Yuhuu, udah lama ngga curhat di blog Mak Irits inih ye! Kebanyakan nulis sponsored post sih di sini, (ini antara sombong dan pengakuan dosa, hahaha)

Kali ini mau cerita tentang peristiwa gagal irits beberapa waktu lalu.

Jadi ceritanya saya mau ada acara di Jogja nih, maka berburulah saya hotel yang murah, bagus, fasilitas lengkap, dan di tengah kota. Alhamdulillah dapet, hotel budget di Jogja rate di bawah 300ribu, minimalis sih, tapi keliatannya bagus, dan ada kolam renangnya, posisi dekat taman pintar. Bagus menurut review dan gambar yang saya lihat di situs booking online yaa. Aslinya ya belum tahu, ntar baca aja deh reviewnya setelah saya menginap di sana.

Habis booking online, saya buru-buru bayar dong, karena batas waktunya hanya sekitr dua jam, kalo ngga dibayar ya dianggep cancel. Acara maish lama sih, dua mingguan lagi, tapi takut aja malah keburu dicup orang gagal dapet kamar murah.

Entah ada bisikan dari mana, tiba-tba saya pengen ngecek halaman promo yang ada di situs booking tersebut sesaat setelah transfer. Beberapa hari sebelumnya udah pernah cek ngga ada yang menarik, jadi sebelum booking saya ngga cek ulang.


Lha kok ternyata pas saya cek, ada diskon 10% untuk menginap di hotel manapun, tanpa minimum pembayaran, dan paling terakhir promonya ya pas hari itu. Caranya gamang tinggal masukin kode promo pas sesi pembayaran.

Duh serasa ada kilat menyambar-nyambar yang meluluhlantakkan hatiku deh. Padahal mayan kan ya kalo pakai kode itu bisa menghemat sekitar Rp.28.000, atau kalo dikonversikan dengan makanan ya bisa jadi dua mangkuk bakso lah, bisa buat makan berempat, *irit amat maaak!

Sempet kepikir untuk ngajuin refund, ntar booking ulang, tapi... ntar ndadak mampir atm lagi transfer. Ah transfer aja kan gampang.. begitu bisikkan dalam hati. Saya pikir lagi. Iya saya ga gitu repot sih ya, transfer tinggal mampir, refund juga tinggal klak-klik aja, gampang. Tapi pasti bikin ribet juga petugasnya sono. Data pemesanan udah mausk, harus dicancel, harus balikkin lagi dana ke customer. Dengan pertimbangan itu saya ga jadi refund dan booking ulang. Iya saya ngga mau kalo cuma untung di saya, tapi ngeselin atau ngerepotin orang lain.

Pelajarannya secara global, sebelum membeli sesuatu, jika kamu memang iriters garis keras, cek harga di toko lain dulu, cek juga segala informasi promo. Selain promo di tempat kita berbelanja, cek juga promo jika menggunakan alat pembayaran tertentu. Biasa ada tuh kan ya, promo diskon sekian persen menggunakan kartu debit Bank blablabla, kalo belanja di ol shop bla-bla-bla. Dan kalo udah belanja, ngga perlu lihat-lihat lagi halaman promo dan cek harga barang yang sama di toko sebelah,. Itu!

Sekian curhat ngga penting hari ini. an saatnya kembali ke kasur, turuuuu!!!

18 Comments

  1. sama kayak waktu beli tiket online via apps KAI. ada diskon channel tapi ternyata tetep kena biaya kenyamanan (bisa milih kursi), yg mana bikin jadi lebih mahal dikit. tapi daripada harus ke stasiun mending pesen lgsg aja di apps. :D

    ReplyDelete
  2. Hahaha aku takut diskon...takut terjebak. Tapi mudah tergoda. Piye

    ReplyDelete
  3. betuoool, cek setiap harga di segala tempat dengan baik. jangan sampe malah ada yg lebih murah hehehe

    ReplyDelete
  4. sama nih mbak, suka buru2 kalo order2 online gitu, harus pinter2 lihat promo
    kadang kalo udah pengen banget langsung order, eh gak taunya ada yg jual lebih murah, kan nyesek

    ReplyDelete
  5. Ini kejadian di saya... Kemarin belanja online. Trus tadi pagi ketemu akun di mana tempat saya belanja itu belinya di sana. Harganya jadi lebih murah sekitar 20-30 ribu. Saya jadi kepikiran dan uring2an sendiri. Hahaha... Maklum iriters..

    ReplyDelete
  6. He he aku pernah kyk gni jg mba,,nyesek dikit sih emang,,tp ya mo gmana lg,,udah kedarung, repot kalo mau cancel2,,

    ReplyDelete
  7. Cek ke flipit juga maaak
    Biasa dpt kupon diskom macem2

    ReplyDelete
  8. kejadian sama deh, udah klik beli di satu olshop, baru nyari di tempat lain
    ternyata lebih murah,
    haduuuh pedih hatiku

    ReplyDelete
  9. Mungkin itu tekhnik penjualan dari webnya kali Mbak, biar booking lagi ^_^

    ReplyDelete
  10. Baiklah, aku jadi ngerti cara booking hotel, Mak. Kudu muterin satu satu tiket online di internet, abis itu mutusin mana yang kupilih eeaaaa.

    Makasih sharingnya ya Mak Irit

    ReplyDelete
  11. sekarang online sama offline udah sama aja. gak pinter jaga dompet, ya jebol. haha

    ReplyDelete
  12. Aduhh.. ini bukan curhat gak penting kok.. ini curhatan kebanyakan emak-emak yang akan merasa gagal jika saja.. ah sudahlah *nyesek *I feel you :D

    ReplyDelete
  13. haha.. keren bahasanya iriters. saya juga termasuk mba. haha

    salam kenal, sesama iriters jangan saling mengganggu

    ReplyDelete
  14. wah baru tahu mak irits juga ada webnya ya, selama ini baca di webtoon aja hihi

    ReplyDelete
  15. Wahahaha.. Mau untung malah buntung dah mak

    ReplyDelete
  16. gagal irits, alias susah nabungs

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)