foto: detik.finance.com
Kartu kredit. Ada yang suka menggunakannya, ada yang anti. Ada pula yang masih maju mndur cantik, menimbang-nimbang, kira-kira perlu ngga ya? Menguntungkan atau ngga? Aman ngga?

Nah sebelum kamu mengajukan aplikasinya, biar sreg, sini emak kasih tips memilih kartu kredit. Ini berdasarkan pengalaman emak sendiri loh ya. Tahu sendiri kan, Mak Irits ini konsultan finansial bermodalkan ilmu iritologi emak-emak, jadi bukan alumnus akuntansi dan sejenisnya *membuat disclaimer terlebih dulu, biar kalo tipsnya menyesatkan ngga dituntut* XD.

1. Pilih kartu kredit dari bank yang terkenal bagus kredibilitasnya. Kebanyakan orang sebelum punya kartu kredit, pasti punya tabungan kan? Nah dari situ kita bisa menilai Bank yang bersangkutan pelayanannya gimana atau bisa juga tanya sama orang yang terlebih dulu menggunakan kartu kredit, apalagi kalau dia pakai panyak cc, kita bisa tanya mana yang paling recommended digunakan,


2. Pilih yang iuran tahunannya ringan. Bahkan ada loh kartu kredit yang bebas iuran tahunan. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku. Misalnya ada yang memberlakukan free iuran tahunan tapi penggunaan rata-rata setiap bulan 30% dari limit kartu kredit hehehe. Kalo sekiranya kebutuhan kita ngga sampe segitu ya jangan dipaksain demi mendapat gratis iuran tahunan ya. Maksudnya mau ngirit malah ngorot XD

3. Pilih yang banyak diskonnya untuk barang yang kita butuhkan. Ingat ya yang kita butuhkan. Biasanya tiap kartu kredit menjalin kerjasama dengan merchant yang berbeda. Ada kartu kredit yang kerjasama sama cafe. Lah emak ngopi di warkop aja eman-eman apalagi di cafe hehehe. Demi pengiritan emak lebih memilih minum kopi di rumah.... TEMAN, hahaha. Emak biasanya sih lebih memilih yang ada diskon di tempat biasa beli sembako. Tapi kalo kamu punya kebutuhan yang beda ya monggo.

4. Pilih limit yang sesuai kebutuhan. Ngga usah nggaya-nggayaan pake yang platinum padahal sebenarnya kebutuhan kita jauh di bawah itu hanya dengan alasan, warna kartu kredit platinum lebih bagus je.. *cih alasan yang tidak berbobot hehehe. Lagian kalo limit kartu kredit kita yang sedikit, semisal (amit-amit jabang bayi, naudzubillahimindzalik..) ada sesuatu yang ngga diinginkan, penyalah gunaan kartu misalnya, ngga berat-berat amat kita menganggung bebannya. Kalo pikiran emak sih kaya gitu. Tapi ya hrus diusahakan seman mungkin lah ya.

Itu empat tips memilih kartu kredit dari Mak Irits. Semoga bermanfaat dan dengan kartu kredit kamu jadi tambah irits ya iriters :D


twitter: @emakirits
I.G     : @emakirits

14 Comments

  1. Wah kadang saya jadu eh jadi bertanya. Apa pantas untuk orang seukuran saya punya credit card (CC)? Sudah lama sih ingin. Uang Plastik ya. Kadang fasilitasnya menarik juga. Ada banyak merchant yang menawarkan pembelian barang secara kredit dengan DP O persen hanya dengan kartu kredit. Jadi untuk sementara karena belum punya CC, kalau saya mau beli barang pake CC ya terpaksa pinjem CC kawan saya aja. Jadi saya bayarnya sama dia Hiheiheiee

    ReplyDelete
  2. makasih mak tips dan infonya,dari beberpa tahun yang lalu mau bikin cc belum sempat2 hahaha

    ReplyDelete
  3. tips yg bermanfaat...maju mundur cantik nih...tapi nggak bakalan lagi :)

    ReplyDelete
  4. Pilih sesuai kebutuhan atau kemampuan, ya Mak?

    ReplyDelete
  5. Sebagai iriter garis keras, saya ga pake CC mak. Yg ada malah kartu debit kebobolan terus hahaaa... pengiritan berakhir dg ngorot :D

    ReplyDelete
  6. kalo kartu kredit itu enaknya banyak promo belanja atau promo wisata itu juga kata temen, soalnya saya belum berani punya :)

    ReplyDelete
  7. yang banyak diskonnya paling suka :D

    ReplyDelete
  8. Daku sdh 15 tahun pny kartu kredit..alhamdulillah gak pernah terjebak limit pemakaian shg mengganggu finansial daku.. Intinya bagi sahabat2 yg pengen pny CC ikutin deh saran dan tips Zmak Irit di atas memang benar adanya.. Soalnya berdsrkan ilmu Iritologi khas Emak2 ya..hehe.. Keren tipsnya..

    ReplyDelete
  9. Kalau tips menggunakan kartu kredit ala saya, bayarlah tagihan kartu full alias ga nyicil..Pakai kartu kredit buat diskonan atau ngumpulin poin :)

    ReplyDelete
  10. saya kebetulan ngak punya kartu kredit, sengaja krn suka kalap belanja hehehe

    ReplyDelete
  11. Gila tahun berapa nih? Kok gue belom punya kartu kredit >,<

    ReplyDelete
  12. no 4 ni yang lagi saya pikirin :) soalnya udah berapa kali tau limit malah dinaekin terus sama bank, padahal itu cc terhubung ke paypal & agak khawatir juga kalau ada apa2, soalnya pernah kejadian sama temen begitu paypal disabet orang tiba2 dipake belanja & saldonya narik dari CC untung aja cuma dipake buat beli domain walau sekaligus 5 :)

    ReplyDelete
  13. Keempat tipsnya mantab banget, buat menimbang2 kalau mau bikin kartu kredit. Thanks

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)