Friday, December 30, 2016

Menjelang Tahun Baru, Kalau di Mall ada Midnight Sale, di Online Shop ada Harbolnas

Yuhuu iriters, sebentar lagi kita memasuki tahun 2017 yesss. Apa sih yang identik dengan tahun baru? Kembang api? Petasan? Terompet? Eng… kalo itu sih emak kagak demen.

Kalo midnight sale Mak? Ada diskon sampai 70% loh….

Huaaaa… *mata berkaca-kaca* *antara bahagia banyak diskon tapi syedih tanggal tua* >.<





Iyesss, di tahun baru juga identik dengan yang namanya midnight sale. Biasanya mall pada cuci gudang tuh, buka sampe tengah malem kasih diskon yang bikin hati para emak berbunga-bunga, dan hati si bapak puyeng mikirin bunga kartu kredit kalo ngga sanggup bayar :D :D

Waktu penyelenggaraan midnight sale ini juga beragam sih, ada yang di pertengahan bulan desember, ada yang di tanggal duapuluhan, ada juga yang di malam tahun baru!

Waduuh malem tahun baru? Emak paling menghindari tuh keluar rumah di malem tahun baru. Selain suasana jalan yang krodit, tarif parkir pasti jadi naik *oh ternyata karena pelit* Emak mah lebih suka di rumah aja bermuhasabah dan merancang resolusi irits tahun depan *uhuks*

Lagipula, yang ada dalam bayangan emak, yang namanya midnight sale, ntah itu menjelang tahun baru, lebaran, atau perayaan lainnya, pasti rameee. Desek-desekkan, rebutan, jambak-jambakan *lebay* udah gitu ngantre di kasir pasti luamaa. Pas sampe giliran emak di kasir, eh toko udah tutup ngga melayani pembeli lagi, huaaaa….


Ada yang sama kah kaya emak, suka diskon tapi ngga suka keramaian?

Tenang, menjelang tahun baru ini, kalau di mall ada midnight sale, di online shop ada harbolnas alias hari belanja online nasional. Konsepnya sama sih kaya midnight sale, pagelaran diskon besar-besaran gitu, tapi kalo harbolnas khusus untuk online shop.

Harbolnas merupakan event tahunan yang sebenarnya jatuh pada 12 Desember. Akan tetapi, di banyak toko online memberikan berbagai promo ngga cuma sehari itu aja. Ada yang selama dua hari, seminggu bahkan, ada yang sampai akhir bulan Desember ini.




Tapi aman ngga sih belanja online pada saat harbolnas? Beneran gitu diskonnya? Ngga tipu-tipu?

Nah sini deh emak bisikin tipsnya supaya kamu lebih aman dan nyaman saat belanja di Harbolnas.


  • Sebelum datangnya harbolnas, yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan daftar belanjaan yang sesuai kebutuhan. Ingat ya, kebutuhan bukan hanya sebatas keinginan dan nafsu belaka. List aja kebutuhan dalam sebulan atau dua bulan yang memungkinkan untuk dibelanjakan secara online. Kenapa ngga kebutuhan setahun? Duh keburu bosok, ntar barangnya malah rusak nganggur. Nanti bukannya untung, malah buntung. Selain itu cek juga, adakah yang berulang tahun atau menikah dalam waktu dekat supaya kadonya bisa kamu belikan seklaian pada saat Harbolnas.
  • Ceki-ceki harga barang yang kamu incer sebelum datangnya harbolnas dan catat, supaya nanti di saat harbolnas kamu tidak tergiur dengan diskon palsu.
  • Cek review barang sebelum membeli. Biasanya kalau online shop besar sih pasti ada semacam fitur rating, ulasan, atau review untuk pembeli. Nah itu bisa jadi patokan apakah barangnya rekomended atau tidak, sellernya terpercaya dan cepat tanggap atau ngga.
  • Kalau kamu belanja di marketplace yang penjualnya banyak, saat menemukan barang idaman di satu toko, cek keseuruhan barang yang ada di toko itu. SIapa tahu barang kebutuhanmu yang lain juga tersedia di sana. Jadi belanjanya ngga usah mencar-mencar di banyak penjual, lebih irit ongkir kan.
  • Sesuaikan belanjaan dengan budget yang ada. Sekalipun kamu pakai kartu kredit yang baru dibayar bulan depan tagihannya, kamu harus bisa memprediksi, bahwa saat jatuh tempo kamu ada dana untuk membayar tagihannya. Kalo kena bunga kartu kredit malah jadi boros dong.

Nah itu dia tips dari emak untuk kamu yang mau belanja di Harbolnas. Selamat belanja, jangan kalap, dan tetep irits :D

15 comments:

  1. dan di rumah ada emak2 kekep dompet.
    Ya liburan lah, ya barang diskonan lah. Aduuuh menggoda semua.

    Siap praktekin tips-nya, biar ketularan irit

    ReplyDelete
  2. Wiih..tips nya kece badai.. Ikut nyatet ya Mak.. :)

    ReplyDelete
  3. Tipsnya mantep mba, ga kerasa ya sudah mau harbonas lagi aja, baru kemarin. Tapi sepertinya ga ikutan harbolnas neh hehehe.

    ReplyDelete
  4. Sama mak, aku pun paling males keluar kalau tahun baru.. dapet macet doank.

    Aku gak kepikiran lho buat nyatet harga barang yg diincer dulu, liat diskon gede langsung ngiler aja bawaannya, ternyata diskonnya tipu-tipu, hehehe.

    ReplyDelete
  5. Akhir tahun, tanggal tua, cek dompet, wow.... masih banyak, ayo buruan borong (mak irit pasti mikir, nggak mungkin borong). Kalau bisa udah diskon 70%, beli satu bonus dua setengah hhh

    ReplyDelete
  6. Iyaaa mak. Harbolnas emang penyelamat untuk kita kita yang ogah perang di mall. Tapi mak, dua kali harbolnas aku cuma masukin barang ke keranjang tapi gak dibawa kepada kasir. Hahaha

    ReplyDelete
  7. Hahahaha..saya kalap pas Harbolnas, Mak...gaswaaat

    ReplyDelete
  8. Sampai sekarang di marketplace yang warnanya orange itu masih ada nuansa harbolnasnya loh, kak. :D

    ReplyDelete
  9. Aku pecinta Harbolnas..beberapa kali dapat barang yang diinginkan muraah :D

    ReplyDelete
  10. harbolnas tahun kemarin aku ngga kalaaf hahahah.. bukan apa2 soalnya duitnya ga ada XD mo kalap gimana kalau ngga ada duitnya XD

    ReplyDelete
  11. mak Irits pas harbolnas belanja apa, nih? ^_^

    ReplyDelete
  12. Naah..ini nih mbak.Saya biasa ceki ceki barang dulu sebelum harbolnas.Soalnya kadang harganya dinaikin duluan. Tapi sempat juga sih dapat barang murce beneran.Jadi borong borong juga pernah.

    ReplyDelete
  13. Walah klo midnight sale ini males begadangnya. Apalagi beda waktu 2 jam barat ke Timur. Tp diskonnya emang bikin emak2 kyk saya rela bobok larut malam wkwk

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)