Wednesday, August 1, 2018

Butuh Penghasilan Tambahan? 3 Profesi Jaman Now Ini Cukup Menjanjkan Lho!

Haiiii irites, lama tak sua di blog ini yahhh... Kali ini emak mau cerita tentang 3 profesi jaman now yang cukup menjanjikan.
Siapa nih yang udah ngantor atau udah punya pekerjaan utama lah, ntah itu pegawai maupun wiraswasta yang tetep pengen punya penghasilan tambahan, nah 3 profesi jaman now ini bisa kamu lirik. Apaan aja?

1. Youtuber. Youtuber ini kerjaannya upload video di youtube. Ntah itu video jalan-jalan, review barang, tutorial dan lain-lain.



Teringat jaman dulu, di tahun 2000an, kalau mau bikin video modalnya gede, harus pakai handycam yang harganya mahal pulak bisa sampai 10 jutaan. Sekarang cukup modal smartphone 2 jutaan aja bisa menghasilkan video yang lumayan apik. Edit video juga bisa dilakukan di smartphone dengan menginstal aplikasi tertentu. Lebih mudah dan praktis. 

Profesi youtuber ini ngga cuma dijalani oleh orang dewasa aja lho. Banyak juga anak kicik, yang suscribernya ratusan ribu bahkan jutaan, viewer videonya juga fantastis. Isi videoya? Kebanyakan hal-hal ringan aja. Kaya punya mainan baru divideoin, main di sawah divideo, tapi penghasilannya, konon, yang saya baca-baca di beberapa situs, ada yang mencapai ratusan juta perbulan! Konten youtube apa yang disukai atau mendatangkan viewer banyak? Tergantung segmen sih ya. Kalo emak perhatikan pada kebiasaan nonton anak-anak, selain mereka suka nonton film kartun mereka juga suka nonton channel anak-anak seusia mereka yang isinya bahas mainan, challenge (seperti tantangan makan ramen pedas), dll. Dan mereka itu kalo nonton bisa berulangkali di tayangan yang sama tanpa merasa bosan.

2. Instagramers. Kalo menurut emak, instagram ini merupakan socmed yang paling ngehits di Indonesia. Mulai dari yang sekedar eksis buat diri sendri sampai yang jualan. Jualannya juga macem-macem sampe follower aja diperjualbelikan hahaha. Seleb-seleb yang dulunya aktif di twitterpun cukup banyak yang hijrah ke instagram. Contohnya aja Raditya Dika. Peluang mengumpulkan pundi-pundi pun bermunculan. Banyak instagramers yang diendorse untuk mengiklankan produk tertentu. Rate nya ya beragam, minimalnya lah untuk yang masih skala kecil kita dapat produk gratis yang dibarter dengan foto yang diupload di instagram kita. Mayan kan.


Gimana biar dapat job sebagai seorang instagramers? Instagramers dinilai dari jumlah follower dan engagement. Ga mutlak harus punya foto yang bagus, feed yang rapi, yang penting apa yang dipost itu sesuatu yang menarik. Ada kok selebgram yang fotonya biasa aja, ngga rapi sama sekali feednya, tapi endorse rame aja, ya karena emang followernya maupun interaksinya banyak. Udah tenar duluan sih ya haha. Trus untuk yang masih pemula gimana? Tentu yang paling utama mendapat follower yang banyak dulu ya, kemudian postinglah sesuatu yang menarik, ntah itu sesuatu yang indah, unik, atau lucu untuk mengundang interaksi orang lain. Kalo instagram @emakirits Alhamdulillah udah 10.5K follower, udah bisa swipe up ya gaes, ada yang mau endorse? qiqiqi. Ohya tips menambah follower instagram pernah emak tulis di sini.

3. Blogger. Meskipun banyak blogger heits jaman dulu yang sekarang lebih suka mainan youtube dan instagram, tapi pembaca blog masih cukup banyak lho. Contohnya emak nih masih suka juga baca-baca blog. Karena ada hal-hal yang masih lebih enak dibaca ketimbang ditonton.



Penghasilan blogger didapat dari mana mak? Macam-macam, ada yang melalui sponsored post, iklan banner, ataupun adsense. Gimana biar bisa dapat penghasilan lewat blog? pertama posting sesuatu yang menarik atau sekiranya banyak dicari oleh khalayak di internet.

Supaya terkesan lebih profesional kamu juga bisa membeli hosting dan domain sendiri. Jadi nantinya blog kamu akan punya media penyimpanan sendiri dan tidak berembel-embel blogspot, wordpress atau penyedia layanan blog lainnya. Kelebihan lainnya bisa lebih leluasa menyesuaikan tampilan blog dan bagi yang blognya wordpress dengan memiliki hosting sendiri bisa didaftarkan adsense untuk dapat menampilkan iklan. Untuk pilihan Hosting Indonesia yang bisa kamu coba adalah Niagahoster. Di sana kamu bisa mendapatkan domain dan hosting murah. Bagi yang mau bikin website buat bisanis seperti jualan online juga bisa loh.

Itulah iriters 3 profesi jaman now yang cukup bahkan sangat menjanjikan untuk kamu yang butuh penghasilan tambahan. Banyak juga lo yang justru menjadikan ketiga hal itu sebagai profesi utama bukan pekerjaan sampingan lagi.

13 comments:

  1. pengen merintis jadi youtuber tapi kendala nya tuh aku ga pedean. pie mak ngatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Latihan jadi yutuber mulai dr insta stories dulu mak 😄😄

      Delete
  2. Yah, saya cuma bisa coba blog saja, Mak. Gak bisa bikin video karena gak minat. Gak terlalu suka pajang foto makanya IG gak diisi. Sukanya nulis dan pajang foto penunjang tulisan doang. :D

    ReplyDelete
  3. bener mak, youtuber gamer sama yang temanya anak tuh kalo bagus bisa puluhan juta. lha bocah kan nontonnya itu2 aja dibolak balik biar ga gosong, hihi

    ReplyDelete
  4. Baru merintis salah satunya. Blogger. Hihi

    ReplyDelete
  5. Pengen jadi youtuber, tapi nda ngerti editing. Piye mak irit?

    ReplyDelete
  6. Baru nyobain yang blogger sama instagram. Masih jauh pollowernya dari Mak irits, belum bisa swipe up, haha.
    Thanks for sharing Mba' ;)

    ReplyDelete
  7. Ahh menantikan followers jadi 10 ribu itu lamooo kikikkk

    ReplyDelete
  8. sampai sekarang cuma menjalani nomor tiga mak, mau sih semuanya tapi keluarga tetap prioritas kan. eeem. :D

    ReplyDelete
  9. kayaknya sih gampang dan enak banget yaa mbak.. cuma mainan medsos eh dapet duit. Gak taunya butuh effort yg lumayan jugaa.. haha

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)