Wednesday, October 16, 2019

Peluang Usaha Print Kaos DTG, Kelebihan dan Kekurangannya

Hai iriters, kaos sablon atau cetak custom sepertinya sedang populer saat ini. Banyak orang berbondong-bondong bikin kaos dengan mencetak nama komunitasnya, alamat blog dan channel youtubnya, atau ID social media. Karakter Mak Irits sendiri pernah dicetak dalam bentuk kaos untuk hadiah giveaway. Siapa dulu yang dapat ya? Waah bisa jadi peluang usaha nih!



Nah ngomong-ngomong soal kaos custom, ada berbagai macam cara cetak gambar ke kaos. Salah satu yang sedang ngetren, berupa teknologi print kaos DTG atau Direct To Garment. Nih untuk kamu yang mau bikin kaos custom atau malah mau menjadikan ini mata pencaharian, harus tahu, apa itu print kaos DTG beserta kelebihan maupun kekurangannya.

Teknologi Print Kaos DTG

Teknologi print kaos DTG merupakan teknologi terbaru dalam usaha print kaos. Print DTG memanfaatkan mesin ink-jet printer, hampir sama seperti pada printer rumah atau kantor. Menggunakan metode inkjet, tinta sablon akan dicetak langsung pada kaos sehingga prosesnya cepat dan mudah seperti halnya mencetak pada kertas. 

Print kaos DTG bisa dibilang canggih karena semuanya terhubung langsung dengan teknologi komputer. Dengan adanya komputer tentunya memudahkan proses produksi karena bisa dilakukan dengan cepat. 

Print kaos DTG
Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Print Kaos DTG

Sebelum memutuskan untuk menggunakan teknologi print DTG untuk kaos custom kamu sebaiknya ketahui dulu kelebihan maupun kekurangannya. Apalagi yang mau menekuni bisnis di bidang perkaosan, harus bener-bener dicermati untung ruginya.

Kelebihan

1. Kaos Yang Dihasilkan Lebih Awet

Karena menggunakan teknologi terbaru khususnya pada cetakan dan tinta, teknologi print kaos DTG memiliki hasil yang cukup baik. Hal ini berdampak langsung pada awetnya gambar sablon bila digunakan oleh pemiliknya. 

2. Memungkinkan Proses Cetak Langsung

Teknologi print DTG tidak memerlukan media apapun untuk percetakan semisal pada transfer printing atau polyflex. Model percetakan seperti itu tentu butuh media tambahan seperti kertas atau untuk memproses gambar hasil desain dari mesin ke kaos. Hal ini jelas akan memakan banyak waktu dan biaya. Dengan hadirnya print DTG akan mengurangi beban biaya karena hal tersebut. 

3. Mudah Diaplikasikan di Beberapa Jenis Kain

Teknologi print kaos DTG dapat diaplikasikan dengan baik ke dalam beberapa jenis kain yang umum digunakan saat ini. Contoh pada kain katun yang menjadi salah satu bahan pakaian yang umum dan menjadi andalan dalam bisnis tekstil di Indonesia. selain itu teknologi mesin print DTG ini juga dapat diterapkan pada bahan lain seperti polyester.

4. Memiliki Banyak Variasi Desain

Karena menggunakan teknologi komputer, maka desain dari kaos yang dihasilkan bisa sangat variatif mengingat saat ini sudah banyak software desain yang bisa digunakan. Melalui komputer desain yang sudah ada bisa langsung dicetak ke dalam kaos yang ada. Tentu saja bagi penyuka desain ini adalah salah satu hal yang tepat digunakan. 

Kelemahan Print Kaos DTG

Meski print kaos DTG terbilang canggih dan efisien, namun teknologi ini belum terlalu teruji untuk digunakan dalam produksi secara massal. Hal ini karena print DTG sendiri masih terbatas kapasitasnya sehingga tidak bisa melakukan printing sekaligus terhadap beberapa produk yang berbeda. Hal ini berkaitan langsung dengan variasi tinta yang bisa digunakan dalam mesin printer DTG yang berbeda dengan mesin lainnya. 

1. Kualitas Warna Yang Kurang Maksimal

Printer DTG meski memiliki warna yang bervariasi namun tidak serta merta menaikkan kualitas dari kaos yang ada. Hal ini karena, terkadang warna yang dihasilkan kurang maksimal seperti kurang tajam atau mengkilat.

2.Biaya Yang Terlalu Tinggi Untuk Pengusaha Pemula

Mesin print DTG dikenal berkualitas sehingga perlu biaya besar dalam pengadaannya. Selain itu karena mesin printer DTG memiliki mekanisme yang kompleks juga membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Hal ini jelas akan membuat biaya perawatan cukup tinggi sehingga bagi anda yang ingin membuka usaha dengan dana minim tidak disarankan menggunakan teknologi ini. 

Jadi begitu ya iriters penjelasan singkat mengenai teknologi print kaos DTG, semoga bisa menambah wawasan bagi kamu terutama yang mau mencoba membuka usaha di bidang fashion khususnya t-shirt.

No comments:

Post a Comment

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)