Tuesday, August 19, 2014

Tips Irit Belanja Online

Beberapa hari lalu teman kuliah menginbox saya di Facebook. Dia mau beli komik Mak Irits lagi (sebelumnya dia udah beli dua, makasih supportnya teman, terharuu :")). Dia tanya berapa ongkirnya ke Trenggalek. Karena stok komik Mak Irits di rumah habis saya suruh dia cari di Gramedia aja.

Ternyata eh ternyata Gramedia belum masuk ke Trenggalek. Ya udah beli online aja kata saya. Dapet diskon malah dan bisa lebih murah daripada beli langsung di saya. Kalo di saya harganya Rp.25.000, beli online bisa dapet sekitar 23rb-an, tapi ngga dapet tanda tangan... *songong*

Ngecek ongkirnya, eh kok mahal amat DUA PULUH RIBU. Yah hampir sama dengan harga komiknya doong.

Kalo udah gitu jadi mikir dua, tiga, empat kali dong ya untuk belanja online. Mau ngirit karena iming-iming diskon, kok malah ngorot karena ongkirnya lebih banyak ketimbang potongan harganya. Tapi ada cara sih untuk mensiasati supaya belanja online tetap irit.

  1. Belanja barengan. Khusus untuk barang-barang yang yang beratnya ringan. Soalnya itungan jasa pengiriman kan biasanya perkilo, kalo kita beli barang beratnya cuma seons ya tetep dihitung sekilo. Coba kalo belinya ber-sepuluh. Total berat kan pas sekilo tuh. Dua puluh ribu dibagi sepuluh orang jadi cuma Rp.2000,- kan.
  2. List kebutuhan lainnya, belanja sekalian di online shop tesebut (kalo ada). Tapi dengan catatan harganya lebih murah atau paling tidak sama lah dengan di pasaran.
  3. Cari online shop yang menyediakan banyak pilihan jasa pengiriman. Kita bisa cek satu persatu jasa pengiriman yang murah. Berdasarkan pengamatan saya ada jasa pengiriman yang memang murah untuk mengirim barang ke kota besar tapi ke daerah bisa mahal banget. Ada juga yang memukul rata kota besar maupun kecil. Ada yang menghitung ongkir perkilo ada juga yang pergram. Silakan dipilih mana yang paling murah tapi bisa dipercaya.
Selamat berbelanja online. Saat ini saya membuka kembali order komik Mak Irits, tapi hanya untuk 20 (dua puluh) pemesan pertama saja. Silakan cek caranya di sini.

"Siap dikirim ke alamat om dan tante sekalian," kata Hana

@EmakIrits

8 comments:

  1. Lumayn jrg belanja online tp sejak di siak mulai sering hehe

    ReplyDelete
  2. Belanja online bareng temen-temen seruangan pernah beberapa kali saya lakukan, ngirit ongkir!!

    ReplyDelete
  3. Ikikikik, kenapa saya malah fokus ke dedek kecil? :D

    ReplyDelete
  4. jarang belanja online mak,,tapi bermanfaat juga ya,,siapa tau ntar akunya suka yg online

    ReplyDelete
  5. Aku juga malesnya belanja online itu adalah ongkirnya. Apalagi kalau sudah >10 ribu
    Mending sempetin ke tokonya deh

    Btw, nice info mak irit

    ReplyDelete
  6. Kalau saya lebih pilih asas barengan kalau sdg tidak

    Thifa ngantuk, ya? :D

    ReplyDelete
  7. kalau mau yg harga diskon tapi dapat tanda tangan bisa gak ya :)

    ReplyDelete
  8. Kalau saya masih belum berani, belanja online masih takut ketipu,,,

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)