Tuesday, May 9, 2017

[TIPS IRITS] Menggunakan Rice Cooker Tetap Hemat Listrik

Yuhuu iriters, belakangan ini emak nyimak temlen socmed, ibu-ibu pada ngeluh tagihan listrik naik, mulai dari 10% kenaikannya sampai yang 100%! Jangan-jangan iriters termasuk salah satu dari ibu-ibu itu ya.
Menurut info yang emak baca, bagi pengguna daya listrik 900 watt, yang dulunya disubsidi, pelan-pelan memang ditarik subsidinya, makanya tarif listriknya terus naik beberapa bulan belakangan. Bagi pengguna listrik dengan daya di atas itu mungkin cenderung stabil ya tagihan bulanannya. Karena memang tidak disubsidi, sehingga tarifnya mengacu skema penyesuaian (adjustment tarif‎f) yang formulanya dibentuk berdasarkan tiga parameter, yakni ICP, kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah dan inflasi.

Banyak orang yang lantas pasrah dengan kenaikan tagihan listrik ini, ya gimana emang tarif listrik naik, dan kita juga sudah banyak tergantung dengan peralatan listrik untuk aktivitas sehari-hari.

Tapi apa iya, kita tidak bisa melakukan penghematan terhadap listrik? Tentu bisa dong, jika tahu tip dan triknya. Jadi jangan putus asa yah sistah!

Nah sekarang kita mulai dari satu peralatan listrik dulu ya, rice cooker.


Kayaknya jaman sekarang juarang banget ya orang yang masak manual dengan panci. Pengennya yang praktis aja menggunakan rice cooker. Terutama untuk ibu-ibu yang urusannya segambreng, mulai dari nonton infotainment di tv sampai sekrol-sekrol akun IG lambe turah, waah bisa lupa tuh kalo kompor lagi menyala, biar aman pakai rice cooker aja yes. Apalagi sekarang harga rice cooker murah, makin kuat deh alasan meninggalkan dandang hahaha.

Rice cooker pada umummnya menggunakan daya sekitar 300-500 watt. Waaw besar juga ya. Jadi gimana nih caranya menggunakan rice cooker tetap hemat listrik ?

1. Pilih rice cooker yang kapasitasnya sesuai kebutuhan. Yap karena makin besar kapasitas biasanya watt nya makin tinggi. Kalau kamu cuma keluarga kecil, dengan anak yang masih balita, istri sedang diet ketat ngga perlu lah ya rice cooker besar. Gunakan aja rice cooker yang kapasitasnya 0,6liter, cukuplah.

2. Jangan menghidupkan rice cooker 24 jam non stop. Rice cooker sekarang, fungsinya bukan hanya memasak nasi, tapi banyak yang juga berfungsi untuk membuat nasi tetap hangat. Kalau saran emak, masak nasi diperhitungkan saja, sekali masak, langsung habis untuk sekali makan sekeluarga, jadi ga perlu menghangatkan nasi segala. Mendekati jam makan selanjutnya barulah masak nasi lagi. Memang sih watt yang dibutuhkan untuk menghangatkan nasi tidak sebesar saat menanak, tapi coba dikalikan, berapa jam kita menyalakan rice cooker untuk menghangatkan, pasti jatuhnya lebih boros. Apalagi, menurut literatur yang emak baca, nasi yang terlalu lama dipanaskan, kandungan gizinya berkurang lho!

3. Menggunakan air panas saat memasak nasi. Ini dapat memopersingkat waktu masak, karena rice cooker tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mendidihkan air. Atau bisa juga dengan air biasa. Setelah diberi air berasnya, jangan langsung dinyalakan rice cookernya, diamkan dulu sekitar 30 menit. Katanya, ini bisa membuat beras mengembang secara alami sehingga menghemat waktu penanakan dengan rice cooker.

4. Sambil menanak nasi, bisa mengukus makanan lainnya, seperti telur, ubi, pisang, dll. Jadi sekali masak yang mateng banyak, hehehe.

Nah itu dia iriters cara menggunakan rice cooker tetap hemat listrik, gampang kan. Dicoba deh konsisten melakukan tips yang emak berikan dan buktikan di bulan berikutnya berapa penurunan daya listrik yang kamu gunakan. Masih banyak peralatan listrik lain yang bisa ditekan penggunaan daya listriknya, seperti kulkas, lampu, dispenser, AC, dan mesin air. Sampai jumpa di postingan tips irits selanjutnya (kalau ada) hihihi.

3 comments:

  1. Tips yang Bagus mak.. Kayaknya harus mulai masak secukupnya nihh

    ReplyDelete
  2. Hooo baru tau pake air panas ni

    ReplyDelete
  3. Gambar rice cooker nya kaya punyaku dulu, hehe

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)