Hai hai iriters... adakah yang dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan? Kali ini emak tertarik membahas tentang resepsi pernikahan, terinspirasi dari cukup banyak selebritis maupun kerabat yang beberapa waktu lalu melangsungkan pernikahan ataupun mantu. 

Mungkin terbersit tanya, berapa ya kira-kira biaya resepsi pernikahan itu?



Kalo ditanya mengenai biaya resepsi pernikahan, tentu saja bergantung kamu mau bikin resepsi yang seperti apa. Kalo dananya tak terbatas, ya mau yang kaya gimana aja cincaylah ya. Tapi yang punya dana pas-pasan, ngga perlu dibela-belain juga ngabisin uang tabungan untuk biaya resepsi apalagi sampai ngutang. Setelah menikah nanti masih banyak yang harus dipikirkan, seperti tempat tinggal, biaya hidup sehari-hari apalagi kalo udah ga tinggal sama ortu, belum lagi kalo nanti istri langsung hamil kudu siap biaya juga kan.

Sedikit gambaran ya, dalam waktu dekat ini kerabat emak yang lain ada yang mau melangsungkan pernikahan. Biaya resepsi setelah dikalkulasi sekitar 60 juta rupiah. Acara dilangsungkan di aula sebuah sekolah dengan jumlah undangan sekitar 450 orang. Wah lumayan fantastis yah...
Gimana kalo bujetnya cuma 10 juta, bisakah mengadakan resepsi pernikahan yang layak? Bisa kok, begini tipsnya untuk resepsi pernikahan dengan budget 10 juta.

1. Melangsungkan acara resepsi di rumah. Ini jika memungkinkan ya, jika rumah punya cukup ruang untuk menampung tamu dan parkir yang memadai. Di kompleks tempat tinggal emak, beberapa tetangga pernah melangsungkan resepsi pernikahan di rumah. Panggung di buat di depan rumah. Iya menggunakan jalan umum. Ga ada masalah selama jalan itu masuk kampung atau perumahan, bukan jalan besar atau jalan utama yang dilalui banyak orang. Sebelumnya tentu minta ijin para tetangga dulu karena jalan depan rumah tetangga juga biasanya terpakai buat menempatkan kursi-kursi untuk tamu undangan. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, bisa sewa balai desa atau aula yang luasnya cukupan saja. Karena jika terlalu luas, tentu biaya sewa akan lebih mahal, begitupun biaya dekorasinya. Kemarin sempet tanya-tanya buat dekor di rumah, biayanya sekitar 1 juta. Dekor ini cukup penting supaya kamu punya background yang bagus buat foto-foto. Selain itu tentu ada biaya sewa tenda/tratak, kursi, meja, sound sistem. Taruhlah itung-itungan kasarnya, habis 1 juta buat sewa segala macam ya, jadi total di dekor ini sekitar 2 juta.

Baca Juga: Memilih Gedung Pernikahan

2. Sewa baju pengantin atau buat? Lebih murah mana? Tergantung kamu mau baju pengantin seperti apa dan buat atau sewa dimana. Kalo di tukang rias profesional ya mihil. Kerabat emak aja yang kemarin nikah, rias pengantin plus ibu bapak, besan, pagar ayu, dan sewa pakaiannya sampai 6 jutaan. Emak lihat di online shop harga setelan kebaya atau gamis jadi ada juga yang harganya di bawah 300 ribu udah terlihat cantik dan elegan. Atau bisa juga jahitkan sendiri cari tukang jahit yang bagus tapi belum mahal rate nya. Untuk pria bisa menggunakan jas, sewa ada yang sekitar 100ribuan. Jadi anggaplah buat baju pengantin ini, plus baju bapak-ibu menghabiskan biaya 1 juta ya. Terus gimana dengan seragam penerima tamu, pager ayu, dll. Yaa namanya juga pesta pernikahan sederhana ngga terlalu penting lah ya, yang penting penerima tamu menggunakan pakaian yang pantas aja buat acara resepsi, seadanya apa lah.

3. Acara cukup sekali, akad sambung resepsi. Biasanya kan ada tuh yang akad dulu di pagi, nanti sambung resepsi siang sampai sore. Karena budgetnya minim hanya 10 juta, sebaiknya akad dan resepsi langsung disambung saja. Selain biar ngga terlalu capek, supaya make up juga ngga luntur dan ga perlu gonta-ganti pakaian. Lebih hemat.

4. Cari tukang rias yang harganya terjangkau. Kenapa ngga ambil tukang rias yang jadi satu sama sewain baju, soalnya tukang rias ini kasih tarif beda untuk nikah, wisuda, atau kondangan. Kalo menurut emak level tukang rias wisuda aja udah cukuplah untuk resepsi sederhana di rumah. Ratenya berkisar 100-200 ribu. Lebih bagus lagi kalo ada temen jago dandan yang bisa dimintai tolong dan dibayar dengan ucapan terimakasih plus souvenir kipas sama semangkuk bakso haha. Jadi untuk tukang rias taruhlah menghabiskan biaya kira-kira 500 ribu ya, karena yang wajib rias kan paling pengantin wanita sama kedua ibu mempelai.

5. Fotografer pernikahan rate nya sekitar 1,5 juta untuk sekitar 2 album foto. Nah biar menghemat biaya bisalah kita minta tolong temen yang jago foto untuk jadi bagian dokumentasi. Ga punya kamera DSLR juga gapapa, toh sekarang banyak juga kamera HP yang canggih-canggih bagus buat foto. Gengsi doong, ya gimana bujet terbatas.

6. Undangan secukupnya saja, ga perlu terlalu banyak. Yang paling penting tetangga se RT, sama keluarga dan teman dekat. Apalagi kalau diselenggarakan di rumah tempatnya kan terbatas juga. Menurut emak undangan 100 udah cukuplah yaa. Model undangannya juga yang sederhana saja, di online shop ada yang seharga Rp 1.500an untuk pemesanan minimal 100 undangan. Jadi pengeluaran undangan sekitar 150ribu ya.

7. Masak sendiri buat hidangan resepsi. Kalo di desa-desa udah biasa ya saling bantu masak di tempat orang nikahan. Kalo emang mau menghemat biaya bisalah minta tolong kerabat dan tetangga bantu maak di rumah. Hidangan ala kadarnya saja, misal dua menu utama, soto sama bakso. Taruhlah seporsi 5rb, kita bikin 500 porsi buat 100 undangan ya, karena satu undangan bisa aja yang datang berdua bahkan berempat. Jadi total Rp 2.500.000. Kue dua macam, masing-masing 2ribuan sedia 500 biji jadi total 1 juta. Air mineral 10 dus sekitar 250ribu. Jadi total pengeluaran buat konsumsi Rp 3.750.000,-



Kalo ditotal dari seluruh rancangan dana di atas, menghabiskan dana Rp.7.400.000 masih ada sisa dana Rp.2.600.000,- dari 10 juta ya. Nah itu bisa buat biaya lain-lain, misal cetak foto, administrasi pernikahan, penghulu, atau pernak-pernik lainnya yang belum keitung dari rancangan di atas.

Jadi iriters, menyelenggarakan resepsi pernikahan disesuaikan saja sama budget yah. Ga perlu ngutang apalagi ngarepin balik modal dari sumbangan para tamu undangan. Niat ngadain resepsi kan menjamu undangan, bukan menggalang dana ;)


43 Comments

  1. Bisa 9 juta tuh, Mak. Baju pengantinnya minjem sodara hihihi..

    ReplyDelete
  2. Bener mak, kalo di rumah biaya bisa ditekan. Trus harus ada yang ngawasin makanan soalnya kalo area terlalu terbuka bisa dicolongin makanannya. Kan serem tuh tamu jd pada ga kebagian. Resepsi mewah2 juga yang menikmati malah tamu. Kalo pengantennya kebagian capeknya doang. Hehe tapi ya hepi

    ReplyDelete
  3. Hebat kalo hari gini masih bisa nikahan dgn budget segitu. Kalo masak sendiri emang ngirit banget ya mungkin soalnya biaya katering biasanya emang paling mihil

    ReplyDelete
  4. Hm...perlu dicatat niih..klo2 ada yg butuh..makasih tipsnya, Mak Irit.. :)

    ReplyDelete
  5. Manfaat banget nih buat yang mau nikah dengan modal minim ya mbak. Btw, di desaku juga gitu mbak. Gantian rewang gitu nek ada yang nikah jadi lebih hemat lah nggak perlu pake jasa katering.

    ReplyDelete
  6. Wuihhhh,, ini kalo total 10 jt terus ternyata sumbangannya 15 jt bisa untung ya mak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iyaa pilih tamunya yang skiranya bakal ngasih sumbangan banyak hahaha

      Delete
  7. Kalo dikampungku masih kayak gini semua. Jadi ndak makan budget banyak banyak..
    Digarap sendiri dan dibantu orang sekampung..

    ReplyDelete
  8. Mba, itu belum termasuk hiburan ya, haduh calon saya minta di datangkan noah,via vallen,katty perry lagi buat hiburan, haduuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiburannya dari tape aja lahhh, namnya juga bujet terbatas hihihi

      Delete
    2. Wkwkw bantu jawab, sewa yang KW aja mba, kan skrng banyak tuh yg Tiktok mirip artis🤭

      Delete
  9. Betul bangeeet, ga perlu ngutang, apalagi ngarepin "balik modal" dari sumbangan tamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa karena kita kan lagi menjamu tamu bukan ngarepin duit dari tamu hehe

      Delete
  10. Yang bikin heboh kadang model undangannya dan dekor tempatnya, mak. Hihi. Bisa ga ya 10 jt ke bawah udah dapet dekor kece

    ReplyDelete
  11. Mak, aku make up plus ibu, mamah, adik plus tukang foto cuma bayar 700k. Hihi... Sewa tenda dan alat prasmanan juga murah tapi lupa berapa. Baju jahit sendiri krn di tempat sewaan bajunya norak2 bergembira. Nggam pakai undangan. Cuma sablon totebag untuk bawa makanan oleh2 tamu. Budget paling banyak malah di konsumsi, lebih dr 10juta krn emang niatnya bagi2 dan sedekah

    ReplyDelete
  12. Klo di desa2 itu kadang gitu mba..hajatan tapi malah kayak penggalangan dana...

    Padahal klo mau nyari untung, mending buka warung yaa

    ReplyDelete
  13. waduh kalau di kampungku modelnya gini sih, Mak. Tapiii bisa berhari-hari bahkan ada yang sampe seminggu masih nerima tamu dan masak-masak juga. Kayaknya mau ngirit jadi ngorot ya, hehe.

    Btw sharing ya mak, pernikahanku dulu kayaknya cuma habis 5 juta mak, konsumsi masak sendiri lauk utamanya ikan yang dipancing dari kolam di rumah, wkkkk. Baju pengantinq juga cuma pakai kebaya putih 1, jas suami sewa 100rb. Makeupnya dimakeupin nenekku sendiri seadanya, beliau juga terima rias. Tempatnya di rumah ga ada dekorasi *cuman sama fotografernya diedit pake sotoshop jadi ditambahin bekgrond cakep. Bayar fotografer cuma 600rb apa ya, xixi. Trus yang diundang cuma 100an, saudara sama tetangga2 di kampung. Alhamdulillah, sederhana dan irits :)

    ReplyDelete
  14. Apa mak?
    10juta? Di desa?
    Kalo di tempatku, biar desa gak cukup 10jt. Hantarannya aja berapa?? Kue + makanan perasmanan berapa?? Belum harga daging + sembako naik turun.
    Waah maak. . Kalo irit jangan kebangetan doong😅

    ReplyDelete
  15. Kaga pake tenda tuhhh acaraa??? Wkwkwkw... Nanti pas hujannn bubarrr yg ada.. Wkwkwk

    ReplyDelete
  16. Kaga pake tenda tuhh budgett? Yg ada kalo pass hujan BUBARRRRR Udah kaya kena bencana dadakan..., :D wkwks

    ReplyDelete
  17. Kira2 bisa gak yak mak budget segitu diterapin 😂

    ReplyDelete
  18. Yang bikin banyak kadang kan seserahan, masa iya ngk ada seserahan, mas kawin gitu

    ReplyDelete
  19. Wah klw di kampung ku pake arisan kampung hahahaha..... Kkw die kampung ku ada yg nikah tutorang berbondong2 1 rmhrngasik ayam. Beras dan lain2

    ReplyDelete
  20. Percayalah nikah di kota gak akan bisa dengan biaya segitu. Harga catering jauh leboh mahal. Karena udah gak bisa minta tolong tetangga buat minta tolong masakin huhuhuu

    ReplyDelete
  21. Tapi Mak biasanya dana kita punya 10 juta pas hari nya kadang lebih...sbb biasa lah banyak yg bawain...aturan misal daging 30 kg...eh jadi 50 kg daging ayam...hadeuuuh....malah menurut saya lebih hemat catering Mak..

    ReplyDelete
  22. Terimakasih sarannya membantu srkali doakan semoga tahun ini saya bisa meminang wanita pujaan hati

    ReplyDelete
  23. Niat nya nikah kan ibadah, karna pernikahan mahal jd mw melaksanakan pernikahan kadang d tunda2 cmn karena bajed nikah belom ada. Membantu sih tpi ya kayanya d kampung aku kalo ga bisa cuman soto dan baso. Udah lagi klo nikah nya biasa aja atau makanan kurang di omongin tetangga. Aduh bjngung

    ReplyDelete
  24. Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
    Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.
    Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)

    ReplyDelete
  25. Tipsnya bagus cuma gk ada itung buat tenda,hiburan dll..
    Tolong kasi tips dari harga 15/20 jt apa aja yg di dapat

    ReplyDelete
  26. Wih mantul nih, jadi gak perlu keluar banyak

    ReplyDelete
  27. Kalo di desa mah kadang bisa kadang gak bisa..coz kadang acara desa udah di badget segitu .undangannya udah di sedikit kan pun yang datang banyak bawa bawain..acaranya Pasti ada tambah tambahan bagi makanan kondangan sedesa sanak sodara klo gak pake di kata orang pasti gak pantes..klo di kota kadang gak pake gituan. Konsumsinya yang pasti pling banyak..

    ReplyDelete
  28. Kakak saya pns.. Suaminy GM hotel.. Tp pernikahanny sederhana..d rumah saya aja pakai katering tetangga.. Tukang rias sama tenda temenny.. Ngk pake band ato organ tunggal cuma pake sound musik dari flash disk aj...ngk nyampe 20 jt biayany...bisa aja mereka mewah mewah tp uang lebih yg ada untuk ibadah, untuk honey moon dan untuk keperluan hidup selanjutnya... Lebih berkesan.. Hemat pangkal kaya.. Boros pangkal utang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih ini konsepnya saya banget. Makasih makin memantapkan hati untuk konsep yg sederhana begini.

      Delete
  29. Postingannya cocok banget buat aku nih mbak hehehe, lagi masa-masa ditanyai kapan nikah kapan nikah terus. Ternyata kalau mau dipikir, mau diirit-irit, nikah low budget bisa juga ya. Soalnya selama ini selalu berpatokan sama paketan dari wedding organizer, harganya sukses bikin "ah ntar dulu ah, belum mau nikah" wkwkwk

    Btw, terumakasih postingannya, sukses bikin mikir "ngapain sih nikah mahal-mahal" hehe

    ReplyDelete
  30. Klu cuma blg sperti siapa aj bsa kan bunda...

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)