Friday, March 17, 2017

Prospek Bisnis Menjelang Ramadhan

Haee iriters adakah diantara kamu yang jadi bakul alias pedagang musiman? Dalam artian hanya berbisnis di waktu-waktu tertentu saja. Atau memang profesi bakul tapi yang dijual barangnya mengikuti apa yang sedang musim?



Banyak orang yang berdagang mengikuti tren karena beranggapan sesuatu yang mengikuti tren pasti akan lebih cepat larisnya. Hmm ya masuk akal sih. Misalnya lagi tayang dan booming film meteor garden (langsung kelihatan eranya), prosek bisnis jual yang berbau Meteor Garden pasti laris. Jualan poster, kertas surat, atau topi. Seandainya di era itu marketplace sudah ada, yakin deh, aneka kaos pria di Tokopedia pasti banyak yang bersablon mukanya Dao Ming Tse dan Shan Cai ;D

Nah kalo sekarang kira-kira prospek bisnis apa yang bagus?


Sekarang ini bisa dibilang sudah mendekati bulan Ramadhan. Hah masa? Apa udah ada iklan sirup bertaburan di TV? Haha belum sih. Iklan sirup di tipi masih dalam batas wajar. Tapi kalau kita memang mau mengincar momen ramadhan dan idul fitri untuk bisnis sebaiknya dipersiapkan dari sekarang.

Prospek bisnis apa yang menjanjikan menjelang bulan Ramadhan?

Fashion Muslim. Bagi sebagian besar orang, mengenakan baju baru saat lebaran itu penting. Ya masa ucapan selamat lebaran di socmed dari tahun ke tahun pakai baju yang sama. Makanya sekarang ini saya juga sudah mulai merencanakan beli gamis harga terbaik di online shop  >.<




Mukena. Meski mukena dipakai tiap hari oleh muslimah untuk sholat tapi banyak yang beli baru hanya saat mendekati Ramadhan atau lebaran. Entah itu buat diri sendiri ataupun hadiah untuk orang terkasih.

Kue kering. Entah kenapa rata-rata orang makan kue kering hanya pada saat lebaran. MUngkin demi pengiritan ya hahaha. Atau kalo tiap hari dimakan, ntar pas lebaran kuenya jadi terasa tidak spesial lagi. Ibu mertua saya juga bisnis kue kering. Biasanya sebulan sebelum Ramadhan beliau udah belanja bahan kue dan buka pre order. Pengennya sih biar pas Ramadhan udah bisa agak santai dan fokus ke ibadah. Nah sekarang kan masih dua bulan lagi menjelang Ramadhan, bisalah yang baru mau mulai bisnis ini cari-cari resep dulu atau bikin list siapa aja temen-temen yang mau ditodong untuk beli, huahahaha.



Parcel. Sekarang sih mungkin belum ada yang pesen-pesen parcel yaa. Tapi bagi yang yang mau bisnis parcel lebaran, belanja mulai dari sekarang bisa lo, untuk barang-barang yang tahan lama. Mulai aja bikin sample beberapa, supaya nanti di bulan Ramadhan sudah siap segala sesuatunya tinggal menunggu orderan saja.
Kurma. Pohon kurma sebenarnya bukan pohon yang berbuah musiman hanya di bulan Ramadhan saja lho. Tapi biasanya memang banyak orang yang baru menyediakan kurma di rumah pada saat Ramadhan. Supermarket maupun minimarket kebanyakan pun baru menjual kurma mendekati bulan Ramadhan, kecuali toko yang menjual oleh-oleh haji atau umroh yaa.
Nah itulah iriters beberapa prospek bisnis di bulan Ramadhan. Apa kamu termasuk yang mengambil peluang bisnis di bulan Ramadhan ini. Atau mau menambahkan ide bisnis yang cucok dijalankan menjelang Ramadhan?

12 comments:

  1. Es buah, kolak, makanan2 takjil boleh jugaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kalo ini sih mulai jualannya pas bulan puasa uyaa, tapi mulai sekarang siapin aja resep dan mulai coba2 bikin biar mantep pas mulai jualan :)

      Delete
  2. Baju muslim anak. Kdg orang gedhe ngalah dan mentingin si anak lbh dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, udah termasuk di fashion muslim anak dan dewasa. Aku sekarang ga beli lagi baju lebaran buat anak karena biasanya yang beli neneknya hihihi.

      Delete
  3. Kalau jual lauk matang pas ramadhan (sore hari) apa masih bagus y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus juga kayaknya terutama di lokasi kos-kosan hehe

      Delete
  4. Nambahin mbak, perabotan rumah tangga, kyk toples2 dan gorden rumah, biasa kan pada emak2 juga pada ganti gorden hihi..
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya yaa, ada yang tia tahun ganti. Kalo aku nunggu perabotnya bosok tenan, ga terselamatkan baru ganti hihihi

      Delete
  5. Waaahh udah mau deket sama lebaran ya makirit, nyicip kue lebarannya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbalik laah, Mak Irits yang nyicip kuenya Manda hihihi

      Delete
  6. Jual menu buka puasa jg prospek n sangat membantu emak2 gagap dapur kaya aku hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya yaaa, ayo yang jualan makanan buka puasa, udah ada calon konsumen nih hihihi

      Delete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)