Friday, June 10, 2016

Tetap Hemat di Bulan Ramadhan

Halo iriters, gimana kabar di puasa hari ke-7 ini? Masih tetep semangat kannn?

Gimana kabar dompet? Masih tetep tebal? Rekening? Nolnya masih banyak? Asal jangan nol semua ya hahaha.

Bulan puasa, kalo biasanya jadwal makan utama tiga kali sehari, pagi, siang, dan malam, sekarang dua kali saja, yaitu saat sahur dan berbuka. Apakah jadi lebih irits?

Loh kok banyak yang jawab nggak ya?

Bulan puasa bukannya ngirits tapi malah ngorot, kenapa?

Mungkin yang pertama karena harga bahan kebutuhan pokok yang mendadak naik saat bulan puasa. Harga itu kan mengikuti permintaan ya, begitu permintaan naik, harga ikut naik. Di bulan puasa banyak hidangan yang mendadak hukumnya menjadi wajib dihidangkan. Misalnya kolak pisang. Kalo biasanya jarang makan pisang, bulan puasa jadi rajin belanja pisang. Atau es buah, yang biasanya jarang banget mengonsumsi, sekarang paling ngga dua hari sekali selang-seling sama kolak. Jadi meski makan cuma dua kali karena harganya lebih mahal ya pengeluaran tetep aja sama, bahkan mungkin lebih.
Yang kedua, masih banyak yang suka berebih-lebihan saat sahur dan berbuka. Saat sahur, karena takut kelaparan pas puasa, makan sebanyak-banyakya saat bebuka pun demikian. Menjelang jam buka pusa, beli gorengan, es buah, kolak, nasi padang, begitu buka puasa makan sedikit udah kenyang, duh mubadzir deh.



Padahal kita masih harus menyimpan dana untuk mudik, ngasih angpau ke anak-anak kecil, memberi bingkisan ke kerabat, dan jangan luoa zakat bagi yang telah memenuhi nisab ya.

Nah supaya tetap hemat di bulan Ramadhan? Yang pertama hindari sikap berlebih-lebihan ya iriters. 

Dalam AL-Qur'an Alloh berfirman, 
Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (Q.S Al-An'am:6)
Jadi selain berlebihan akan membuat  uang menjadi cepet habis, ternyata itu sifat yang ngga disukai Alloh kan.

DAn yang kedua belanja di Pak Rahmat. Eh siapa tuh Pak Rahmt ada toko kelontong baru yah?

Bukaaan, Pak Rahmat yang saya maksud adalah Paket Ramadhan Hemat Alfamartku. Mulai tanggal 1-30 Juni kita bisa tebus murah aneka produk yang harganya puluhan produk jadi seharga Rp.500,- saja.

Eh... tapi tinggu dulu.. pasti ada syarat dan ketentuan berlaku kan...


Iya ada, tapi gampang kok cukup dengan membeli produk sponsor senilai Rp.75.000,- kita bisa membeli sirup marjan 500 ml atau richeese wafer kaleng 350gr. Dan masih banyak lagi pilihan produk yang bisa ditebus murah seharga Rp.500,-

Produk sponsrnya barang-barang kebutuhan yang pasti sering kita pakai dan pilihannya buanyaaak. Ada susu, kopi, kecap, sabun, dan maaasih banyak lagiii.

Jadi buruan kamu beli produk sponsornya Pak Rahmat, ntar saya yang tebus murah Rp.500nya. Asik kan kita bagi tugas, #IndahnyaBerbagi.

Indah di elu kagak indah di gueee *kata iriters  >.<

11 comments:

  1. hahahaha..baca endingnya,ngakak deh

    ReplyDelete
  2. Memamg persis apa yang saya rasakan. Untuk urusan berbuka puasa saja kadang saya "tergoda" untuk membeli penganan berbuka puasa. Tadinya cuma mau beli kue kue aja, eh liat es kelapa muda jadi ikut beli juga. Padahal awalnya tidak. Maksudnya untuk buka sederhana, malah jadi buka yang istimewa. Seekali sih buka dengan kue lengkap asyik, tapi secara ekonomis kalau dijumlah dalam seminggu atau sebulan waaaa membengkak juga Hhahahaha. Bener benerr. Bukannya ngirit malah Ngorotsss

    ReplyDelete
  3. Waaa...nol ku tinggal dikit...salah managemen diawal bulan kemarin. Sepakat aku mbak klo promo2 gini..ayo berangkat ke Alfamart! :-)

    ReplyDelete
  4. Hhaaaaa, betul banget mak.
    Puasa gini pengeluaran membengkak. Ya buat beli cendol, gorengan, kurma, buah, hahaaa

    ReplyDelete
  5. Salahnya tuyul dalam diri kita yg kalo buka bawaannya semua pengen dimakan jadilah dompet serasa bocor ya mak hahhaa...

    ReplyDelete
  6. Puasa kan intinya menahan diri, Alhamdulillah saya merasa dan harus lebih hemat karena enggak makan siang dan nahan nafsu belanja hehe

    ReplyDelete
  7. Alfamart.... tunggu akyuuuuu.....

    ReplyDelete
  8. hahaa..
    mbak dari dulu nggak pernah bisa hemat aku kalo ramadhan
    malah dua kali lipatnya >.<

    ReplyDelete
  9. betul banget, Mak... bulan puasa emang cuma makan pas sahur sama buka, tapi emang lebih boros... wkwkw

    ReplyDelete
  10. emang susah sih untuk ga beli makanan n minuman dingin di bulan puasa ini tapi aku berusaha tuk irit. Tapi anak2 juga kliatan lebih irit krn jadi ga sempet jajan-jajan gitu makan nasi sama sedikit cemilan udah kenyang, ya paling es buah deh.

    ReplyDelete
  11. AKu di bulan ramadhan malah boros, gak tau kenapa, tapi sya mau coba seperti tulisan ini ah

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)