Sunday, September 13, 2015

Tips Menawar Harga Barang

Tips menawar harga barang di pasar, ada yang mau tahu???

*nawarin tips atau nawarin tahu sih maaak???*

Tawar-menawar sepertinya sudah menjadi hal yang wajib dilakukan bagi sebagian besar orang saat berbelanja. Terutama bagi perempuan, terutama lagi perempuan yang sudah berumah tangga alias emak-emak.

Bahkan sekalipun udah tahu barangnya ngga bisa ditawar tetep aja nawar biar afdhol katanya hehehe.

Bahagia itu sederhana barang yang mau dibeli bisa ditawar Rp 500,- saja bagaikan dapat intan permata dari timbunan lumpur panas *perumpamaan macam apa inih???*

Meskipun kesannya sepele, menawar harga barang tinggal menyebut nominal harga lebih rendah aja kan ke penjual? Tapi kenyataannya tidak semua orang bisa melakukannya loh.

Oh jadi kamu yang belum tahu gimana caranya menawar harga barang? Baiklah emak akan beri tipsnya. Ini yang emak praktekkan jaman dulu waktu sering bolak-balik menyambangi pasar kulakan barang untuk dijual lagi.


tips menawar barang ala mak irits
di komik versicetak ada tips tawar barang juga loh, udah beli beluuum?


Harus tahu apa yang mau dibeli. Ketika masuk pasar kita harus sudah punya tujuan mau membeli apa. Meskipun pada kenyataannya ntar kalo di pasar liat barang unyu-unyu atau yang potensial buat dijual, disaut juga.

Survey Harga. Sebelum masuk pasar yang harga barangnya bisa ditawar, ada baiknya kita ke toko yang menjual barang serupa dengan harga pas. Supaya efektif dan efisien cari toko yang berada di dekat pasar. Atau bisa juga browsing di toko online. Lihat kisaran harga benda-benda yang kita inginkan berapa. Itu jadi patokan kalo belanja nanti harganya harus lebih murah dari toko tersebut.

Membaca doa sebelum belanja. Kalau dalam Islam ada loh doa sebelum masuk pasar. Pernah lihat dulu di buku kumpulan do'a-do'a. Tapi berhubung ngga apal emak doa pake bahasa Indonsia aja. Baca bsmillah, terus minta supaya mendapat barang yang bagus, yang murah, dimudahkan dalam menawar, dan ngga keblondrok harga. Setelah itu masuk pasar rasanya lebih pede loh. Benneer, cobain deh!

Lihat-lihat dulu. Paling ngga dalam sepuluh menit pertama. Kita bisa lihat-lihat dulu, tanya harganya tanpa menawar, nanti lihat lagi di los berikutnya. Supaya kita bisa mempejari situasi dan menguasai suasana di pasar.

Tanya harga pasnya. Kalo emak sih biasanya ngga langsung nawar dnegan menyebtkan nominal di bawah harga, tapi tanya dulu harga benernya berapa nih, ntar habis itu ditawar lagi :p

Temukan alasan untuk mendapatkan harga lebih murah. Misalnya mau beli banyak jadi minta harga bakul. Biasanya pasar mau kasih harga lebih murah untuk pembelian barang yang sama minimal tiga, ada juga yang minimal dua. Kalo udah dikasih lebih murah, ntar bisa ditawar lagi.

Menawar dengan pede. Iyup kita harus terlihat profesional, jangan tampak ada keragu-raguan dalam kalimat penawaran kita.

Kalo ngga boleh ditawar tinggal aja. Meskipun kita amat sangat naksir dengan barang ittu. Harapannya sih si penjual bakalan manggil kita dan bilang "Iya deh bu, boleh". Tapi kalo ngga manggil ya berarti harganya udah pas segitu, kalo naksir berta ya ntar bisa balik lagi. Ngga perlu malu hehe.

Kalo sudah beli, jangan lihat barang serupa di tempat lain. Ya paling ngga dalam jangka waktu sebulan lah. Njagani kalo ternyata di tempat lain harganya lebih murah padahal bukan lagi promo dan tanpa tawar-menawar. Sakit bo... sakiiit...

Iriters ada yang mau nambahin tips menawar harga barang? Boleh loh :)

twitter: @emakirits
IG       : @emakirits

16 comments:

  1. Tipsnya bikin senyum tapi emang betul seh

    ReplyDelete
  2. bisa dicoba nih mak tipsnya, kalo mau belanja :D

    ReplyDelete
  3. aheyyy.. saya paling gak bisa nawar... jadi daripada salah nawar dan sakit ati mending belanja di tempat yang harganya pasti aja.. hahahahaha... atau ajak suwami kalo belanja, dia nawarnya sadis banget sampe kasian ama yang jualan :P

    ReplyDelete
  4. hi saya paling ga bisa nawar juga nih..

    ReplyDelete
  5. hhehehe....saya banget nih mak,kalo nggak boleh nawar tinggal aja hehehe

    ReplyDelete
  6. Yg terakhir itu mak... bikin ndongkoooll.... seumur hidup ga sembuh.. haha
    Paling buat menghibur diri ya, biasanya bilang "rejeki si fulan dapat untung banyak hari ini. Mgkn lagi butuh uang." Xixi

    ReplyDelete
  7. kalo aku, slalu bawa ajudan utk bantuin nawar hahahaha...dlm hal ini suami.. dia sadis kalo nawar.. :D.. smntara aku suka ga tegaan..apalagi kalo penjualnya tua dan kasihan ;p Pokoknya tiap traveling, pasti slalu ada org yg aku ajak utk bntu nawar mba ;p..jd aku cm ksh duit aja kalo udh ok hrgnya :D

    ReplyDelete
  8. Mak... aku nulis komen dalam bentuk tulisan di blogpost ya... heheheh

    ReplyDelete
  9. Ngakak deh baca tips yang terakhir :D

    ReplyDelete
  10. aku biasanya bis tanya harga, ga cocok, tinggal...uwuu sadizz ya mak hehehehhe

    ReplyDelete
  11. bisa aja nih tipsnya
    kalo soal tawar menawar emak emang jagonya :D

    ReplyDelete
  12. Ibuku sering juga nawar kalau beli apa2 di pasar. Sering pula ninggalin dulu yg udah ditawar, dg harapan dipanggil ulang saat langkah kaki baru beberapa jengkal. :D

    ReplyDelete
  13. keren nih tipsnya, yang sering di pake emak-emak kalau nawar sih kalau gak dapet harga pas ya ditinggal pergi :D

    ReplyDelete
  14. Muehehe... Aku jg gitu triknya, tinggalin, ngwrep dipanggil wkwkwk

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)