bukan ngarepin duit dari tamu hehe

      Delete
  10. Yang bikin heboh kadang model undangannya dan dekor tempatnya, mak. Hihi. Bisa ga ya 10 jt ke bawah udah dapet dekor kece

    ReplyDelete
  11. Mak, aku make up plus ibu, mamah, adik plus tukang foto cuma bayar 700k. Hihi... Sewa tenda dan alat prasmanan juga murah tapi lupa berapa. Baju jahit sendiri krn di tempat sewaan bajunya norak2 bergembira. Nggam pakai undangan. Cuma sablon totebag untuk bawa makanan oleh2 tamu. Budget paling banyak malah di konsumsi, lebih dr 10juta krn emang niatnya bagi2 dan sedekah

    ReplyDelete
  12. Klo di desa2 itu kadang gitu mba..hajatan tapi malah kayak penggalangan dana...

    Padahal klo mau nyari untung, mending buka warung yaa

    ReplyDelete
  13. waduh kalau di kampungku modelnya gini sih, Mak. Tapiii bisa berhari-hari bahkan ada yang sampe seminggu masih nerima tamu dan masak-masak juga. Kayaknya mau ngirit jadi ngorot ya, hehe.

    Btw sharing ya mak, pernikahanku dulu kayaknya cuma habis 5 juta mak, konsumsi masak sendiri lauk utamanya ikan yang dipancing dari kolam di rumah, wkkkk. Baju pengantinq juga cuma pakai kebaya putih 1, jas suami sewa 100rb. Makeupnya dimakeupin nenekku sendiri seadanya, beliau juga terima rias. Tempatnya di rumah ga ada dekorasi *cuman sama fotografernya diedit pake sotoshop jadi ditambahin bekgrond cakep. Bayar fotografer cuma 600rb apa ya, xixi. Trus yang diundang cuma 100an, saudara sama tetangga2 di kampung. Alhamdulillah, sederhana dan irits :)

    ReplyDelete
  14. Apa mak?
    10juta? Di desa?
    Kalo di tempatku, biar desa gak cukup 10jt. Hantarannya aja berapa?? Kue + makanan perasmanan berapa?? Belum harga daging + sembako naik turun.
    Waah maak. . Kalo irit jangan kebangetan doong๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  15. Kaga pake tenda tuhhh acaraa??? Wkwkwkw... Nanti pas hujannn bubarrr yg ada.. Wkwkwk

    ReplyDelete
  16. Kaga pake tenda tuhh budgett? Yg ada kalo pass hujan BUBARRRRR Udah kaya kena bencana dadakan..., :D wkwks

    ReplyDelete
  17. Kira2 bisa gak yak mak budget segitu diterapin ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  18. Yang bikin banyak kadang kan seserahan, masa iya ngk ada seserahan, mas kawin gitu

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)