Wednesday, September 30, 2020

Review Album Premium ID Photobook, Cetak Foto Ala Majalah

Halo iriters,

Masih inget ngga, dulu kita kalo mau mengabadikan momen dengan foto-foto, akan membeli roll film. Ada yang isinya 24, ada yang 36. Kalo udah habis se-roll film itu, lantas kita akan mencuci cetaknya.

Kalo dipikir sekarang, 1 roll film itu kok dikit amat ya, jaman sekarang jatah foto segitu paling habis buat foto selfie dalam sekali momen, jeprat-jepret 24 kali sampe menemukan 1 foto yang terbaik haha. Ya, karena sekarang pepotoan emang lebih mudah dengan adanya perangkat digital. Kita mau foto-foto sampe mati gaya pun bisa. Cakep dikit jepret, ntar kalo ada hasil yang kurang memuaskan tinggal hapus beres. Itu nilai plusnya.

Nilai minusnya, kita jadi suka males cetak foto. Karena merasa, ah gampang masih bisa simpen foto-foto di smartphone atau PC kapan-kapan ajalah dicetak. Lalu tiba-tiba kalo perangkatnya rusak, memory nya hilang baru deh nangis gerung-gerung. Mau balikin memory yang ilang ke tukang service, biayanya besar lhooo. 

Kita bisa dengan mudah menyimpan banyak memory pada perangkat digital yang ada, tapi mudah juga menghilangkannya dalam sekejap, karena tidak memback up dalam bentuk cetak. Kenangan itu mahal harganya, ah bukan cuma mahal, bahkan tak terbeli #baper.

Cetak Foto Ala Majalah di ID Photobook

Saat ini sedang ngetren cetak foto ala majalah yang biasa disebut photobook. Jadi album fotonya udah di layout terlebih dahulu kemudian dicetak dan dibentuk menjadi buku.

Saya sendiri udah pernah beberapa kali mencetak foto ala majalah. Saya mempercayakan urusan cetak foto pada ID photobook.

Di ID Photobook ada beberapa model photobook yang bisa dipilih. Sebelumnya saya sudah coba cetak foto queen series, large series, dan square. Baca reviewnya dengan klik link di bawah ya.

Baca juga: Review album large dan album square ID PHOTOBOOK

Karena merasa cukup puas dengan hasilnya, yang terbaru kali ini saya coba untuk mencetak album premium ID Photobook.


Cara Order Album foto di ID Photobook

Order cetak foto di ID Photobook bisa melalui website id.photobook langsung, shopee, tokopedia, maupun whatts app. Kalau pengalaman saya sendiri ordernya langsung via website. Jadi caranya gampang banget sih, kita tinggal pilih album di katalog, Habis itu klik tulisan "Pesan Sekarang" di bagian kanan bawah. Nanti akan ada opsi "lanjut berbelanja" atau "bayar sekarang".

Nah kalo kamu udah pilih-pilih album mana aja yang kamu inginkan, klik icon keranjang di bagian bawah, lalu klik "Cuss Lanjutkan Orderan". Isi alamat tujuan dan pilih kurir pengiriman. Setelah itu bayar, pokoknya ikutin aja instruksinya, jelas banget kok.

Nanti kalo udah transfer kita akan dapat nomor order. Nomor order ini masukkan saat kita mau menginput foto ke id.photobook.

Review Album Premium ID Photobook

Kalo melihat di contoh katalognya, album premium ini biasa digunakan untuk mencetak foto-foto pernikahan. Berhubung foto pernikahan saya udah dicetak dan ngga merasa perlu mencetak lagi, saya pengen mencetak foto bersama teman-teman studio komik Semarang Papillon Studio (team kreatifnya Mak Irits) yang udah lebih 10 tahun ngga pernah dicetak. Foto tim kantor harus dicetak bagus dong ya. Jadi kalo ada tamu yang main ke kantor mau lihat dokumentasi kegiatan kita ngga malu-maluin.

Harga dari album premium ID Photobook Rp.589.000 karena diskon jadi Rp.507.000,- untuk mencetak 100 foto. Ukuran albumnya 22x28cm. Terdiri dari 60 halaman.

Untuk foto-foto yang dicetak di dalamnya, ukurannya beda, ada yang satu halaman full satu foto, ada juga satu halaman terbagi menjadi 2, 3, dan 4 foto.


Covernya tebal (hardcover) kaya cover skripsi gitu lho. Karena hardcover, jadi lebih keliatan eksklusif dan ngga gampang lecek meski sering dibuka-buka.

Bagian dalamnya tebal. Lebih tebal dari series yang saya pesan sebelumnya. Saya coba tetesin air, pengen ngetes aja kekuatan kertasnya. Ternyata masih aman, air tidak mudah meresap, bisa dikeringkan dengan mudah, dan kertas tidak rusak.

Oya saya juga mendapat bonus banyak voucher untuk digunakan cetak foto lagi di ID Photobook. Lumayan.


Mencetak Foto di ID Photobook, Ini Tips Biar Hasilnya Bagus

Kalo kamu mau mencetak foto di ID Photobook ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya hasilnya memuaskan.

1. Resolusi foto minimal 500kb, karena kalo terlalu rendah takutnya jadi pecah saat dicetak. Jadi cek dulu resolusi sebelum mengirimkan foto ya. 

2. Usahakan satu album satu tema, biar enak aja ngelihatnya. Misal album nikahan ya isinya foto-selama acara nikah, album foto khusus haji, album foto khusus traveling.

3. Urutkan foto berdasar waktu. Kalau saya sih paling suka mengurutkan foto berdasar waktu kejadian, jadi di lembar awal-awal, foto paling lawas, semakin ke belakang, semakin baru fotonya. Supaya enak liat urutan kenangannya. Caranya biar foto kita bisa urut dengan mengganti nama foto menjadi nomor urut saat kita menginput foto ke id.photobook.

4. Jangan lupa urutan pertama akan menjadi cover. Pilih foto yang terbaik yang kira-kira mewakili isi album secara keseluruhan.

5. Beri judul album photobookmu. Kita juga harus memberi judul terbaik untuk album photobook kita ya. Bisa berupa nama saja, misal album itu memang berisi foto-foto orang tersebut. Bisa juga dikasih judul kata-kata atau kalimat singkat yang manis.

Nah itu dia review premium album id photobook, moga bermanfaat ya bagi kamu yang mau cetak foto kaya majalah, tapi masih ragu-ragu. Mudah-mudahan review ini bisa jadi bahan pertimbangan.

Oya jangan disayang-sayang uangnya buat cetak foto ya iriters. Kalo foto-foto dalam gadgetmu ilang rasanya bakal lebih nyesek ketimbang ngeluarin duit buat cetak foto. Yakin deh!


No comments:

Post a Comment

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)