Siapa yang suka tawar-menawar saat belanja, ngacuung!!! *Mak Irits ngacung paling tinggi.

Tawar-menawar saat belanja memang menyenangkan, apalagi kalau kita berhasil menaklukkan penjual dengan memenangkan tawaran kita, wii dalam hati langsung lonjak-lonjak kegirangan, berasa kayak jagoan kita di pilpres menang #eh. Tapi meskipun begitu ada kalanya loh, emak justru ngerasain belanja nyaman tanpa tawar-menawar. Loh kok?

Iya sempet ngalamain kejadian memilukan hati. Udah nawar sampe jungkir, balik, salto, tawarannya dilolosin, ngerasa menang, dapet harga murah banget, eh tau-tau ada yang menawarkan barang serupa dengan harga yang lebih murah *dan mungkin itu masih bisa ditawar lagi. Sakit hati ngga tuh?

Makanya saat butuh belanja emak seringkali justru memilih datang ke toko yang menjual barang dengan harga pas, ngga pake tawar menawar. Salah satu dituju adalah toko online. Ada banyak keuntungan belanja online. Karena dilakukan online, kita dapat berbelanja dari mana saja, tanpa perlu menyengaja keluar rumah, ngangkot, apalagi naxi, mahal bo. Lebih hemat uang, waktu dan tenaga. Emang sih pake ongkos kirim. Tinggal diperhitungkan aja, ongkir jangan sampe ebih besar dari effort yang kita keluarkan saat belanja langsung ke tokonya.


Biasanya sih yang sering jadi pertimbangan saat belanja online itu tentang kemananan. Karena sistemnya, uang ditransfer dulu baru kemudian barang akan dikirim. Alhamdulillah, emak selama ini belanja online, aman-aman saja. Mudah-mudahan akan selalu begitu. Aamiin.. Tapi emang denger juga ada beberapa kasus orang belanja online, merasa dirugikan. Misalnya barang yang tak kunjung datang padahal uang sudah ditransfer, atau barang yang datang tak sesuai sengan pesanan, dan komplain-komlplain lainnya.

Ada bebarapa hal yang emak lakukan sebelum memutuskan untuk belanja online agar lebih aman dan nyaman.

  1. Minta rekomendasi. Saat membutuhkan suatu barang dan berniat untuk belanja online, emak biasanya minta rekomendasi ke teman atau orang yang biasa belanja online. Kadang suka nulis aja di status facebook, "Mau beli sepre waterproof yang recommended di mana ya?" Atau kalo udah ada inceran salah satu online shop, tinggal tanya, "Ada yang pernah belanja di blanja.com? Recommended ngga?" Itu hanya sekedar contoh ya..
  2. Lihat testimoni. Biar lebih yakin kita lihat dulu testimoni orang-orang yang perah belanja di situ. Biasanya sih emak searching google dengan menggunakan kata kunci online shop yang dituju. Banyak loh pembeli yang menuliskan pengalamannya berbelanja online di blog, ada juga yang memberi review di salah satu web khusus review.
  3. Stalking socmednya. Ini juga ngga kalah penting. Emak lebih memilih online shop yang konsisten mengupdate socmednya. Apalagi kalau terlihat interaksi dengan customer di sana. Jadi yakin, toko tersebut memang ada yang ngurusin, kalo butuh bantuan atau mau komplain ada yang menanggapi.

blanja
stalking twitternya toko online blanja.com

Begitulah tips aman belanja online yang biasa emak lakukan. Iriters mau nambahin tipsnya? Boleh lho!

@eMakIrits

42 Comments

  1. memang belanja online kudu hati-hati ya Mba. Tipsnya top banget dan emang harus gitu. Sama banding-bandingkan Mba. Kan online bisa gampang tuh lihat harga. biar aman di kantong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bisa lioat harga tanpa perlu malu kalo ngga jadi beli ya mas Dan hehehe

      Delete
  2. andai belanja online boleh nawar ya hahaha. Eh tapi suka di sebelin OS kalau suka nawar ternyata mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya tipiokal pembeli kayak Mak irits pasti disebelin sama ol shop ya maklid hehehe

      Delete
  3. aku banget nih,belanja online hehehe..secara di Siak nggak ada mall

    ReplyDelete
  4. Hahaha, secara aku admin online.. makasih mak masukannya. Saya sih selalu berusaha menyenangkan pelanggan, jangan sampai mereka kecewa karena ktidaksigapan. Butuh kesabaran ekstra, palagi kaya mak Irit..eh.. ampun maak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiqiqi paling males dpt konsumen kayak mak irits yak, neritik

      Delete
  5. Masih jarang beli beli online, kecuali kepepet toko fisik yg dekat nggak ada barangnya lagi, atao beli yg ada rekbernya :)

    ReplyDelete
  6. Saya suka banget belanja online. Asal nggak belanja baju sih. sering nggak cucoknya :D

    ReplyDelete
  7. Saya suka jalan-jalan Mak jadi ga pernah beli online hehe... makasih tipsnya siapa tahu nanti butuh belanja online ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kali2 pas capek jalan2 belanja online tinggal duduk manis buka laptop hehee

      Delete
  8. Jaman sekarang memang harus hati2 jangan sampai menyesal di kemudian hari
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pakdhee, salam hangat juga dari Semarang :)

      Delete
  9. Wuhuu... aku lebih suka belanja gak pake nawar. Gak tega juga sama yang jual, harga ditawar-tawar *aku mah orangnya gak tegaan. :3
    Makanya itu sekarang aku demen belanja di OLshop ato toko yang menjual dengan harga pas ^_^

    ReplyDelete
  10. Iya mbak. aku juga melakukan itu untuk hati-hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba susi pelaku bisnis online pasti udah lebih duluan ngerti yang beginian ya mbaa

      Delete
  11. makasih tipsnya mak..jadi malu nih...jualan online tapi tokonya ga keurus

    ReplyDelete
  12. Kadang saya juga belanja ol tapi cuma berani ke olshop yang gede, itu juga kdang barang nya ga semulus yang digambar.

    ReplyDelete
  13. Aku juga suka beli di toko yg harganya pas dan paling murah mak :D

    ReplyDelete
  14. kalau beli di onlineshop, ya onlinehop punya sahabat :D
    bisa ngerayu harga dan lebih percaya :)

    ReplyDelete
  15. Aku nggak percaya testimoni yang dijembreng di akun medsos atau website olshop karena pernah ketipu 175rb hiks. Harga murah juga mempengaruhi kwalitas, entah di barangnya, entah di packingnya. Lebih senang belanja online berdasarkan rekomendasi teman atau setidaknya pernah lihat teman menggunakan produk tsb.

    ReplyDelete
  16. liat testimoni skrng pun harus jeli, banyak sekali testi palsui yg dibuat oleh olshop. kalo plih olshop aku pasti pilih yg uda punya nama besar, selebihnya mejeng di mall atau pasar hehhe

    ReplyDelete
  17. betul mas, saya kalau belanja juga suka liat testimoninya terlebih dahulu plus rekomendasi dari orang sebelumnya. Suka membandingkan juga antara satu toko dan toko lainnya, untuk mendapatkan harga terbaik. Makasi

    ReplyDelete
  18. Aku orang yg jarang belanja online, rasane kok kurang puas klo Gak lihat dan pegang langsung barangnya, hahaha...

    ReplyDelete
  19. Kalau aku sih langsung ke bagian nomor 3, mak. Langsung baca testimoni aja, kalau emang banyak yg ngasih testimoni ya berarti aman :)

    ReplyDelete
  20. Terima kasih atas tipsnya, Sekarang ini banyak sekali toko online di Indonesia. Ada yang besar dan ada yang kecil maka menjadi kewajiban kita untuk memilih toko online yang memang memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berbelanja dengan tips - tips diatas.

    ReplyDelete
  21. belanja online di blanja com jadi pengalaman menyenangkan ya mak irits .hehehe

    ReplyDelete
  22. Aq juga suka blanja online, kadang jadi lbh irit. Cuma ya itu harus waspada juga seperti tipsnya mak irits ini.

    ReplyDelete
  23. Thanks yah tips nya... aku juga doyan belanja online soalnya

    ReplyDelete
  24. Saya termasuk yg senang belanja online mak... gak perlu ribet-ribet ngantri, ketemu macet bin panas he...he

    ReplyDelete
  25. baru sekali belanja online itupun coba-coba saja nunggunya yang bikin deg deg kan

    ReplyDelete
  26. Duh, jadi ingat, medsos toko online saya udah lama nggak diupdate... TFS Mak Irit!

    ReplyDelete
  27. Aku malah ga suka blnja yg pake nawar mba :D.. Hadeuuh pasti kalah ama penjualnya krn srg ga tega :D. jd kalo kita lg blnja di tempat2 yg sistem nawar, itu suami deh ...dia jago, dan TEGA :D kdg aku ampe ngumpet ato pura2 ga kenal saking malunya hahahaha...

    makanya paling asik itu emg online ;).

    ReplyDelete
  28. Belanja onlen itu irit biaya, awalnya belanja onlen itu buat keperluan anak-anak, lama-lama ketika tahu slagnya malah ikutan jualan onlen meskipun dengan skala kecil2an.

    ReplyDelete
  29. Kalau aku sih merasa lebih aman kalau toko online nya menyediakan fasilitas bayar di tempat seperti toko ini contohnya.

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)