Tuesday, April 2, 2019

Ayo Wisata ke Semarang: Informasi Wisata Murah Meriah di Semarang

Hai iriters, bulan April ini ada dua tanggal Merah selain hari Minggu lho! Tanggal 3 besok libur Isro' Mi'raj, 19 April hari Paskah. Udah mikirin mau liburan ke mana? Gimana kalo wisata ke Semarang?


"Waduh emak liburan kan butuh banyak biaya, tiket masuknya, transportasinya, hotelnya. Ngga deh, prihatin maak prihatin.." Eh siapa bilang? Liburan itu, bisa banget kok menyesuaikan budget. Nih saya punya informasi wisata murah meriah di Semarang, bahkan gratis! Baca sampai selesai ya!



Tempat Wisata Gratis Tiket Masuk di Semarang

Ngga semua tempat wisata harus membayar tiket masuk. Di Semarang, ada beberapa tempat wisata yang mengijinkan wisatawan masuk tanpa tiket. Tempatnya juga oke. Apa sajakah itu?

Pertama, Kota Lama Semarang. Ya Kota Lama Semarang salah satu kawasan yang menarik untuk dikunjungi. Di sana terdapat banyak bangunan tua peninggalan Belanda. Beberapa film layar lebal ada yang menjadikan kota lama sebagai lokasi shootingnya lo, seperti film Wage. Dulunya sempat bangunan-bangunan tersebut dibiarkan begitu saja tak terpakai dan tak terawat. Sekarang sudah banyak bangunan tua di Kota Lama Semarang yang dijadikan tempat rekreasi dan cafe.


Pepotoan di Taman Srigunting

Kamu bisa berkeliling kota lama mengambil foto di depan bangunan bersejarah yang ada. Spot favorit emak, di Taman Srigunting yang berada tepat di sebelah Gereja Blenduk. Di sana juga disediakan properti untuk foto-foto, seperti becak tempo dulu, sepeda, topi lebar, dll. DI sebelah kiri Taman Srigunting ada tempat penjualan barang-barang jadul, seperti koper, telepon jadul, mesin tik, teko, dll. Kita diperbolehkan foto bersama properti yang ada dengan membayar seiklasnya saja,

Baca juga: Asik Foto-foto di Museum 3D Trick Art Semarang

Kedua, Kampung Pelangi. Dulunya, Kampung Gunung Brintik merupakan kampung kumuh yang tak tertata, dengan rimbunan tanaman liar dan tembok-tembok merah tak berplester. Letaknya persis di pinggir Kali Semarang dengan kurang lebih 325 rumah. Sekarang, kampung ini berubah rupa, dan berganti nama: menjadi Kampung Pelangi yang penuhi warna-warni. Selain tembok dan genteng yang dicat warna-warni, terdapat banyak gambar mural di tembok bangunan yang menarik untuk dijadikan latar foto. Masuk ke kampung ini gratis.



Ketiga, Tugu Muda Semarang. Tugu Muda merupakan monumen yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Yaitu pertempuran antara rakyat Indonesia melawan tentara Jepang di Semarang pada masa transisi kekuasaan ke Belanda yang terjadi pada tanggal 15–19 Oktober 1945. Dua penyebab utama pertempuran ini adalah karena larinya tentara Jepang dan tewasnya dr. Kariadi.
Hasil gambar untuk tugu muda rahmi aziza
Dari Tugu Muda bisa foto dengan latar Lawang Sewu

Berbentuk seperti lilin yang mengandung makna semangat juang para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan RI tidak akan pernah padam. Tugu Muda berada di sebuah bundaran bertemunya jalan-jalan besar di Semarang, yaitu Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan MGR. Soegijapranata (lebih sering disebut Jalan Siliwangi). Dan sebuah jalan kecil yang berada di sebelah Pasar Bulu, yaitu Jalan HOS. Cokroaminoto.

Tugu Muda juga terletak persis di depan Lawang Sewu Semarang yang merupakan salah satu icon Semarang. Dari Tugu Muda, kamu bisa mengambil foto berlatar Lawang Sewu secara utuh. Mausk ke kawasan Tugu Muda ini gratis, kalau ada dana bisalah masuk sekalian ke Lawang Sewu dengan tiket hanya Rp.10.000,- untuk dewasa dan Rp.5000,- untuk anak-anak.


Keliling Semarang Gratis bersama Si Kenang, Denok, dan Kuncung

Kalo tadi udah ngobrolin tempat wisata gratis di Semarang, sekarang emak kasih tau gimana kalo mau keliling Semarang gratis, tis, tis hanya dengan menunjukkan KTP. Kamu bisa keliling Semarang bersama si Kenang, Denok, dan Kuncung. Siapa mereka?

Kenang merupakan nama bus tingkat pariwisata pertama yang pertama dibeli pemerintah Semarang dengan APBD seharga Rp 3,5 miliar. Sementara Denok dan Kuncung dua bus bantuan dari program CSR perusahaan yang ada di Indonesia.



Rute dari si Kenang, si Denok, dan si Kuncung start dari museum Ronggowarsito - Kalibanteng Jendral Sudirman - Jl,Soegiopranoto - Tugu Muda - Imam Bonjol - Tawang (selama    

Untuk waktu keberangkatan, Senin-Minggu: Pukul 08.00, 11.00, 15.00 (khusus Jumat digeser 13.00) dan hari Sabtu Minggu ditambah pukul 19.00.

Peminat bus wisata tingkat ini tinggi sekali terutama di hari libur. Dulu emak pernah mau naik bus ini di hari Minggu. Datang pagi-pagi sebelum pemberangkatan bus yang pertama, eh ternyata untuk sehari, yang artinya 4 kali keberangkatan, udah habis terbooking semua. Denger-denger dari SUbuh mereka sudah di TKP untuk antri tiket, banyak pula dari mereka yang berasal dari luar kota lho. Emak sarankan sih kalo mau naik bus ini pas weekday saja. Kalo tidak kebgian naik bus tingkat, bisa juga naik BRT atau trans Semarang hanya Rp.3500 saja. Meskipun naik turun bus asalkan tidak keluar dari halte ngga perlu bayar lagi dalam sehari.

Baca Juga: Transportasi Murah di Semarang

Hotel Murah di Semarang

Bagi iriters yang tinggal di luar kota Semarang, apalagi yang di luar Jawa Tengah lebih asik kalo ke sekalian bermalam di Semarang, biar tanek gitu lho liburannya. Banyak kok hotel di Semarang yang murah. Meski saya tinggal di Semarang saja, beberapa hotel di Semarang sudah pernah saya inapi untuk staycation.

Kalo ke Semarang untuk berwisata, saya sarankan menginap di hotel dekat pusat kota atau dekat tempat wisata yang ingin dikunjungi. Hotel dekat Simpang Lima bisa menjadi pilihan. Di sekitar Simpang Lima, ada berbagai macam jenis hotel. Mulai hotel bintang tiga sampai hotel bintang lima.


Kamu bisa mencari hotel Semarang murah melalui Pegipegi.com. Cek dulu ada promo yang ada. Saya pernah booking hotel Amaris Jalan Pemuda di Pegipegi dan mendapat promo diskon kartu kredit sebesar 150 ribu.  Mayan banget kan sobat iritsque.

Hotel Amaris Pemuda ini letaknya cukup strategis. Dekat dengan objek wisata Lawang Sewu dan Mall Paragon. Jalan kaki aja bisa. Selain itu juga dekat dengan halte bus trans jadi untuk transportasi murah, mudah banget dari hotel ini. Meski terletak di pusat kota, harganya terjangkau banget di kisaran 300 ribuan.



menu sarapan hotel amaris
Sarapan di hotel Amaris Pemuda Semarang

Kamarnya meski ngga terlalu luas, tapi bersih dan nyaman. Fasilitas juga lengkap. Makanan yang disediakan untuk sarapan juga cukup variatif dan cocok di lidah saya. Nah udah dapat informasi murah meriah di Semarang, ayo wisata ke Semarang!

7 comments:

  1. udah lebih dari 8 bulan nggak ke Semarang. Besok pas balik ke Semarang pasti cobain bis tingkatnya hihihi

    ReplyDelete
  2. Kayaknya seru nih kalau bisa berkunjung ke Semarang heheh... :)

    ReplyDelete
  3. Nah...aku masih ingin menjelajah Kota Lama khususnya yg daerah sekitar Taman Srigunting itu..kan ada museum atau galeri seni dan juga semacam pasar klithikan di situ ya Mak?

    ReplyDelete
  4. Kampung Pelangi mak favorit ku. Bagus banget, ngga keliatan lg dulu kaya gmn. Semua spot berasa instagram able. Heheh, maklum narsis

    ReplyDelete
  5. jadi pengen ke Semarang lagi nih. Bagus banget tempatnya

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)