Sunday, July 17, 2016

Ternyata Service Kulkas Dapat Menghemat Listrik

[TIPS IRITS]

Halo iriters, di rumah punya kulkas?

Kayaknya jaman sekarang, bagi kebanyakan orang kulkas merupakan salah satu benda yang wajib ada di rumah.

Saya pernah ngerasain ngga punya kulkas. Tiap hari harus belanja ke pasar, ngga bisa sembarangan nimbun-nimbun bahan makanan. Harus tahu mana bahan yang tahan lama, mana yang ngga. Tiap hari saya memang mengusahakan untuk selalu masak, biasalahhh demi pengiritaaan.

Ngga tahan lama-lama ngga punya kulkas. Akhirnya beli juga. Konsekuensinya tentu saja, tagihan listrik bertambah. Ini sudah pasti dan tidak bisa dihindari, tapi masih bisa loh dikendalikan.

Penggunaan kulkas yang salah memang dapat menyebabkan biaya listrik membengkak. Sebaliknya, penggunaan kulkas yang benar ternyata dapat menghemat biaya listrik. Lalu, bagaimana caranya? Ini dia beberapa saran yang saya dapat agar tenaga listrik yang digunakan kulkas bisa seminimal mungkin.

Pastikan Pintu Kulkas Tertutup 

Pintu kulkas yang tidak tertutup rapat akan menguras energi listrik di rumah dan membuat tagihan listrik menjadi lebih mahal. Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat tanpa celah untuk menghindari pembengkakan biaya listrik di rumah. Yang agak sulit nih kalo punya anak kecil di rumah. Hobinya buka-tutup pintu kulkas tiap lima menit. Dulu jaman saya maish kecil, kulkasnya ibu itu ada kuncinya (bawaan dari kulkas). Tapi jaman sekarang saya ngga pernah lagi nemu kulkas model begitu. Tapi masih bisa disiasati nih dengan kunci pengaman (untuk kulkas, maupun lemari lainnya) yang banyak dijual di toko.

Tetapkan Suhu Kulkas Sesuai Kebutuhan

Suhu kulkas yang terlalu dingin dapat menyebabkan mesin kulkas bekerja lebih ekstra yang dapat membuat biaya listrik di rumah menjadi mahal. Mulai detik ini, aturlah temperatur kulkas sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

shutterstock_336272726.jpg


Isi Kulkas Secukupnya

Hindari mengisi kulkas secara berlebihan, kulkas yang kelebihan muatan akan membuat mesin kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan serta minuman. Pastikan masih terdapat celah dalam kulkas untuk sirkulasi hawa dingin yang diproduksi oleh kulkas. 

Jauhkan Kulkas dari Benda Panas

Jangan memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas. Jauhkan kulkas jauh dari sumber panas, seperti kompor. Berikan jarak sedikitnya 5-7 cm dari dinding supaya udara dapat bersirkulasi. Benda panas dapat meningkatkan kinerja mesin kulkas dan mengakibatkan kulkas menyerap lebih banyak energi listrik dan membuat tagihan listrik membengkak. 

Lakukan Perawatan Rutin

Kulkas dari berbagai merk, seperti kulkas Sharp, Panasonic, LG, Samsung, maupun Toshiba akan awet jika kita rutin merawatnya. Selain dapat membuat kulkas bersih, melakukan perawatan rutin juga ternyata dapat menghemat pengeluaran.

Hayooo kulkas di rumah sudah dipakai berapa lama? Selalu dibersihkan dan dilakukan perawatan rutin kan? Kalau saya sih secara berkala selalu membongkar isi kulkas. Membuang barang-barang yang sudah tidak layak konsumsi. Mungkin busuk karena sudah terlalu lama di dalam kulkas, atau memang sudah kadaluarsa. Saya juga menata kembali isi kulkas biar rapi dan sirkulasi udara dalam kulkas menjadi lancar.

Kalau dirasa ada yang tidak beres dengan kulkas, mungkin kulkasnya terasa tidak sedingin dulu lagi, dan lain sebagainya, sebaiknya segera dilakukan service. Jangan langsung dibuang ya kulkasnya hehe.

Capture kulkas dashboard.JPG

Ngga perlu bingung menghubungi siapa. Sekarang ada Sejasa.com. Service marketplace yang akan membantu kita mendapatkan penyedia jasa terpercaya. Kalau butuh service kulkas, cukup buka Sejasa.com, terus tulis layanan apa yang dibutuhkan plus lokasinya di mana. Setelah itu, isi form request dengan detail dan jelaskan kebutuhan kita. Dalam hitungan jam, kita akan mendapatkan respon dan estimasi harga dari beberapa penyedia jasa. Tinggal pilih deh.

Supaya ngga salah pilih, kita bisa baca dulu review yang diberikan para customer. Atau lihat hasil pekerjaan di halaman bussiness profile. Asyik dan praktis kan!

Selamat mencoba ya iriters, mudah-mudahan bisa lebih menekan pengeluaran bulanan. Dan nantikan tips irits lainnya di blog ini.

13 comments:

  1. Ada anak kecil, kulkas buka tutup, Mak

    ReplyDelete
  2. Aku pernah juga tu pintu lemari es kebuka dikit ga nyadar kan trs ditinggal lah seharian kerja. Alhamdhulilah ga rusak cm listriknya yg lumayan bengkak

    ReplyDelete
  3. Hihii... Pas bgt nih kulkas ku lagi perlu di service. Tfs ya, Mak

    ReplyDelete
  4. Hahahas, jadi nostalgia ama konci kulkas, dlu gitu biar2x anak2x nya gak embatin isi kulkas.

    Iyah bener bgt, nyokap ampe skg kulkasnya awet bisa tahunan tp masih kayak baru beli, selain rajin di cuci, dia jg rajin lap XD.

    Kalo yg males kek gw yh kudu pake jasa :>

    Buleipotan.com

    ReplyDelete
  5. semaunay sudah yang belum perawatan rutin itu ya, suka malas

    ReplyDelete
  6. Wah. Makasih tipsnya mak. Berguna sekali :)

    ReplyDelete
  7. Wkwkwk bener ya :D waktu kecil aku sukaa banget dulu buka tutup kulkas ._. apalagi mangap-mangapin mulut di depan frezeer :' wkwkw masa ituuuu wkwkw

    ReplyDelete
  8. Allhamdulillah aku punya kulkas juga awet2

    ReplyDelete
  9. salam kenal mak irits, waduh gak kepikir ya beberapa perlakuan ke kulkas bisa menyebabkan tagihan listrik cukup besar, biasanya di kulkas isinya penuh semua dimasukin juga suka masukin makanan panas biar cepat dingin semisal pudding hehehe

    ReplyDelete
  10. kulkasku nii sehari bisa dibuka tutup ampe ratusan kali ama boyz. padahal ga ada yg diambil. numpang ngedem kali *halah*

    ReplyDelete
  11. wuih boleh juga tipsnya mak.. wah ad ya sejasa.com, bantu banget ini pastiii

    ReplyDelete
  12. Oh gitu, makasih mak irits, u r my inspiration hihihi

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)