Friday, August 23, 2019

Mati Lampu? Enaknya Ngapain?

Ditulis oleh Bethania Swasti

Halo iriters, siapa yang hari ini dari bangun tidur belum sama sekali menggunakan fasilitas listrik?

Membayangkan hari-hari tanpa listrik sepertinya berat yaaa. Mengingat listrik adalah aspek hidup manusia yang penting. Dengan adanya listrik, aktivitas terasa lebih ringan dan cepat. Wifi bergantung pada listrik, charge batere HP dari listrik, air juga banyak yang bergantung dari listrik.

Nah beberapa minggu lalu, Jabodetabek, Banten dan beberapa wilayah Jawa Barat digemparkan dengan pemadaman listrik yang memakan waktu lama. Iriters ada yang kena? 

Hidup tanpa bantuan listrik sungguh merepotkan, tapi bagaimana dengan hidup masyarakat jaman dulu ya? Nyatanya dulu mereka hidup tanpa listrik tapi fine - fine aja tuh. Masak nasi pakai dandang, ngga ada rice cooker, ngga ada yang mengeluh. Ngga ada juga yang ribut siaran TV yang tidak mendidik lha wong juga emang belom ada TV. Butuh penerangan tinggal nyalain petromax.



Sekarang, semakin maju teknologi dalam masyarakat, ketergantungan kita juga semakin tinggi. Mati listrik sama dengan mati gaya. Apakah iriters juga begitu?

Sekarang kita bahas yuk beberapa hal yang bisa kita lakukan kalo mati lampu.
Pertama, yang harus kita lakukan adalah buka jendela. Supaya cahaya dan angin lebih banyak masuk. Lalu mau ngapain mati lampu gini?

Listrik mati ngga bisa nonton TV, internet wifi otomatis tersendat.

Nah, justru itu, momen ini bisa dijadikan waktu yang tepat buat family time lho! Tanpa internet, kita bisa terhubung secara langsung dengan sesama anggota keluarga. Ngga ada lagi tuh ngobrol sambil menundukkan pandangan karena pada sibuk mainan HP.

Ini beberapa ide kegiatan saat mati listrik:

1. Ajak anak - anak main diluar rumah. Perkenalkan mereka dengan permainan jaman kita dulu (permainan tradisional) mainan yang asik meski tanpa listrik. Permainan tradisional seperti engklek (atau di beberapa daerah disebut taplak gunung / sundamanda) cocok untuk diperkenalkan pada mereka, ajari bagaimana cara mainnya. Permainan ini bisa dimainkan di lapangan atau paving block. Jangan lupa bawa kapur untuk menggambar kotak dimana kita harus melompatinya. Itung - itung bisa melatih motorik dan kelincahan si anak. Bagi kaum jelita alias jelang lima puluh selow aja mainnya yaa, jangan sampai yang awalnya semangat ingin ikut main malah berujung ke tukang urut.

Permainan tradisional lain yang bisa dilakukan adalah petak umpet, ular naga panjangnya, gobak sodor, kasti, dll. Ohya, permainan tradisional ini akan lebih asik jika dimainkan banyak orang. Jika anggota keluarga kurang banyak, boleh banget lho ajak tetangga.

2. Ngungsi ke tempat lain. Ngungsi ini bisa juga itung-itung sebagai silaturahmi. Coba diinget-inget udah berapa lama ngga ketemuan sama temen kuliah atau temen masa SMA? Nah bisa nih jadi momen yang pas. Cari kerabat atau teman yang rumahnya tidak kebagian jatah mati listrik. Kunjungi mereka dan bawa beberapa oleh-oleh berupa camilan atau buah-buahan yang bisa dinikmati sembari rumpi.

3. Nongkih di Cafe. Kalo rumah kerabat juga pada ikutan mati listrik, anak-anak sekolah, bapake ngantor, tetangga pada tidur, kitanya jadi krik-krik di rumah sendirian. Bisa merapat ke cafe atau resto, enaknya sih janjian dengan sesama korban (pemadaman listrik) ya. Mayan bisa numpang ngadem, numpang ngecharge HP atau numpang wifi, yang dibayar dengan secangkir kopi. 

4. Tidur! Iya, tidur. Kalo mati lampu, otomatis ruangan kita dalam keadaan gelap, ini kondisi yang bagus lho buat tidur. Tidur dalam keadaan gelap bisa meningkatkan kualitas dan kepulasan tidur kita. Dari pada capek stress mikirin kapan lampu nyala mending ditinggal tidur aja. 

5. Coba cek meteran listrik. Lha siapa tahu udah suudzon sama PLN, udah emosi aja nih mau protes, eeeh begitu dicek ternyata njeglek atau pulsa listriknya emang habis. Ini kejadian terjadi pada saya sendiri. Waktu itu seminggu emang lagi sering - seringnya mati listrik. Jadi pas mati lagi,saya nggak panik karena terbiasa. Lampu mati jam 1 siang, saya dengan sabar tanpa komplain menunggu duduk manis di rumah sampai maghrib. Karena maghrib mulai gelap, lampu kan sangat penting tuh untuk dinyalakan. Siap-siaplah keluar mau ajak komplain ke PLN bareng tetangga. Pas saya keluar, loh kok tetangga semua lampunya nyala? Ternyata pulsa listrik saya habis. Haduh, percuma penantian saya selama 5 jam duduk manis di rumah. 

Iriters sendiri gimana? Biasanya ngapain sih kalo mati lampu? 









1 comment:

  1. Aku pernah nih suudzon sama PLN. Kirain listrik mati dari pagi sampe malam, eh ternyata pulsanya yg habis. Hihi...tengsin beraaadh

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)