Saturday, April 8, 2017

[TIPS IRITS] Cara Menghemat Gas

Iriters: "Mak, gimana nih caranya menghemat pengeluaran? Harga-harga semakin naik. Kalo kaya gini caranya gimana saya bisa nabung buat nonton MotoGP di Argentina besok?"
Emak: Pertama, jauh amat nonton MotoGP di Argentina. Nyimak aja Highlights MotoGP 2017 Sindonews.
Iriters: Gimana mau nyimak highlights MotoGP 2017 Sindonews Mak, paket data aja saya ngga punya. GUBRAK!!!
Emak: Kalo gitu, sini emak kasih tips, cara menghemat gas.
Iriters: Lho apa hubungannya MotoGP sama gas maaak?
Emak: Lha iya dengan menghemat gas, kamu bisa menghemat pengeluaran dan menabung, ya kali aja nanti taun 2050 kamu bisa nonton MotoGP secara langsung ye kaaan.

*****

Sebenarnya sih emak kasih tips hemat gas ini karena banyak yang suka terheran-heran kenapa emak make gas irits banget, 3kg habisnya 3minggu. Padahal emak ngerasa pemakaian segitu masih kurang irits loh!



Mungkin banyak yang tanya kok emak pakainya gas 3kg? Yaelah namanya juga Mak Irits. Kalo Mak tajir yang pakai baru protes hahaha.

Okey emak kasih tahu dulu penggunaan gas elpiji emak buat apa saja ya.

Dalam seminggu emak biasanya masak selama lima hari. Karena weekend emak sering pulang ke rumah mertua, cari makan gratis haha. Yang dimasak di dapur emak biasanya nasi (emak ngga pakai rice cooker), lauk (tempe, ayam, udang, dll). kadang plus sayur, sambal, dan kerupuk. Sesekali ya pakai blender buat ngejus, masak air buat teh, bakar roti di atas teflon, dan bikin makanan kaya puding, bolu, dll.

Lalu apa yang emak lakukan untuk menghemat pemakaian gas?

1. Masak seperlunya
Yes, emak biasa masak berusaha dipaskan dengan jumlah anggota keluarga. Masak untuk pagi sekalian lauk siang. Jadi kalo cuma berempat gini ya goreng ayam buat lauk siang itu dua atau tiga. Lho orangnya empat kok lauknya tiga? Iya soalnya biasnaya saya makan bertiga sama anak-anak, lauknya dua aja udah cukup kok. Selain menghemat gas, menghindari mubadzir juga.

2. Menggunakan kompor yang baik. Kompor yang bikin masakan cepet matang itu ada lho. Yang baik itu, kompor yang apinya merata, satu lingkaran, jadi kalau masak matengnya bisa bareng. Ngga yang di sebelah kiri mateng duluan, sebelah kanan belum. Kalo manggang kue harus gesar-geser loyang karena ada yang lebih cepat matang, ada yang lama, rempong! Nah supaya kondisi kompor juga selalu baik meski sudah dipakai lama, jangan lupa bersihkan kompor secara berkala supaya tidak ada kotoran yang menyumbat pengeluaran api.

3. Menggunakan alat masak penghantar panas yang baik. Yang saya tahu yang paling bagus dalam menghantarkan panas adalah bahan stainless steel. Dan katanya bahan ini juga paling baik dan sehat untuk memasak. Ini pernah didemoin sama sales yang jualan tu alat masak dan emak tergiur membeli huhuhu. Emang bagus sih, masak apa-apa cepet tapi harganya booo! udah dicicil 10kali kok tetep aja berat rasanya ngeluarin duit tiap bulannya hahaha.



4. Tutup panci saat memasak. Supaya tidak ada panas yang terbuang jadi waktu masak bisa lebih singkat.

5. Cabut regulator kalau sekiranya dalam jangka waktu lama tidak akan memasak. Misalnya saat malam hari setelah makan malam. Ini tip yang saya dapat dari mas-mas penjual regulator dan slang gas. Katanya saat regulator terpasang meski kita tidak sedang menghidupkan kompor tetap ada gas yang keluar. Kecuali kalau pakai regulator yang dia jual, huehehe. Kemarin dia tunjukkin bedanya regulator saya sama regulator dia. Bagaimana gas tetep keluar meski kompor dimatikan kalo pakai regulator saya dan gas yang bener-bener ngga keluar saat pakai regulator dia. Tapi saya lupa detailnya, karena masnya ngomongnya panjang banget kaya kuliah dua SKS. Saya ngga beli regulatornya sih, cuma beli selangnya karena lebih murah dan selang saya udah 8 tahun ngga ganti. Tapi barangkali tip nya ada benarnya juga. Selain untuk menghemat gas, membuka regulator fungsinya juga demi kemanan. Karena gas sifatnya mudah meledak, bukan hanya jika bersinggungan langsung dengan api, tapi juga dengan listrik (stok kontak). Takutnya kita lagi asik-asik di kamar nyimak Highlights Motogp 2017 Sindonews ga nyadar ada gas bocor. Naudzubillahimindzalik.

6. Jangan letakkan gas langsung menempel dengan ubin. Gunakan tatakan kayu atau plastik beroda yang banyak dijual di pasaran. Kalo ngga mau beli ya bisa diakali lah dengan nunggu lungsuran bikin sendiri. Ini juga tip dari si mas sales. Karena katanya ubin itu kan dingin, tabung juga dingin, sementara kita masak membutuhkan panas. Nah kalo dari dingin banget mau dipanasin pasti butuh waktu yang lebih lama kan. Selain itu kalau langsung ditaruh di lantai gas bisa mengkristal, kalo di goyang bunyinya kaya ada pasir di dalamnya. Nah itu kan ngga bisa dipakai yang sudah mengkristal itu.

Nah itu sih cara menghemat gas yang biasa emak lakuin. Tapi tetep loh emak merasa 3 minggu itu sama sekali ngga irit. Ngga bsia 3 bulan gitu habisnya?

Bisa maak, makan aja di warteg!!!




Ditulis oleh Rahmi Aziza

15 comments:

  1. Bahahah, ide bagus makan di warteg punya bapak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Tian bapaknya suruh uka warteg dulu :D

      Delete
  2. Iya ya, kalo nyopot slang regulaor memang bisa hemat. Tapi copat copot slang saban malam yo rempong, ribet. Belum tentu pas masang pas kayak semula. Kan susah2 gampang ya Mak irits. Lha masang gas aja susah2 gampang, sering nggak pas. Yg ngeses, yg bau dll. Btw untuk pergi lama dan nggak make kompor memang harus dilepas kali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa paling ga kalo pergi yang nginep dicopot aja atau beli regulator dari mas sales hihihi

      Delete
  3. Enam poin itu perlu diperhatikan bagi para ibu, biar hemat gas. Masak seperlunya, pakai alat yang penghantar panas baik. Dan kompor dirawat/dibersihkan. Nah poin terakhir itu sangat perlu, jangan lupa tabung gas diberi alas, biar ubin tidak kena karat juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sepele sebenarnya yaa cara2nya tapi kadang suka ngga telaten aja sihh

      Delete
  4. Emak tau banget cara ngirit gas yang ciamik. Ga kaya td sore goreng nugget apinya kegedean dtinggal bentar gosong deh. Ga jadi ngirit huwaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kui ngorotnya dobel, wis boros gas, nuggetnya ga ada yang mau makan hihihi

      Delete
  5. saya tabung 3 kg bisa sebulan maak.. irit banget kan? iya, irit gas tapi dompet tipis. hla cuma masak nasi sama aer doang, sayur lauk beli. doh... #pelanggaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah walah, baru ajaaku mau minta tips iritsnya, ternyataaaa

      Delete
  6. Baru keingetan, kudu cepet mbeliin ibu wadah buat njagongnya si tabung ijo.

    TFS Maksay...
    Hidup iriters..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo ndang ditukokke Bunsal, opo perlu tak carikan? #makelar

      Delete
  7. makasih Mak tipsnya. kalo kami hanya dilasin kain aja neh, okesip nanti saya ganti dengan kayu. tapi kalo tiap hari musti copot-pasang regulator ya capek he3 bilang aja males.

    ReplyDelete
  8. Thanks ia udah mau berbagi Ilmu lagi ...
    sekarang Harga Gas Lpg 3 Kg an udah naik juga, heee jadi harus berhemat ..

    ReplyDelete
  9. Tipsnya oke jugaaa hehehe.. penting nih untuk diinget2 kalau udah sampai di tanah air nanti

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)