Sunday, September 27, 2015

Tips Mengurangi Pengeluaran

Mak IritsTips mengurangi pengeluaran, siapa yang mau? Cepek duluuu. Cepek tambah nol lima di belakangnya ya hihihi.

Sebelumnya terimakasih dulu doong buat iriters yang udah ikutan gerakan #AntiMubazir, berkat kalian, emak jadi punya bahan untuk kasih tips mengurangi pengeluaran.

Iriters, pernah ngga dihadapkan pada kenyataan pahit, dimana harga barang pada naik namun pemasukan tetap atau bahkan menurun?

Supaya tidak terjadi besar pasak dariada tiang alias lebih besar pengeluaran dari pemasukan ada dua pilihannya, menambah pemasukan atau mengurangi pengeluaran.

Tentu saja banyak orang yang lebih memilih fokus menambah penghasilan. Yamasa cuma mau ngurangin pengeluaran doang terus pasrah aja sama penghasilan yang sekarang. Tapi yang namanya usaha menambah penghasilan kan ngga sakdek-saknyek, alias instan sukses. Jadi sekalipun kita memilih untuk berusaha menambah penghasilan, hal yang perlu juga kita lakukan adalah mengurangi pengeluaran.


Cara yang paling umum dilakukan biasanya menghilangkan pos-pos pengeluaran yang kurang penting, seperti makan di luar. Kalo tetep mau makan di luar, bawa aja makanan dari rumah terus dimakan di luar, hehehe.

Tapi gimana nih dengan orang yang makan di luar ngga pernah, beli baju baru paling setahun sekali, makannya udah tahu tempe, mau menghemat gimana lagi cobak? *berasa ngomongin diri sendiri.

Tadinya emak sempet desperate, kayaknya orang-orang macam emak ini udah ngga bisa deh menekan pengeluaran, kecuali mau ngga makan sama sekali, aliran listrik diputus aja sekalian, trus tiap hari tayamum. Hihihi lebay...

Tapi begitu baca gerakan #AntiMubazir dari iriters emak jadi punya banyak ide ngirits. Hal-hal sepele sebenarnya, yang paling kalau dilakukan yaa hanya bisa menghemat berapa ribu rupiah tapi kalau konsisten dilakukan setiap saat yang ribuan itu bisa jadi jutaan loh.

  1. Membuat draft tulisan di kertas, jd pas nyalain PC langsung fokus nulis. Hemat listrik
  2. Habis kenaikan kelas, lembaran buku tulis ada yg kosong. Kumpulin dan satuin aja jadi satu buku.
  3. Nasi sisa diolah jadi nasi goreng, krupuk gendar, atau dikasih ke ayam. Kalo ngga punya ayam, kasih ayam tetangga tapi suruh bayar XD
  4. Ada sisa sayur dipanci, kalo dingetin boros gas. SImpen kulkas, kalo mau makan anget baru diangetin.
  5. Tempe goreng sisa pagi masih, disimpen, besok dipotong kecil2 dibikin orek. Menu baru dari bahan lama.
  6. Beli daging seons, direbus, kuahnya buat sop, dagingnya buata campuran nasi goreng dan omelet. Masakan jadi enak tapi tetep ngirits kan.
  7. Kalau jarang aktivitas di luar rumah, gunakan 1 jaringan inet untuk sluruh keluarga. Misal, wifi. Beli perdana yang masa aktifnya setahun, ada tuh :p
  8. Makan ayam di warteg, tulangnya dibungkus buat kucing di rumah. Sayang kucing, sayang duit hihiii.
  9. Mengumpulkan karet gelang bekas, kalo udah bnayak jual ke mbol pecel.
  10. Kalau nyetrika sarung+sprei dilipet, ditumpuk pake alas, jadi hemat waktu,listrik & semprotan
  11. Cuci baju bilasn akhir pake pewangi, selesai airnya ga dibuang, dipake ngepel. Jadi sama-sama wangi
  12. Air sabun dari Mesin cuci bisa ditampung unt ngerendam kain pel yang kotor supaya minyak2 hilang.
Gimana iriters ternyata banyak cara menuju hemat ya. Yuk coba diprakttekkin!

twitter&IG: @emakirits

18 comments:

  1. Aku tukang ngasih makan ayam tetangga tiap pagi, maaakk xD
    Tipsnya kece. Izin beberapa ku contek yaa, mak! ^^

    ReplyDelete
  2. Wah..12 tips ini diterapkan...ngalamat disayang suami ma mertua Mak... :-D

    ReplyDelete
  3. salam kenal mbak Rahmi...
    tips tersebut baru nomor tiga yang biasa saya lakukan yang lain menyusul kali ya... :)

    ReplyDelete
  4. untuk no 12 kayalnya saya gak bisa pake tipnya. Karena mesin cuci di rumah otomatis ngelock ketika bekerja. Baru kebuka lagi setelah semua cucian kering. Dan, air sabun udah menghilang. Tapi, kalau cuci pakai tangan bisa, tuh. Biasanya dalam 1 ember rendaman, jangan langsung dibuang. :D

    ReplyDelete
  5. terimakasih ilmunya mbak boleh di terapkan juga nih tipsnya :D

    ReplyDelete
  6. nah ini dia nih..nyonteeek maak.. makasiiii :D

    ReplyDelete
  7. saya pernah Maaaak, pake sisa pewangi cucian buat ngepeeel, wangi juga lantainya

    ReplyDelete
  8. Aku suka banget kerupuk gendar. Meski katanya berformalin, gitu. :D

    ReplyDelete
  9. untung di rumah ada ayam, jadi nasi bekasnya bisa di kasih ke ayam

    ReplyDelete
  10. "Cuci baju bilasn akhir pake pewangi, selesai airnya ga dibuang, dipake ngepel. Jadi sama-sama wangi" ---> Wah iya juga ya.. Tapi bersih kan mak jadinya..

    ReplyDelete
  11. Aku mau kerupuk gendar yang udah jadinya aja. Boleh, ga, mak? hihihi :D

    ReplyDelete
  12. aih.... ga pernah ngumpulin karet gelang...buat jual lagi...ha2, mending dikasi aj ke mpok pecel... dia laris kita dapet pahala.... bisa nabung buat akhirat...he2

    kalo ngasih kucing ma ayam tetangga sering..... tapi ga minta bayar...hahahahahahah...

    ReplyDelete
  13. Maak, kalo aku tempe ato tahu ngga kemakan dijadiin sambel tempe/tahu tgl nambahin cabe, bawang putih, plus garem, endeuss ngga pake ngolah pake minyak plus gas lagi. Trus makan daging setaun sekali kalo pas lebaran haji, haha, aslinya mah ngga bs ngolah daging...

    ReplyDelete
  14. lebih sering ngangetin makanan, gak ada kulkas di kosan..hehe tapi kulkas juga butuh listrik kan,Mak jadi gak hemat listrik dong :D

    ReplyDelete
  15. aku karet gelang kadang buat iket rambut :v

    ReplyDelete
  16. Karet gelang bisa diganti sama sepiring pecel ...gak keluar duit makan plus bisa makan diluar hehe

    ReplyDelete
  17. Semua tips di atas bener2 bikin irit 1000% :D

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)