Monday, August 3, 2015

Tak Selamanya Diskon Itu Indah

Tak Selamanya Diskon Itu Indah adalah salah satu judul chapter yang ada di komik Mak Irits versi cetak. Hayoo udah pada beli komiknya belum? Murah kok hanya 28 rebu aja di toko buku. Kalo mau dapet diskon bisa ke tobuk online dan beli lewat penulisnya langsung *promosi dulu* *mudah-mudahan ngga pada close tab, percayalah postingan di bawah ini akan sangat bermanfaat bagi kamu* hihihi.

Kok bisa sih diskon itu ngga indah? Diskon kan artinya dapet harga lebih murah, mana sisi tidak idahnya? Mana???

Udah baca postingan emak sebelumnya tentang fakta-fakta tentang diskon yang menyesakkan dada? Udah seneng-seneng lihat brosur diskon capcus ke tokonya, eh ternyata harga barang yang didiskon masih setengah jeti aja. Menyesakkan dada bukan?



Nah kali ini emak mau berbagi tips bagaimana supaya tetap bijak berbelanja meskipun ada godaan diskon.

Baca baik-baik brosur atau pengumuman diskon, lihat periodenya, jangan sampai ternyata udah lewat. Baca juga syarat dan ketentuannya. Biasanya ada tanda bintang kecil ( keciil banget bahkan lebih kecil dari semut rangrang) yang menandakan hal itu, nanti di bagian bawah brosur baru ditulis keterangan lengkapnya. Nah kira-kira kita bisa memenuhi syarat dan ketentuan itu nggak? Kalo ngga, ya mending coret aja dari schedule.

Sesuaikan dengan kebutuhan. Lihat apakah barang yang didiskon adalah barang yang kamu butuhkan. Kalo yang didiskon barang-barang perawatan bayi. Kamu yang belum nikah bahkan calon aja belum punya, ngga perlu juga kali beli, kecuali ada temen yang baru punya anak trus mau ngadoin.

Berhitung. Perhitungkan, nominal diskon yang akan kamu dapat dengan biaya transportasi, lamanya waktu mengantre di kasir, dll masih pantaskah untuk diperjuangkan ngga diskonnya hehehe.
Teliti. Seringkali barang didiskon karena sudah terlalu lama belum laku atau barang yang cacat produksi. Meskipun ngga selalu begitu juga sih. Coba dicek dengan seksama jahitannya mungkin, sablonannya, dll Untuk makanan cek tanggal kadaluarsanya.

Bandingkan harga. Lihat harga yang sudah didiskon bandingkan dengan toko sebelah. ribet ya mak harus bolak-balik toko hanya untuk bandingin harga, Ya daripada sakit hati, udah beli barang yang didiskon, besok pas ke toko sebelah ternyata harga barangnya lebih murah padahal lagi ngga didiskon hehehe.

Bawa kalkulator. Biar gampang aja kalo mau itung-itungan harga. Jangan sampe pas dikasir uangnya kurang gara-gara salah hitung XD

Tutup mata. Udah selesai beli macem-macem barang diskon? Kalo ke toko sebelah ngga perlu liat-liat barang yang sama, ntar kalo harganya lebih murah, kamu ngambek, nyeselnya tujuh hari tujuh malan, ngga bisa tidur ngga napsu makan *eh malah ngirit ya wahahaha.

Oke sekian dulu tips dari emak. Jangan lupa beli komik Mak Irits ya, masih banyak tips lain di sana looh *promosi maneh* :D :D

@eMakIrits

30 comments:

  1. iya juga ya,dihitung juga berapa menit ngantri di kasir xixixix. lumayan juga kalo panjang,capek,haus hehe

    ReplyDelete
  2. saya jg suka itung2an dl pake kalkulator hp hihihi...

    ReplyDelete
  3. Saya termasuk yg suka gelap mata kalo liat diskon.. dan kenapa ya, toko-toko online itu ga pernah capek ngasih diskon.. *curhat*

    ReplyDelete
  4. Ihiiir,,, benerrrr semuaaa nih mak :)

    ReplyDelete
  5. tutup mata, lepas kaca mata ya heheh ebiar ga lihat sale

    ReplyDelete
  6. Daku jarang tergiur barang diskon. Tergiurku peralatan rumah. Beliin donk Mak..:D

    ReplyDelete
  7. DISKON !!!!! bisa kalap euy,, apalagi berasa dibawah 100rb dan dapet 3 pula terus ber merk,,pdhal itu barang memang udah lama, dan nggak laku. Pengalaman, beli sepatu dan sandal merk B*** MURIIIH banget (saking murahnya) 100rb bisa dapat 4, dan memang cantik2,, eeh,,,baru dipakai sekali kena air, terus pada copot lemnya, terus casingnya pada ngelupas. Astaga :D

    ReplyDelete
  8. Aku pilih tutup mata, Mak.
    Senjata pamungkas tuh
    Hihihii

    ReplyDelete
  9. Selama ini memang kurang tertarik dengan yang diskonan kecuali memang butuh atau harganya jadi murah banget, kalo beli makanan diskon jarang sih

    ReplyDelete
  10. Diskon emang bikin kalap ya mak, tapi kalau dipikir2 penjual mana yang mau rugi? Kita tertipu oleh harga diskon, tutup mata aja deh. Mksh sharing tulisannya mak

    ReplyDelete
  11. Makasih tipsnya mak....

    Emang sih fakta yang paling sering saya temukan itu adalah permainan harga dari barang yang di diskonkan tersebut. Modusnya sih diskon, tapi nyatanya hanya merubah harga yang sebelumnya dengan harga yang lebih tinggi, trus dibuat diskonan sekian persen. Jadinya sama aja atau harganya gak jauh beda dengan harga yang lama. Kan, bikin PHP gitu mak.

    ReplyDelete
  12. Kalau soal diskon, mau bandingin dengan tempat lain kadang ga sempat Mak. Barangnya bisa abis duluan hihi. Jadi memang mesti disesuaikan dengan kebutuhan banget. Trus harga akhirnya worthed sama barangnya atau nggak. Kdg ada yg udh diskon tp kok msh kemahalan (nth krn udh diupgrade dulu/gimana).

    ReplyDelete
  13. aku mah kalau liat diskon, langsung liat harganya. Kalau di bawah 50ribu, baru galaw, untuk semua item, ya. Wkwkwkwkwk.... jadi kalau ada iklan diskon tas branded, kalau harganya masih 500ribu gitu, ah saya mah teguh kukuh nungguin sampe harganya 50ribu. :v

    ReplyDelete
  14. Tutup mata tapi sambil ngintip. Jadi akhirnya kadang-kadang tetep tergoda. Payaaahh nih akuuu >.<

    ReplyDelete
  15. A hehe... Aku paling sebel klo labelnya diskon tp hrg nrg dibikin naik dulu sm si toko. Zonk bgt sih :v

    ReplyDelete
  16. kckckck kalau aye mah kebeli jg nih kalau ada diskon 80% .. suer rasanya ngak bisa nhannnn banget.

    ReplyDelete
  17. aku ga doyan belanjaaa *gayaneeee*, tp sumpah klo ketemu sama kata DISKON sama SALE tuhhh kayaknya gimanaaa gt klo ga nyamperin hadeeuuuh *melotot ala mak irits

    ReplyDelete
  18. saya gak tergoda mbak dengan diskon, toh pada dasarnya harga akan dinaikan dulu...gak mungkin mereka mau merugi :p

    ReplyDelete
  19. yap diskon emang kadang menyesatkan juga. sekarang zaman online, cek harga online dulu ada. bandingkan dangan beberapa toko. cari juga plus minusnya, misalnya fasilitas yang ditawarkan, cara pembayaran dsb.....

    ReplyDelete
  20. saya senang diskonan mbak :D tapi kalau syaratnya gak kebanyakan..hahaha
    dan pastinya barang yang didiskon juga masih jauh expirednya + diskonnya gede. *banyakmaunya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. seandainya ada yang kaya gitu ya... indahnya duniaaa hahaha

      Delete
  21. Eh iya memang ada yang harganya dinaikin dulu baru didiskon, ya sama saja jatuhnya dengan harga sebenernya. Nah itu tuh bintang kecil2 itu kadang luput dari perhatian :D

    ReplyDelete
  22. biasanya emang diskon menyesatkan hehe pernah tuh pengalaman keliahatnnya aja diskon besar ternyata yg didiskon beberapa barang aja gak semua xD

    ReplyDelete
  23. namanya wanita biasanya gabisa tahan ya mak sama godaan yg namanya diskon itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak hanya cewek aja mak, cowok ya juga begitu kok wkwkwkw

      Delete
  24. Betul mak, saat mbandingin harga di toko sebelah pasca kita udah beli itu memang sakitnya luar biasa di dada dan kepala :D

    ReplyDelete
  25. Saya juga sering sekali ketipu mbak, emang terlihat menggiurkan. :D

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)