Saturday, February 1, 2020

Setelah Doa, Hadiah Yang Paling Cocok Diberikan Pada Pengantin Baru Adalah Uang

Teman kamu akan menikah, kamu sibuk memikirkan kado apa sebaiknya yang akan kamu bawa ke acara pesta pernikahannya? Daripada lelah mikir, buang waktu dan energi, percayalah, selain doa semoga menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah, hadiah yang cocok diberikan pada pengantin baru adalah: UANG.

"Ini dulu hadiah saat pesta pernikahanku, udah 10 tahun lalu dan belum terpakai sampai sekarang."

Whatt? begitu respon saya ketika membaca chat-chatan di sebuah grup whats app. Udah 10 tahun bo, kalo rusak nganggur malah eman-eman kan.

Beberapa teman akhirnya menyarankan dijual aja, atau... di giveawaykan :D



Ternyata kado-kado kita untuk teman itu belum tentu bermanfaat. Bisa macam-macam lah alesannya. Bisa jadi dia sudah memiliki barang yang serupa atau bahkan ada 10 orang lain yang memberikan kado yang sama, dan yang terpakai ya hanya satu.

Kalau saya, biasanya kado-kado yang "tak terpakai" akan saya kadokan lagi ke orang lain, daripada menuh-menuhin tempat di rumah kan. Dan mungkin bisa jadi kado saya tersebut sama si penerimanya akan diberikan ke orang lain lagi, dan begitu seterusnya, muterr aja, moga ngga balik ke si pemberi awalnya dulu :D

Baca juga: Resepsi Pernikahan Budget 10 Juta, Bisa!

Ya gimana, kalo yang ngasih sepre ada 5 orang, se set cangkir ada 7, handuk ada 10, ga mungkin kan dipakai semua.

Kadang kita terlalu meromantisasi sebuah pemberian, kasih kado deh, biar bisa dikenang pemberian kita. Lha dikenang gimana kalo kemudian berakhir di lapak Shopee atau di Tokopedia.

Kenapa ngga coba berpikir lebih realistis, jika memberi berupa uang, lebih banyak manfaat untuk si penerima bahkan menguntungkan juga bagi si pemberi.

Bagi kita tamu undangan, dengan memberi uang, kita ngga perlu capek-capek memikirkan dan mencari kado yang tepat buat si empunya hajat, hemat waktu juga energi. Ya terkecuali kita ada barang nganggur d rumah yang bisa dijadikan kado.

Bagi si penerima, pemberian berupa uang lebih fleksibel, bisa dibelanjakan sesuai kebutuhannya. Selain itu ngga repot juga membawa dari gedung menuju ke rumah.

Tapii kalo tetep ngotot pengennya ngasih kado titik buat kenang-kenangan, oke, saya punya ide hadiah buat pengantin baru. Yaitu... EMAS. Bisa berupa emas batangan atau perhiasan. Itu mah meski ada 100 orang yang ngasih teteep kepake lah sama si penerima haha. Emas ini selain bisa dipakai (kalo perhiasan) nilai jualnya juga ngga jatuh seperti barang-barang lainnya. Kalopun rusak, (pengaitnya misalnya atau penyok-penyok), masih laku. Tapi emas kan mahal. Ngga juga ada emas logam mulia (bukan berupa perhiasan) yang beratnya 0,1 gram senilai sekitar 100ribuan. Atau kalo emang mau kasih dalam bentuk perhiasan, kamu bisa urunan sama beberapa teman.
Ada pilihan kado lainnya? Mungkin ada. Tapi sebaiknya kamu tanyakan sama temenmu, lagi butuh benda apa. Supaya kado darimu ngga mubazir, hanya teronggok di sudut lemari sampai bertahun-tahun atau malah berakhir di lapak jual beli online. Idealisme untuk memberi kenang-kenangan pupus sudah.

NB: Komik Mak Irits tema Pengantin Baru sudah terbit ya di Karya Karsa, salah satu cuplikannya, gambar yang saya muat di atas. Bagi yang tanya, kenapa ngga terbit di webtoon lagi? Baca aja alasannya kenapa komik Mak Irits tidak tayang lagi di line webtoon (klik!)

No comments:

Post a Comment

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)