Thursday, May 18, 2017

5 Alasan Mengapa Berinvestasi di Manulife Syariah Sukuk Indonesia

Haloo iriters,

Beberapa waktu sempet viral kan ajakan menabung uang dua puluh ribuan. Jadi pokoknya tiap punya uang dua puluh ribuan ntah itu kembalian dari minimarket, dapet dari arisan, harus dimasukkin dalam sebuah botol air mineral. Beberapa orang mengaku berhasil menerapkan tip menabung semacam itu. Suatu hari butuh duit, ketika dibongkar celengan air mineralnya, lumayan terkumpul banyak uang dari uang dua puluhan ribuan.

pict dari Vindy Harfrida
Bagaimana dengan emak? Emak juga pernah kok menerapkan hal yang serupa, meski nominalnya ngga sama. Tapi... belum sempet terkumpul banyak udah main bongkar celengan ajah.

Makanya emak ngerasa kurang cocok dengan cara nabung kaya gini, selama keliatan ada uang di depan mata. Atau tahu bahwa ada uang yang bisa dengan mudah diambil ketika butuh, meskipun ngga penting-penting amat, ya sikaat hehehe.

Kebetulan banget nih tanggal 13 Mei kemarin emak datang ke Keuangan Syariah Fair (KSF) di Paragon Mall Semarang. Di sana ada pameran berbagai macam lembaga keuangan syariah, mulai dari perbankan, kredit, sampai investasi syariah.

Yang paling menarik perhatian emak saat itu adalah Manulife, yang memperkenalkan produk investasi syariah baru yaitu Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI). Sebelumnya emak juga sudah berinvestasi di Reksadana Manulife Syariah Sektorial Amanah(MSSA). Tapi jadi pengen tahu yang sukuk ini seperti apa, karena beberapa kerabat juga ada yang invest di sukuk.

konsultasi tentang MSSI

Baca juga: Persiapan Pensiun

Pada acara KSF kemarin Manulife mengadakan talkshow singkat mengenai MSSI. Manulife Syariah mengedukasi masyarakat tentang prinsip insyaf  irit invest amanah.

Talkshow Manulife Syariah Sukuk Indonesia di acara KSF Paragon Mall

Perbedaan mendasar antara MSSA dan MSSI ini adalah jenis investasinya. Kalau MSSA merupakan reksa dana saham dengan pengelolaan berbasis prinsip-prinsip Syariah. Sementara MSSI merupakan investasi pasar modal dengan karakteristik mirip deposito syariah. Akan tetapi, MSSI punya keunggulan dibanding deposito syariah yaitu dapat dicairkan kapan saja dan potensi imbal hasil 2% di atas rata-rata bagi hasil deposito syariah*. Dengan alokasi terbesar pada sukuk/surat berharga negara syariah/surat berharga komersial syariah.

MSSI cocok untuk investasi jangka pendek, misal biaya sekolah anak, dana haji atau traveling. Sementara MSSA lebih cocok untuk investasi jangka panjang seperti tabungan pensiun.

Setelah mendengar penjelasan tentang MSSI, emak pun memutuskan untuk mencoba berinvestasi di sini. Kenapa? Berikut 5 alasan mengapa berinvestasi di Manulife Syariah Sukuk Indonesia.

  • Terjangkau. Berinvestasi di Manulife Syariah Sukuk Indonesia, pembelian pertama cukup dengan minimal Rp.10.000. Begitupun dengan pembelian minimal selanjutnya. Ini jauh lebih terjangkau dari investasi MSSA yang pembeliannya minimal Rp.100.000. Ringan banget kan, 10 ribu dibeliin bakso semangkuk aja kurang, ini udah bisa buat investasi loh! Jadi cocok banget buat investor pemula.
Investasi dengan 10ribu. Gambar: liputan6.com

  • Bebas biaya. Tidak ada potongan semacam pajak, administrasi dll di MSSI. Hanya saja jika kita mencairkan dana dalam waktu 1 tahun atau kurang ada sedikit biaya yaitu 1,25%. Bandingkan dengan tabungan biasa. Yang bagi hasil seringkali tidak sebanding dengan pajak ataupun administrasi bulanan, terutama untuk saldo tabungan yang kecil. Bukannya bertambah uang kita malah berkurang. Untuk pertambahan nilai investasi MSSI sendiri bergantung pada harga unit yang berlaku. Misal kita investasi Rp.10.000,-. Pada saat harga unit Rp.1000,-. Berarti unit yang kita dapatkan 10. Nah besok kalo harga unitnya naik jadi Rp.1100 misalnya, maka nilai investasi kita akan naik menjadi Rp.11.000,-
  • Berprinsip syariah, Insya Alloh. MSSI ini dikelola oleh Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS) dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah. Insya Alloh lebih tenang ya berinvestasi di sini.
  • Terpercaya. Ya banyak lembaga keuangan yang menawarkan investasi serupa, tetapi kita harus pandai memilih, jangan sampai terjebak dalam investasi bodong. Harus lihat siapa yang ada di balik investasi, track record nya seperti apa. Untuk seluruh rangkaian produk Reksa Dana Manulife sudah dikelola oleh tim pengelola investasi yang secara rata-rata memiliki pengalaman selama 12 tahun. Per Desember 2016, PT.Manulife Asset Manajemen Indonesia (MAMI) mengelola dana masyarakat sejumlah Rp51,5 triliun. Atas prestasinya, berbagai penghargaan telah diterima oleh MAMI, baik dari dalam negeri maupun yang berskala internasional, antara lain Best Fund House 2015 dari Asia Asset Management. Selain itu, MAMI juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Insya Alloh terpercaya.
  • Mudah bertransaksi dengan KlikMAMI. klikMAMI merupakan situs transaksi online Reksa Dana Manulife yang bisa diakses darimanapun dan kapanpun kita inginkan. Dari memulai berinvestasi, melakukan berbagi transaksi seperti pembelian, pengalihan dan pencairan, memonitor portofolio investasi sampai memperbarui data, dapat Anda lakukan di klikMAMI.
Bisa cek harga unit di sini. Perhatikan dari 17 ke 18 Mei ada kenaikan harga unit MSSI


Nah itu dia 5 alasan mengapa berinvestasi di Manulife Syariah Sukuk Indonesia. Bagaimana? Tertarik untuk investasi juga? Bisa langsung datang ke kantor Manulife yang ada di kotamu, untuk info lebih lanjut atau hubungi CS Manulife melalui chat di website KlikMAMI.

9 comments:

  1. Wah bisa mulai dari 10rb ya, btw itu nabung 20rban di bekas botol aqua boleh juga mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba viit ringan banget kan, ngga kerasa lah ya cuma nyisihin 10ribu doang

      Delete
  2. Wah, Manulife pun sudah membuka kesempatan investasi syariah yaaa.
    Makin banyak pilihan baik untuk mulai terapkan berbagai macam transaksi keuangan sehat berbasis syariah deh ni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekarang investasi syariah udah jadi kebutuhan

      Delete
  3. Aku tertarik Makkk, boleh ya dari 10rb enaknyaa. Aku belum pernah coba yang botolan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ada nomor marketingnya nyii kalo mau

      Delete
  4. Wah, perlu nih.. Biar nggak kejerat riba :)

    ReplyDelete
  5. Asik ya Manulife sekarang udah ada yang syariah :)

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)