Monday, September 23, 2019

Drama Korea Rekomendasi Iriters, Cocok Untuk Marathon Akhir Pekan

Oleh Bethania Swasti

Korea Selatan memberi pengaruh yang cukup besar bagi Masyarakat Indonesia. Mulai dari musik K-Pop boyband dan girlband seperti Blackpink dan BTS, fashion hingga makanan. Eits jangan lupa dengan Drakor, iriters nggak mungkin dong lupa dengan efek Drama Korea? Yup betul banget! Demam serial drakor itu merajalela banget. Kita pasti punya temen yang rela jadwal tidurnya hancur demi marathon nonton drakor atau temen yang rela ngabisin kuota, demi streaming. 

Beberapa waktu yang lalu di IG stories Mak Irits meminta rekomendasi drama Korea yang menarik untuk ditinton. Banyak iriters yang memberi rekomendasi drama korea terbaik versinya.


Meski saya bukan penggemar besar drama Korea alias drakor, tapi setelah melihat keberagaman ceritanya saya jadi tertarik. Kalo di Indonesia, tema drama biasanya seputar cinta beda kasta atau anak yang ditukar di rumah sakit. Sementara jika melihat tema drama Korea, saya jadi geleng - geleng sendiri. Ide mereka dalam membuat drama itu unik dan cukup banyak yang bisa mengedukasi. Dari kisah hidup jaksa, budak yang lari ke Amerika hingga guru yang sering mengalami kejadian memalukan. 
Berikut ini beberapa rekomendasi drama Korea rekomendasi dari iriters dan ada juga beberapa tambahan dari saya  sendiri.

1. Mr Sunshine. Drama korea ini udah saya tonton iriters. Menurut saya ceritanya seru dan temanya belum pernah saya temui di drama korea yang lain. Menceritakan tentang Choi Yoo-Jin, seorang anak budak di Joeson. Sayangnya orang tuanya dibunuh oleh Land lord-nya sendiri yang notabane adalah kaum bangsawan. Ia terpaksa dikirim ke Amerika karena ia dijadikan buronan di Joseon. Buronan kenapa? Sang landlord percaya, dosa orang tua juga harus ditanggung anak. 


Tumbuh besar di Amerika ia sukses menjadi Korps Kapten Marinir Amerika Serikat. Sayangnya ia mendapat tugas sehingga harus kembali ke Joseon, walau berat hatinya mengingat tragedi kedua orang tuanya. Alih-alih fokus dengan tugasnya, ia malah jatuh cinta dengan anak bangsawan Joseon asli. Disini konflik batinnya mulai bermain nih iriters, tokoh utama memiliki pengalaman buruk dengan bangsawan disana tapi ia sendiri malah jatuh cinta dengan bangsawan.

2. Misty. Dalam sebuah rumah tangga pasti ada lika-likunya. Bertengkar karena pulang terlambat,pasangan terlalu sibuk atau perasaan bosan akan hubungan pasti pernah terjadi. Drama ini menceritakan tentang rumah tangga pasangan antara seorang penyiar berita terkenal (Go Hye-Ran) dan mantan jaksa (Kang Tae-Wook). 

Kesibukan di tempat kerja Hye-Ran membuat ia lupa keluarga di rumah dan membuat hubungan dengan suami kurang baik. Hye-Ran memutuskan selingkuh dengan laki-laki lain, sampai suatu saat laki-laki ini meninggal dan Hye-Ran dinyatakan sebagai pembunuhnya. Dengan latar belakang pekerjaan suami dalam dunia hukum, Tae-Wook dengan yakin menjadi pengacara sang istri untuk membuktikan bahwa istrinya bukan seorang pembunuh. Karena masalah tersebut, perasaan mereka akan satu sama lain mulai tumbuh kembali. Nyatanya konflik dalam pasangan dapat menjadi pemecah atau pemersatu dalam hubungan nih iriters! Tergantung bagaimana kita memandang dan menghadapi sebuah konflik. 

3. My ID is Gangnam Beauty. Nah! Bagi yang belum tau, serial drama bergenre Rom-com ini diangkat dari web komik. Menceritakan tentang Kang Mi Rae, perempuan yang lahir dengan wajah dibawah standar kecantikan di Korea. Untuk meningkatkan rasa percaya dirinya, ia memutuskan untuk melakukan operasi plastik walau tidak disetujui ayahnya. Dengan wajah barunya yang cantik, ia berharap hidup di universitas akan menjadi menyenangkan.  


Namun harapannya kandas karena ia bertemu dengan teman semasa sekolahnya, Do Kyung Seok. Belum lagi ada Hyu Soo Ah yang mengancam akan menyebarkan berita bahwa wajah cantik Mi Rae adalah hasil operasi plastik. Menurut saya pribadi, drama serial ini cocok banget ditonton untuk para perempuan nih. Mengantarkan pesan kepada kita pentingnya inner beauty dan self-love. Nyatanya memiliki paras cantik tidak menjamin kita lepas dari segala masalah kan? 

4. At Eighteen. Memiliki 16 episode, drama ini mengisahkan tentang tiga murid SMA berumur 18 tahun, yaitu Choi Joon-Woo yang penyendiri,Yoo Soo-Bin murid berprestasi dan Ma Whi-Young, murid yang sempurna dan lembut. 


Mereka bertiga memiliki kesulitan dalam hidup mereka masing-masing, seperti sulit mengekspresikan emosi, kehidupan yang terlalu dikontrol orang tua dan punya masalah kompleks yang sulit diutarakan. Drama ini menampilkan realita mengenai apa yang sebenarnya dirasakan para remaja. Berkat drama ini kita juga bisa melihat point of view anak 18 tahun menghadapi masalah mereka masing-masing. Menyadari bagaimana pentingnya teman yang dapat mempengaruhi dan mengubah hidup kita. 

5. Review Notebook of my Embarrassing Days. Iriters pernah nggak sih ngalamin hal yang memalukan banget? Kalo kita orang yang super awkward, sering banget gugup dan salting eh ujung-ujungnya bikin malu sendiri, cocok banget sama serial drama ini. Dari judulnya aja udah ketahuan nggak sih? Mengisahkan Do-Hye, guru yang jujur dan sering mengalami hal-hal yang memalukan. Anehnya, setiap ia melakukan hal yang memalukan, akan ia catat untuk mengevaluasi dirinya sendiri. Sampai suatu saat ia pergi ke suatu kamp dan bertemu dengan dua pria, yang pernah terlibat dalam kejadian memalukannya. Haduh! Langsung panik nggak sih? Bayangin kamu terjebak di kamp bareng orang yang dulu pernah ada di kejadian memalukkan kamu. Kalo aku mungkin langsung pulang sih!



6. Love Lies. Mengambil latar jaman dulu dan bertema musikal nih iriters, yaitu Love Lies. Kembali pada tahun 1940an saat masa penjajahan Jepang di Korea. Jeong Soo Yool dan Seo Yeon Hee merupakan sahabat yang sama-sama memiliki ketertarikan akan lagu pop jaman itu.

Suatu saat So Yool bertemu dengan pencipta lagu populer, Kim Yoon Wo dan mereka saling jatuh cinta. Yoon Woo bahkan meminta So Yool untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaannya. Sayangnya Yoon Woo malah terpesona dengan suara Yeon Hee dan mendukungnya untuk penyanyi pop. So Yool merasa dikhianati oleh sahabatnya sendiri. Drama ini memang menceritakan cinta segitiga yang klasik dan menunjukan perjuangan So Yool untuk mendapatkan kembali apa yang dulu menjadi miliknya.



Untuk menjadi orang yang kuat biasanya identik dengan orang yang berperawakan besar dan berotot seperti Superman atau Hulk. Tapi beda dengan karakter dalam drama korea Strong Woman Do Bong Soon. Tokoh utama dalam drama ini memiliki perawakan yang kecil dan imut, yaitu Do Bong Soon. Ia memiliki kekuatan turunan dari keluarganya dengan memiliki kekuatan yang super. 

Bong Soon dari masa sekolah telah menyukai Kook Doo, yang sayangnya memiliki selera perempuan lemah agar bisa dilindungi, berbanding terbalik dengan sifat asli Bong Soon. Dari dulu mencari pekerjaan akhirnya mendapat jabatan sebagai bodyguard Ahn Min Hyuk, seorang CEO perusahaan video game terkenal. Disini seru juga karena ada cinta segitiga, terlebih lagi kalau dua tokoh laki-laki ini bertengkar.

7. Reply 1988 seperti judulnya, latar cerita dalam drama ini ada pada tahun 1988, drama ini memberi penonton mood yang naik turun banget lho! Dari cerita persahabatan, cinta hingga keluarga ada di drama ini. 

Menceritakan tentang Geng Ssangmundong yang berisi 5 orang, Duk Seon, Jung Hwan, Dong Ryong, Sun Woo, dan Taek yang sudah sangat akrab dari kecil karena mereka bertetangga. Karakter dari geng ini juga bermacam-macam dengan latar belakang keluarga yang beda-beda. Pertama ada Duk Seon, anak yang petakilan, tidak tahu malu DAN satu-satunya perempuan dalam geng ini. Karena ia satu-satunya perempuan dalam geng ini, ada anggota geng ini yang diam-diam naksir Duk Seon lho.


Kedua, Jung Hwan yang tiba tiba menjadi anggota paling kaya dalam geng ini karena menang undian tetapi tetap rendah hati. Ketiga, Dong Ryong yang sama nggak tahu malunya kaya Duk Seon. Ia merupakan pemberi nasihat yang diandalkan teman-temannya walaupun ia yang paling jarang mendapat kasih sayang orang tuanya karena sibuk.

Keempat, ada Sun Woo yang penyayang. Karena tidak memiliki ayah lagi ia harus menjaga ibu dan adik perempuannya. Yang terkhir ada Taek, anak pendiam dan polos yang membuat ia begitu dimanja oleh gengnya. Seru banget gak sih? Sahabatan sama tetangga dari kecil? Yang membuat drama ini juga spesial karena belum berkembangnya teknologi pada jaman itu iriters. Cerita kasih sayang antara sahabat dan keluarga di drama ini terasa sangat intens dan lucu. 

Gimana iriters? Dari drama-drama di atas ada nggak yang menarik perhatian? Atau iriters udah pernah tonton? Kalo udah pernah nonton salah satu serial drama di atas, boleh banget kasih review atau opini pribadi iriters di kolom komentar! Tentu tiap serial drama korea punya tema dan hikmah masing-masing yang bisa banget dipetik. Tergantung prespektif kita masing-masing. Semoga rekomendasi emak bermanfaat ya. Selamat marathon-an drakor!

No comments:

Post a Comment

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)