Friday, October 13, 2017

Belanja Online Peralatan Elektronik, Perhatikan 3 Hal Ini

Belanja Online Peralatan Elektronik, Perhatikan 3 Hal Ini. Hai iriters, adakah yang gemar belanja online?

Berdasarkan survey ala emak, belanja online merupakan aktivitas yang tentu sudah tak asing di kalangan masyarakat kelas ekonomi menengah ke atas, pada range usia 20-40th.

Banyak yang menganggap belanja online lebih efisien dalam segala hal, lebih irit biaya, waktu dan tenaga.

Dengan belanja online, kita tidak perlu ongkos transportasi menuju tempat belanja. Tidak perlu kena macet di jalan demi menuju lokasi, tidak tergoda mampir-mampir ke resto yang ada di dekat lokasi belanja.



Tapi kan belanja online tetep membutuhkan ongkos kirim mak. Iya sih tapi coba deh kalkulasi antara ongkos kirim sama biaya transport dan lain-lainnya kalau kita belanja langsung di tokonya lebih besar mana. Kalo masih lebih mahalan ongkir yaudah lebih baik belanja langsung aja di toko sih, hehehe.


Belanja makanan, fashion, accecories di online shop atau marketplace seperti mataharimall.com mungkin sudah biasa iriters lakukan. Bagaimana dengan belanja peralatan elektronik seperti televisi, kipas angin, blender, atau gadget? Banyak yang ragu ketika hendak berbelanja peralatan elektronik secara online. Kelemahan belanja  online peralatan elektronik ini, tidak bisa dicoba terlebih dahulu. Sementara jika kita datang langsung ke toko, barang elektronik yang hendak dibeli akan dicoba terlebih dahulu di hadapan kita, bisa nyala apa ngganya. Kita bisa bener-bener memastikan barang yang kita beli dalam keadaan baik karena melihat dan memegang langsung barang tersebut. Lalu bagaimana jika peralatan elektronik yang kita beli secara online ada masalah? Kemana harus mengklaim garansinya? Hal ini yang kebanyakan meresahkan para calon pembeli.



Sebenarnya iriters tidak perlu takut belanja online peralatan elektronik, asalkan memperhatikan 3 hal ini

1. Garansi produk. Iriters harus tahu garansinya toko atau garansi resmi. Jangan asal pilih barang lebih murah aja. Garansi toko memang lebih murah daripada garansi resmi tapi kalau ada apa-apa dengan barang klaimnya lebih mudah barang dengan garansi resmi. Kalo garansi toko tentu akan repot jika tokonya jauh dari tempat domisili kita. Jika garansi resmi, cek juga di kota tempat tinggal kita apakah ada tempat untuk mengklaim garansi jika suatu saat ada masalah.

2. Beli di toko online yang terpercaya. Kalo yang ini sih belanja apapun udah jadi syarat wajib. Beli peralatan elektronik apalagi, karena harga lebih mahal kan jadi harus bener-bener memperhatikan poin ini. Beberapa waktu lalu emak menerima curhat dari salah satu iriters, yang katanya ditipu oleh salah satu seller online, padahal barang yang dibeli harganya jutaan. Jangan lupa cek reputasi penjual dan ulasan produk dari pembeli lain saat hendak membeli barang.

3. Pilih metode pembayaran cash on delivery. Jika memungkinkan pilih metode pembayaran cash on delivery, jadi kita membayar saat barang datang melalui kurir dan saat telah memastikan barang yang kita terima dalam kondisi baik. Namun jika tidakpun pastikan kita punya perjanjian dengan pihak seller jika saat awal pemakaian sudah ada kerusakan, entah itu cacat fisik (entah itu pecah, ada yang penyok, dll) atau kerusakan mesin, pihak seller mau bertanggung jawab.

Kalau sudah memperhatikan 3 hal tadi, Insya Alloh belanja online peralatan elektronik tetap aman dan nyaman. Mungkin ada iriters yang mau menambahkan tipsnya, atau ada yang mau cerita seputar pengalaman belanja online peralatan elektronik? Bisa ditulis di kolom komen lho :)

6 comments:

  1. Syukurlah semua tips yang dikasih sudah saya terapkan sedari dulu. Jadi makin aman belanja online~ :D

    ReplyDelete
  2. Aku sering belanja barang elektronik online. Yg paling aku lihat tokonya. Pilih yg terpercaya. Alhamdulillah belom pernah mengecewakan.

    ReplyDelete
  3. Okesip. Mantap deh tipsnya. Menguatkan situasi mager yang tetap pingin belanja online hihihi..

    ReplyDelete
  4. Aku juga belum pernah belanja online alat elektronik. Etapi kemarin sempat pengen beli blender di satu olshop, tapi belum jadi

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah belanja online elektronik. Mulai cari tokol terpercaya aah

    ReplyDelete
  6. Pernah beli elektronik online dan offline. Masing2 ada plus minus dewe

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)