Wednesday, August 12, 2015

Fanpage Facebook Untuk Promosi Bisnis

gambar: livelabseo.blogspot.com
Halo iriters, kalau kemarin kita sudah membahas tentang bagaimana tips berjualan dengan akun facebook pribadi, sekarang kita bahas tentang fanpage yuuk!

Kalau kamu emang pebisnis, yang beneran serius bisnis, bukan hanya sesekali aja jualannya, emak sarankan sih menggunakan fanpage facebook untuk berpromosi. Apalagi menurut aturan facebook akun pribadi tidak boleh digunakan untuk berjualan.

“You will not use your personal timeline primarily for your own commercial gain, and will use a Facebook Page for such purposes.” (Section 4.4) 

Begitu yang emak baca dari salah satu term of services di Facebook. Teman FB saya mengaku ada mendapat teguran dari Facebook karena ketahuan kerap memposting jualannya berupa buku di akun facebook pribadinya. Waspadalah-waspadalah. Daripada akun facebook kenapa-kenapa ya.. Udah temenan sama banyak orang, udah dapet banyak langganan, trus harus mulai add satu persatu dari awal, capee dehhh :)


Sebenarnya ada banyak kelebihan jika kita mau menggunakan fanpage facebook untuk promosi bisnis. Oya fanpage ini bukan hanya sekedar untuk jualan barang maupun jasa ya. Seorang pblic figur juga banyak yang punya fanpage untuk menjalin komunikasi dengan fansnya.

1. Jangkauan lebih luas. Akun facebook pribadi hanya bisa menerima (kalau ngga salah) 5000 pertemanan, itu artinya jangkauannya terbatas. Kalau sudah lima ribu, ya terpaksa bersh-bersih friendlist dulu kalau mau menerima pertemanan baru. Sementara fanpage jangkaunnya tidak terbatas.

2. Dapat menjangkau siapa saja tanpa mengganggu timeline kita. Maksudnya begini kebanyakan orang pilih-pilih pada siapa dia akan berteman di facebook pribadinya. Bahkan ada yang menerapkan, hanya mau confirm pertemanan kalau ada mutual friend sekian banyak. Wajar saja sih, karena kebanyakan malas melihat isi timeline orang-orang yang tak dikenalnya. Nah keuntungannya menggunakan fanpage, fanpage kita bisa dilike oleh siapa saja, tanpa memunculkan aktivitas mereka di timeline kita.

3. Bisa mempromosikan postingan. Dengan fanpage kita dapat mempromosikan postingan kita baik pada likers kita maupun kepada orang-orang yang belum melakukan like. Caranya kita tinggal klik opsi" Boost" yang ada di bawah kolom komen. Kita dapat menyesuaikan budget yang diinginkan, waktu untuk promosi, target yang mau disasar (bisa dari wilayahnya, usianya, hobbinya, dll)

4. Mengetahui feedback dari sebuah postingan. Di fanpage ada opsi insight yang memungkinkan kita untuk tahu bagaimana feedback dari sebuah postingan. Berapa banyak orang yang dijangkau, berapa bayak yang melakukan klik terhadap postingan kita, Berapa yang share, komen, bahkan feedback negativ pun seperti adakah yang meng-hide postingan kita, bisa kita ketahui.

5. Bisa membuat postingan terjadwal. Jadi kalo kita pas lagi online dini hari misalnya mau posting tapi buat siang, bisa loh di post schedule. Kalo di facebook pribadi kan ngga bisa, harus pake aplikasi penunjang kaya hootsuit.

Itulah kelebihan menggunakan fanpage facebook untuk promosi bisnis. Sekalipun sudah menggunakan fanpage, kita masih bisa gunakan akun pribadi sebagai sarana promosi tambahan, dengan share postingan di fanpage.

Semoga bisnisnya sukses ya iriters :)

twitter: @emakirits
IG       : @emakirits

6 comments:

  1. Iyam Griya Lahfy juga ada fanpagenya, mak irits udah like belum? hehe

    ReplyDelete
  2. Tapi jumlah likers FP lebih sedikit drpd jumlah pertemanan....itu yg sesuatu

    ReplyDelete
  3. Iya nih, tanteku jualan kue juga lewat fanpage facebook... dan ternyata bisa. :D

    ReplyDelete
  4. Emang bisa banget.... bisa buat jualan juga. :D

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)