Tuesday, April 18, 2017

Memilih Tempat Tinggal Yang Irit Jangka Panjang

Halo iriters, adakah yang lagi cari-cari tempat tinggal? Apa sih biasaya faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan ketika memilih tempat tinggal?

Sebagai sesama iriters garis keras, emak sudah tahu jawabannya pasti HARGA kan???



Tempat tinggal dengan harga yang murah pasti jadi dambaan banyak orang, tapi jangan lupa untuk memilih tempat tinggal yang irit jangka panjang.

Irit jangka panjang ini maksudnya bagaimana? Bukan sekedar murah, tapi juga memberikan kemudahan dan kemurahan dalam jangka panjang. Misalnya nih dari segi lokasi, strategis, dekat dengan tempat yang sekiranya sering kita kunjungi dan mempunyai fasilitas umum yang lengkap.

Beberapa develepor yang menjual rumah atau apartemen pun menyadari hal ini menjadi sebuah kebutuhan dari konsumennya. Sehingga ketika mempromokan produknya mereka pasti tida hanya menyebutkan harga, tapi menyebutkan fasilitas apa yang ada dan dekat dengan mana saja lokasinya.

Salah satu contohnya apartemen dekat Binus Alam Sutera Indopasifik yang tengah dipasarkan saat ini. Binus alias Universitas Bina Nusantara termasuk salah satu dari 11 universitas terbaik di Indonesia versi riset Quacquarelli Symonds. Tidak heran jika lokasi apartemen yang dekat dengan Binus Alam Sutera menjadi salah satu keunggulan yang dijual oleh pihak developer.

Jadi apa yang harus diperhatikan saat hendak membeli sebuah hunian baik untuk ditinggali sediri mapun buat investasi?

1. Harga, ini sudah pasti nomer satu ya. Saat akan membeli sesuatu pastinya harus disesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada.

2. Dekat dengan fasilitas umum, seperti pasar, minimarket, tempat ibadah, pemberhentian angkutan umum, dan lainnya sesuai kebutuhan. Ya bayangin aja kalo kita harus menempuh jarak berkilo-kilo meter jika harus belanja kebutuhan sehari-hari. Padahal kebutuhan kita untuk belanja dalam seminggu bisa dua atau tiga kali. Tapi justru ini malah bisa dijadikan peluang sih untuk yang mau buka warung hehe.

3. Dekat dengan sekolah. Ini bisa jadi nilai plus juga. Banyak orang yang lebih suka menyekolahkan anak di dekat tempat tinggal, terutama untuk anak tingkat sekolah dasar dan yang lebih muda dari itu. Jadi kalo ada perumahan dekat sekolahan (yang bagus) pasti bakal jadi pertimbangan tersendiri juga.

4. Dekat dengan kampus. Nah ini cocok jika kita ingin membuka kos-kosan atau menyewakan rumah. Kaya apartemen dekat Binus Alam Sutera Indopasifik yang saya sebutkan tadi, prospek investasinya kece nih! Selain dekat Bunus, juga dekat dengan mall, hotel, rumah sakit, coffe shop, dll.

5. Mempunyai fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan warga, seperti lapangan, taman, gedung serbaguna, dll. Karena selain butuh tempat tinggal, warga juga butuh tempat untuk bersosial dan berkegiatan kan di sekitar rumah.

6. Bebas banjir. Nah para pengembang juga kudu memperhatikan ini nih. Sebagus apapun rumah, dibuat setinggi apapun dari jalan, tapi kalo sekelilingya banjir, pasti juga calon pembeli pada lari. Jadi selain membangun tetap harus menganalisis dampak lingkungannya ya.

Nah itulah beberapa poin yang harus kita perhatikan jika ingin mempunyai tempat tinggal yang irit jangka panjang. Jadi jangan melihat harga semata ya!

5 comments:

  1. Wah Binus mah anak horang kayaaa yang kuliah di sana, bakal jadi pengusaha deh. Dan orang tuanya butuh tinggal dekat situ kayak apartemen ini ya

    ReplyDelete
  2. Wah sangat bermanfaat tips nyua makasih mak irit

    ReplyDelete
  3. Hunian berkelas dan dekat dengan berbagai fasilitas ya.. Yg penting bebas banjir juga :)

    ReplyDelete
  4. thanks for sharing mak,

    nambah ilmu sebelum beli rumah nih

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)