Sunday, July 26, 2015

Fakta-fakta Tentang Diskon Yang Menyesakkan Dada

DISKON. Siapa sih yang ngga matabelo begitu melihat ada kata-kata diskon. Bawaannya  pengen cepet-cepet aja capcus dateng ke tokonya trus mborong-mborong. Ya mumpung diskon..

Tapi seringkali setelah melihat lebih dekat, kita kecewa, ternyata-oh ternyata ada syarat dan ketentuan berlaku yang ditulisnya kecil banget dengan skala 1:100 dibawah tulisan DISKON, atau barangnya ngga sesuai harapan.

gambar dari: lintas.me


Nah berikut emak rangkum fakta-fakta tentang diskon yang menyesakkan dada:

Diskon tapi ternyata untuk barang-barang yang belum kita butuhkan. Sebenarnya butuh tas  tapi yang didiskon sepatu, yaudah beli dulu aja. Siapa tahu besok pas sepatunya rusak pas ngga diskon. Hihihi siapa hayo yang sering begitu???  Emak saranin mending jangan dibeli ya. Tenang aja diskon ngga hanya datang sekali dalam seumur hidup kok. Yakin deh suatu saat barang ini akan diskon lagi.

DISKON 70%. Wiii diskonya gede yaaa, begitu nyampe di tokonya, harga barangnya muahal-muahal. Biar kata didiskon sampe 70% harganya masih setengah juta. Melipiir, mundur teratur.

Diskon tapi untuk barang-barang yang cacat produksi, atau cuci gudang sehingga kondisinya ngga 100% bagus, mungkin ada kancingnya yang lepas, bolong dimakan semut. Oya satu lagi untuk makanan biasanya masa kadaluarsanya udah dekat. Jadi harus teliti sebelum membeli yaa.

Diskon 50%+20% tidak sama dengan diskon 70% ya.Ini sering kali membuat kita terkecoh, trus gegabah asal saut barang itungan kita diskonnya 70% jadi murah banget. Hayo harus lebih cermat lagi menghitungnya ya...

Diskon 70%--> bagian yang ini tulisannya sgede gaban, padahal diantaranya ada tulisan "up to" yang kecil banget. Yang diskon 70% cuma satu barang itupun udah diambil orang lainnya diskon 2,5% aja. Ya toko ngga salah sih, kan tulisannya up to yang maksudnya sampai. Bukan semua diskon 70%, ekspektasi kita berlebihan :p

Diskon dengan syarat dan ketentuan khusus. Misalnya setelah belanja minimal sejuta, setelah membeli barang anu (padahal barang anu kita ngga perlu).

Diskon yang sudah lewat. Udah seneng-seneng baca selebaran diskon, datang ke tokonya eh ternyata selebaran itu berlaku hanya sampai hari kemarin. Padahal perjalanan menuju toko harus mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra, bersama teman bertualang... Lah kok malah nyanyi.

Diskon tapi ternyata harga di toko lain (padahal pas ngga diskon) lebih murah.  Aih ini sih bikin kesel rasanya pengen tak sobek-sobek uang 100 ribu. Hah yakin????

Itulah iriters fakta-fakta tentang diskon yang menyesakkan dada. Ada yang mau nambahin? Ingat untuk selalu cermat dan bijak dalam menghadapi godaan diskon ya...

@eMakIrits

29 comments:

  1. Nah aku juga suka cuek sama diskon-diskonan kalau ke mall. Kecuali kalau butuh. tapi ga langsung beli juga kalau masih mihil Ntar duluuuu. kayak ada toko yang bilang diskon celana jeans. Eh pas dicek asalnya 500 ribu. Diskonnya cuma 50% . hehehe mestinya girang ya, setengah harga tapi karena udah tau ada yang jauh lebih murah (masih bisa dapet yang 100 ribuan) ya yuk bye bye aja :D

    ReplyDelete
  2. meski udh tw klo brg yg didiskon itu sbnrya udh dinaikin dulu, ttp aja klo liat tulisan diskon tertarik :D

    ReplyDelete
  3. Diskon udah lewat wah aku punya penalaman tapi jadi menguntungkanbuat aku. nanti posting ah di blog hehehe jadi punya ide

    ReplyDelete
  4. untungnya saya gak pernah tergiur diskon hihihi...
    nice sharing mak...

    ReplyDelete
  5. Daku gak pernah mikirin diskon. Beli kalau butuh aja.

    ReplyDelete
  6. betul2 banget tuh diskon yang harganya masih juga selangit walau udah didiskon 50%

    ReplyDelete
  7. Keren tulisannya maak..

    aku maaak.. MODIS banget alias MODal DISkon..
    Tapi yg beneran diskon ya
    Cacat2 dikit gapapalah asal bisa dimakan (makanan) atau dipake (barang)

    Tambahan dikit di jepang supermarket diatas jam 19 makanan pd diskon mak, alasan mereka barang udah ga fresh lg. Padahal klo di kita mah masih bagus2 banget. Jadinya stanby belanja di atas jam 19 deh.

    Hidup diskon !

    ReplyDelete
  8. Kalo di sini ada nih mak, misalnya ada baju tulisannya 1.000 yen, wah murah banget cuma 1.000, pas dideketin ternyata yang 1.000 itu potongannya, harga aslinya misal 10.000 yen, jadi ya masih mahal juga :D

    ReplyDelete
  9. Hi..hi, biassnya gitu mak. Diskon gede, tp setelah dicek barang lamaaa....ato klo gak gitu, harga dinaikin dulu...trus baru didiskon.... Beli yang butuh2 aja lah...

    ReplyDelete
  10. Biasanya kalau mau Natal dan tahun baru diskonnya gila-gilaan, mak.
    Di HK seringna gitu, tapi saya jarang berburu diskon :D soalnya beli barang ya pas butuh banget aja :D

    ReplyDelete
  11. wkwkwk... memang betul, tuh. Gak semua diskon seindah yang dibayangkan :D

    ReplyDelete
  12. Bener bgt mak, gak ada toko yang mau rugi. Adanya diskon itu hanyalah trik untuk menarik minat konsumen lbh banyak berbelanja di toko tersebut, jd jgn mudah tergiur dg iming2 diskon....mksh sharingnya

    ReplyDelete
  13. ahaha iya nih bener banget! tapi gimanapun. liat tulisan diskon aja biasa hati udah seneng.. gaktau kenapa eng..

    ReplyDelete
  14. Kalau yg di diskon sembako, minyak, susu, gula, de-el-el..asal belum expired...serbuuuu. Paling juga sebulan-2 bulan sdh dipakai.

    ReplyDelete
  15. aku dong demen bgt nimbun diapers, haha.

    sekarang mah udah hafal, jadinya beli diapersnya 3 minggu sekali, soalnya diskonnya diulang 3 minggu sekali, haha

    ReplyDelete
  16. memang betul sekali mbak..itulah yang terjadi dengan diskon indonesia ini..
    gak kemana2 itu pasti terjadi.....
    diskon hanya membuat kita penasaran saja..

    ReplyDelete
  17. wkwkwk betul banget. Ngelihat di koran katanya ada diskon barang anu. Pas dateng ke tempatnya, harganya hampir setengah juta. Sama seperti harga aslinya yang tanpa diskon. Ternyata-oh-ternyata barang-barang yang didiskon itu harganya di naikin dulu trus diberi diskon untuk menarik calon pembeli supaya mau membeli barang tersebut. Diskon hanyalah mitos XD

    ReplyDelete
  18. yang bikin nesek itu yang terakhir, udah seneng dapet diskon tpi dilain lebih murah -_-

    ReplyDelete
  19. tapi klo diskonan ini biasanya harganya dimahalin dulu, dikasi diskon gede tapi sebenernya mah aslinya segitu juga kali ya mb hehhee

    ReplyDelete
  20. Pembenaran pada diri sendiri *ayolah mumpung diskon*, bikin nyesek di kemudian hariiii -_-

    ReplyDelete
  21. dulu sering tuh, beli tas atau sepatu diskon, luamaaaa...... disimpen karena belum perlu, eh pas dipake berhamburan lah kulit imitasinya, ..... dan yang lebih menyedihkan hak sepatunya lepas :D :D

    ReplyDelete
  22. Emang, emak2 itu sukanya yang berbau diskon yah? hihihi... :)
    Salam kenal mak. :D

    ReplyDelete
  23. Hehehehe.... memang saat ini diskon selalu di cari... semuanya yang bersifat potongan harga pasti laris manis. :D

    ReplyDelete
  24. Diskon ini banyak di buru sama emak-emak, orang cowok aja juga biasanya suka sama yang namanya diskon. :p

    ReplyDelete
  25. Diskon? saya suka banget sama yang namanya diskon mak, ada yang di atas 60%? :v

    ReplyDelete
  26. diskon adalah surga dunia bagi para wanita :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga kok, hahahha jangan di generalisasikan yess

      Delete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)