Wednesday, June 3, 2015

[Tips] Memanfaatkan Nasi Sisa

Hola iriters, emak datang lagi kali ini membawa tips memanfaatkan nasi sisa. Kalo masak nasi di rumah suka nyisa ngga?

"Ngga mak, di rumah, begitu mateng, nasi selalu habis secentong-centongnya."

Oh.. berarti kamu nggeragas* :D :D

Kadang kala saat masak nasi, masak hari ini, besoknya belum habis. Mau dimakan lagi nasinya, udah ngga fresh from the rice cooker jadi kurang enak, ya meskipun dalam kondisi dihangatkan juga sih dalam rice cooker.

Mau dibuang dengan alasan rejeki semut dan para bakteri, ah ya tetep sayang.

Sebenarnya nasi sisa masih bisa lho dimanfaatkan, asalkan belum berair alias basi. Kalo emak sih biasanya dijadiin ini:


1. Nasi Goreng
Nah ini andalan banget, selain memanfaatkan sisa nasi yang dimasak kemarin, biar praktis juga. Kalo masih ada sambal sisa kemarin asik lagi, ngga perlu ngeracik bumbu, sambalnya dioseng, masukin nasinya. Lauknya bisa pake telur, bakso, atau sosis. Atau kalo masih ada ayam sisa kemaren, daripada digoreng lagi mending suir-suir aja campurin ke nasi. Meskipun semua bahan adalah sisa tapi tetep enyaaak.



2. Makan Kucing
Ya sekali-kali kucing kamu di rumah yang biasa dikasih tulang, kasih nasi juga dicampur sama ikan pastinya. Kalo nasi doang mana mau hehehe. Eh tapi pernah loh emak kasih nasi campur terasi kucingnya mau. Ya terasi kan ada campuran udangnya meskipun entah berapa persennya siiih hihihi.




3. Makanan Ikan
Ikan emak makannya macem-macem mulai dari remah-remah roti yang biasanya emak pungutin dari lantai karena si bocah makannya kececeran, sampe nasi sisa kemaren. Biar anti mainstream, beda sama ikan-ikan laen hahaha.



4. Lem nasi. Bukan hanya putih telur aja yang bisa dijadikan perekat, nasi juga loh. Ya tapi bukan buat merekatkan batu macam candi borobudur apalagi merekatkan hubungan kamu sama do'i yaaa #eeaa


Nah itu tadi empat cara memanfaatkan nasi sisa. Kamu punya tips lainnya boleh dishare lhoo. Ayo kita sukseskan gerakan #AntiMubadzir hehehe. Jangan lupa ikut GA satu tahun komik Mak Irits ya. Caranya mudah, hadiahnya wah!

@eMakIrits

#nggaragas=rakus

57 comments:

  1. Blognya keren bgt mak...salam kenal..wah ini mirip saya sehr2..he3..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih maak, mirip emak? selamat berarti emak bisa gabung di baisan iriters hehehe

      Delete
  2. ahaha, aku sering bikin nasi goreng dr nasi sisa. beerarti aku termasuk irit, .;D

    ReplyDelete
  3. maaakk, katanya kucing ga boleh dikasih nasi soalnya ...... lupa euy alasannya apa. -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah masaaa? Dari dulu tiap plihara kucing pasti dikaish makanan nasi, kadang roti, kadang pisang goreng, kadang taro hihihi

      Delete
  4. Klo nasi nya bnyak d buat krupuk mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak ibu saya dulu ini, sayang sekarang gak lagi karena takut pake bleng walaupun bleng masih pro dan kontra

      Delete
    2. Satu sampai empat semua saya lakukan. Dan kalo banyak, disatuin sama nasi kemarin dari rumah mama dan adik, biasanya mama buat semacam rengginang atau kerupuk. Enak buat cemilan lho Mak...

      Saya jadi punya 5 cara, lebih irit dari Mak Irit dong yaaa 😊

      Delete
    3. Iya mbah nya emak juga dulu suka buat kerupuk dari sisa nasi, ntar ah googling caranya

      Delete
  5. Kalau aku biasanya buat makan ayam. Buat makan ayam ya bukan makan sama ayam hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti ayamnya dimakan sama mak Ika gitu ya, cocok lah hihihihi

      Delete
  6. bahahaha..aku banget..nasi sisa digoreng aja..daripada mubazir....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet ludes deh kalo udah berubah jadi nasi goreng hehehe

      Delete
  7. Wkwkwkwwk...ngakak bacanya mak...betul betul jaman dulu kalo lem di rumah abis padahal butuh ngelem amplop langsung deh ambil secuil nasi untuk ngelem...eh nasi bisa dibuat tape lho...dan katanya bisa untuk nyembuhin penyakit kulit macam kurap atau kadas, caranya ditempelin di tempat yg sakit lalu dibebat pake kain dan dibiatin semalaman...eh itu fakta atau mitos ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mash banyak keguanaan lain sebenarnya dari nasi sisa ya mak

      Delete
  8. hihi lucu banget sih mak irit, maksud hati irit bikin nasgor malah banyak requestnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, *kemudian nodong tambahan uang belanja ke Pak Irits*

      Delete
  9. Wahahaha.......poin 1,2,4 sering aq lakuin.wakakakaka

    ReplyDelete
  10. numpang ngakak ya mak..hahahah..lucu deh gambarnya..

    ReplyDelete
  11. Saya biasa ngelem amplop sumbangan pake nasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayan ntar nasinya bisa dicemilin yang buka amplop ya #eh

      Delete
  12. Bahahaha baca yang buat lem itu aku sampe ngakak. Dulu jaman SD kalo pas prakarya gak bawa lem, ngelemnya pake nasi. Eh untung gede2 ngga suka ngelem (aibon) *lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ortu yang dulu suka kasih ide nih kalo pas lem di ruamh habis hihi

      Delete
  13. paporitnya dibuat nasi goreeeeeng.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya paling sering kepikiran bikin ini

      Delete
  14. Seperti biasaa....jadi nasi goreng aja yang enak...hihihi

    ReplyDelete
  15. whuaa..kalo nasi sisanya di jadikan lem, boleh dunk mak buat industri lem rumahan ?
    kan lumayan mak, dari pada lumanyun .. hehe

    ReplyDelete
  16. salam Mak Rahmi, kenalkan saya silent reader di blog ini *salim*
    kalo saya sisa nasi masukin ke kulkas, besok-besok bisa dibikin nasi goreng, nasi kuning goreng, nasi tim dll :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup masuk ulkas dului biar ngga basi ya mak :D

      Delete
  17. betul mak,nasgor menu andalan menyiasati nasi sisa hihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu andalan nan praktis ya mak :D

      Delete
  18. Biasanya kalo masak nasi selalu pas buat sehari, jadi besok masak nasi baru lagi
    Kalopas nyisa dikit biasanya suami yang ngabisin hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih emak juga beerusaha dipaspasin tapi sering aja ada sisa meski sedikit

      Delete
  19. Makanan ayam Mbak, ayamku banyak soalnya. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya tetangganya emak punya ayam, jual ke dia aja kali ya.. JUAL? hahaha

      Delete
  20. Kalau mbakku dirumah, nasi yg kering banget dijemur terus dibikin kerupuk nasi mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaya simbahku maak jaman masih sehat dulu :D

      Delete
  21. Tak tambahin mak. Dijemur, kalo udah kering bisa dijual buat makan bebek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emak jual ke noorma aja deh, ntar noorma yang jualin ke peternak bebek ya hihihi

      Delete
  22. Satu lagi Mak, nasi sisa dibikin jadi pempek. Ada tuh resepnya di blogku ;)

    ReplyDelete
  23. kalo dirumahku biasanya sih dijadiin nasgor, atau buat makan ikan sih mak.. :D

    ReplyDelete
  24. Iya nasgor emang jadi peringkat pertama ya, selalu tuh, makanan favorit kedua setelah mie goreng, wkekekkk

    ReplyDelete
  25. Kalo aku biasanya tak masukin freezer Mak..nanti kalo lg pengen nasgor ya trus keluarin dr freezer bisa langsung dibikin nasgor. lebih pulen, ga kering, ga perlu dicairkan juga..beku-bek langsung bisa masuk wajan. hehe

    ReplyDelete
  26. kwkwkwkwkw...
    apalagi yang buat nempelin kertas. Jaman dulu, kalau mau filateli dan nggak ada lem dan males jalan buat beli lem, nasilah jadi andalan :D

    ReplyDelete
  27. Nasi goreng selalu jadi andalan!!

    ReplyDelete
  28. Karna mertua punya banyak ayam ya nasi sisa buat makan ayam Mbak, tapi kalo pas libur n sempet ya buat pakan orang alias digoreng,hihi

    ReplyDelete
  29. Hahahaha... Menarik banget mak... Saya baru sekali mampir ke blognya si emak kok langsung merasa nyaman yak. Apalagi ada ilustrasi komik si emak segala. Jadi makin betah nih. Untuk tipsnya sendiri mantap dah... Bermanfaat dan menghibur. Makasih emak... Kapan-kapan bikinin saya nasi goreng sederhana ya mak, pake ampela, petenya dikit aja, pedesnya juga dikit, hmm... lebih enak kalo ditambah babat mak... Minyaknya jangan kebanyakan, terus kecapnya standar aja biat kagak kemanisan ya mak. Telurnya di dadar aja, terus di iris yang tipis-tipis. Hehehehe

    ReplyDelete
  30. Kalo aku, nasi sisa aku masukin kulkas (jadi irit listrik magic jar :p). Trus besoknya dikukus deh, rasanya kayak masih baru :))))

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)