Wednesday, September 14, 2016

Refund Tiket Pesawat dan Hotel, Bisakah?

Halo iriters, yaampuun lama aja emak ngga update blog ini. Irit listrik jadi jarang buka laptop *bahasa alusnya males hihi.

Tema kali ini jalan-jalan irits. Sebenarnya udah pernah dibahas di epsode lalu. ((EPISODE)) :D :D

Salah satu tips jalan-jalan irits adalah rencanakan jauh-jauh hari agar bisa berburu tiket pesawat atau kereta api, atau apa ajalah yang sedang promo. Kalaupun ngga dapet tiket promo ya setidakya kita ngga kehabisan tiket kan, apalagi kalau pas musim liburan. Apa mau berenang melintasi pulau?

Ini juga saya lalukan saat beribur ke Belitung beberapa waktu lalu. Tiket pesawat saya beli tiga bulan sebelum keberangkatan.


Awalnya sih saya khawatir, gimana kalau tiba-tiba pas hari H saya ada suatu halangan, sehingga tidak bisa atau tidak jadi berangkat. Gimana nasib tiket saya? Hangus? Rugi dooong.

Saya yakin ini juga yang menjadi pemikiran orang ketika harus membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Tiketnya bisa direfund ngga?

Waktu itu saya membeli tiket via Traveloka, karena ada tawaran diskon jika menggunakan aplikasinya. *emak-emak korban diskon >.< Selain itu harga di Traveloka, itu udah harga final, misal dikasih harga 200ribu, yaudah segitu yang harus dibayar, ga ada tambahan pajak dll. Saya sering kecele soalnya, liat harga murah, langsung pesan begitu mau bayar, lho kok harganya beda sama yang awal tadi ya, e ternyata harga awal itu belum termasuk pajak, dll.

Pesan tiket pesawat n hotel di traveloka


Dan untungnya lagi di Traveloka itu bisa refund tiket pesawat maupun hotel. Saya sempet googling juga ada ngga nih pengalaman orang refund tiket di Traveloka dan saya menemukannya di blog primahapsari.com cerita tentang pengalamannya refund tiket pesawat Jogja-Bali di Traveloka, mudah dan cepat katanya. Legaaa… 

Jadi kalau kamu udah pesan tiket pesawat dan booking hotel jauh-jauh hari, e tetiba ada perubahan rencana dan ingin me-refund, begini caranya ya..

  1. Pertama kamu liat dulu kebijakan hotel dan kebijakan maskapai yang ada di halaman ini. Jadi kalau kamu parno, ntar misalnya ada satu dan lain hal harus mengubah jadwal, pilihlah tiket pesawat/hotel yang memang bisa direfund.
  2. Kalau sudah memesan tiket yang memang bisa direfund, dan kamu mau merefund, caranya login dulu di traveloka, klik menu pesanan saya dan tinggal ikuti petunjuk selanjutanya.
  3. Kalau misalnya masih bingung kamu bisa chat sama customer service dari Traveloka. Saya sendiri pernah booking tiket pesawat untuk balita dibantu customer service Traveloka. Pernah juga langsung mention di twitter @traveloka sewaktu ada kendala saat pemesanan, dan langsung dijawab sampai clear permasalahannya. Oya customer service Traveloka juga bisa dihubungi melalui email cs@traveloka.com atau call center 24 jam 0804-1500-308 (untuk Indonesia).


Jadi iriters ga perlu kuatir, booking hotel atau tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Proses refund di Traveloka ternyata mudah dan cepat kok ;)

8 comments:

  1. Iya, aku kalo booking lama sebelumnya takut ntar gak jadi berangkat. Rugi donk ya, eh tapi kalo traveloka bisa refund gini enak ya

    ReplyDelete
  2. Ehm...ternyata utk liburan yg berkualitas memang hrs banyak yg diperhatikan ya Mak Irit. Baca ini saya jadi tahu ntar misal mau pesan tiket ora bedundukan gitu lho piya piye

    ReplyDelete
  3. Sangat menarik mb tulisannya nt beli tiket lewat traveloka aja deh

    ReplyDelete
  4. Lega kalau bisa direfund. eman-eman lah ya, dana yang sudah disiapkan buat traveling jadi hangus kalau ga bisa direfund.

    Aku belum pernah naik pesawat :P
    tapi adik iparku selalu beli tiket di traveloka. hehe

    ReplyDelete
  5. kejadian deh mak, aku nggak bisa refund tiket ...
    makanya kalau pergi sekeluarga, lebih suka pesan dekat hari keberangkatan
    nyesek banget kalau tiket ber4 nggak bisa direfund..
    kalau model spt traveloka begini bakal nggak ragu lagi deh pesan tiket lebih awal

    ReplyDelete
  6. So far aku ga bermasalah sama Traveloka. Harganya udah nett dan jelas ada policy soal refund dan segala macemnya.

    ReplyDelete
  7. pengalaman saya dari tiket.com untuk hotel tidak bisa di refund, jadi harus benar-benar memastikan kalau salah booking atau batal ya uang kita hangus:(

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)