Wednesday, November 6, 2019

7 Cara Ngirit Biar Bisa Shopping

Ditulis oleh iriters Wuri Nugraeni

Yang namanya emak-emak itu pasti punya slogan: Hidup Irit, Biar Shopping Apdet. Soalnya, shopping kan salah satu me time yang bikin hepi, hihihi, tapiii kalau ada duit sih. Jadi, gimana caranya biar uang bulanan dari suami itu bisa dipakai shopping juga, tapi kebutuhan suami dan anak-anak tetap terpenuhi. Nah saya punya tips nih yang mungkin bisa emak terapkan.



Tujuh, pilih menu makanan sehari-hari yang murah dan proses memasaknya juga cepat.

Bingung mau menu murah?

Bisa juga tempe yang harganya sekitar 5.000 tuh. Terus, tambahkan daging sedikit biar ada lemak buat anak-anak (cukup beli 1 ons bisa buat masak 2 hari, hihihi). Masaknya ditumis aja karena lebih cepat jadi irit gas. Jadinya, hindari masak pepes, opor ayam, dll, yang proses masaknya lama.


Enam, budget beli mainan buat anak setiap bulan diganti dengan membuat mainan sendiri.

Biar anak belajar kreatif, ya bersama emak bisa membuat mainan sendiri (meski sebenarnya tujuan utama emak ya biar ngirit, hihih). Misalnya, nggak perlu beli mainan puzzle, tapi buat sendiri dari kardus bekas. Harganya paling beli 500 buat kardus bekas, pakai lem, dll, ya total cukup 1000 aja.

Lima, ganti jalan-jalan ke mall dengan jalan-jalan keliling kompleks atau kampung.

Anak merengek minta jalan-jalan ke mall?

Coba alihkan dengan jalan-jalan kompleks atau kampung aja setiap Sabtu dan Minggu pagi. Biasanya anak capek juga kok jadinya siang harinya disuruh tidur aja, nggak pakai mampir ke mall, hehehe, galaknya ya si emak.

Empat, pilih sekolah yang terdekat dan terjangkau.

Ini penting pas emak lagi milih sekolah anak. Ya pilih yang terdekat dulu. Misalnya ada 3 sekolah terdekat dan sama-sama oke, lalu cek biaya pendidikannya biar milih yang paling murah, hihihi. Sekolah murah belum tentu kualitas buruk kok. Bisa ceki-ceki testimoni kalo ada kenalan yang anaknya sekolah di sana. Soalnya, kalau dekat kan bisa irit bahan bakar, atau mending antar jemput anak naik sepeda juga bisa.

Tiga, rajinlah mencatat belanjaan online suami.

Suaminya ada yang hobi belanja online? Eit, jangan langsung protes, tapi catat semuanya dulu. Nanti ada waktunya sodorin catatan itu dan minta gantian emak shopping offline sambil me time. Misalnya, selama sebulan kemarin, suami sudah habis belanja 200ribu, nah, emak bisa minta dibelikan gamis seharga 200ribu juga, tuh, hihihi, ini istri perhitungan banget nggak sih?

Dua, capek? Berdayakan anak.

Yang namanya jadi IRT itu pasti capek. Kadang, pengen ke salon buat pijat, lulur, maskeran, dll. Tapi, bisa juga sesekali meminta anak untuk memijat. Bilang aja, coba jalan di punggung Mama, bisa seimbang ngga. Jadi ngga nampak banget memberdayakannya xixi. Atau beliin anak jajan yang seribuan sebagai tanda terimakasih mau mijitin Mama.

Satu, me time yang murah.

Pilih me time yang murah dulu dan bisa dilakukan di dalam rumah. Misalnya, me time itu mie time, alias makan mie instan yang harganya 2.000 itu aja. Dari pada me time nongkrong di kafe yang per gelas bisa puluhan ribu.

Nah, kalau sudah ngirit, lalu ada dana sisa, tapi biasanya malah ditabung sama emak, hahaha, bukannya beneran buat shopping. Alasannya sih: ah mending buat tabungan sekolah anak nanti. 

Jadi, mau milih shopping atau ditabung, yang penting emak jangan lupa hepi, karena hepi nggak hanya dari shopping kok, bisa dari beli baju di teman yang jualan, eh, sama aja, yak?


1 comment:

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)