Monday, June 13, 2016

Peluang Bisnis Makanan Cepat Saji

Thifa dan Hana sukaaa banget makan sosis. Tiap liat sosis, mata mereka langsung ijo, sama kaya emaknya kalo liat duit, berbinar-binar, hahaha. Mulai dari sosis yang dijual abang-abang seharga 500an, sampe sosis mahal yang bisa dimakan kulit sosisnya karena bukan terbuat dari plastik yang kaya biasanya.

Kalo pas nyetok sosis di kulkas, hampir tiap jadwal makan nasi mereka minta sosis.

Sepertinya sih bukan Thifa dan Hana aja ya yang penggemar sosis, rata-rata anak-anak kok pada suka. Di pasar aja ada tiga kali yang jualan sosis, dan ketiga-tiganya rame semua di antriin sama anak-anak.

pic: kuliner123.com

Sebagai pengusaha kuliner wannabe, saya melihat peluang bisnis makanan cepat saji prospeknya memang cukup baik. Dari obrolan dengan beberapa rekan sesama ibu-ibu mereka suka menyetok makanan cepat saji di kulkas, dan lebih memilih produk home made.

Target market dari makanan cepat saji lumayan luas. Menurut prediksi saya yang membutuhkan produk makanan cepat saji home made adalah:
  1. Ibu rumah tangga yang sibuk, ngga punya banyak waktu untuk masak atau malas masak hehe. Dengan makanan cepat saji pasti akan terbantukan
  2. Anak kos, yang alat masaknya terbatas, dan lebih cenderung suka makanan yang praktis-praktis. Ini bisa jadi menu selingan mie instan :p
  3. Anak kecil yang entah kenapa kok doyan banget sama makanan ini. Pernah saya hadir di sebuah acara yang ada banyak anak-anak, ada yang jualan sosis bakar, itu lakunyaaa, bukan main.
Beberapa makanan cepat saji seperti bakso dan nugget sudah banyak yang menjual produk home made-nya. Tapi saya kok belum nemu yang jual sosis home made ya. Wah berarti peluangnya masih terbuka lebar nih untuk menekuni bisnis ini.

Resepnya bisa googling di internet, banyak. Untuk bahan-bahannya, bisa coba dicari di Markaindo.

PT. MARKAINDO SELARAS merupakan perusahaan swasta Indonesia yang bergerak dalam bidang pengadaan bahan baku untuk industri makanan. Bahan baku yang disuplai oleh PT. MARKAINDO SELARAS setidaknya harus memiliki 3 karakteristik, yaitu: bersifat fungsional, food grade dan halal.

Beberapa produk yang dijual Markaindo

Markaindo menjual Texturized Soy Protein yang biasa digunakan sebagai campuran untuk olahan sosis. Selain itu dijual juga kulit sosis yang terbuat dari bahan alami yaitu kulit hewan. Selain penggunaan bahan yang alami, Devro Collagen Casing juga terjamin kualitas dan kehalalannya.

Hmm, sepertinya ngga susah ya bikin sosis. Yang jual bahannya udah ada, resepnya juga tinggal googling and try. Jadi kepengen deh menekuni bisnis makanan cepat saji ini. Nanti kamu yang beli yaa iriters!

6 comments:

  1. Pas lagi pengen sosis, lhaa kok mak irits posting ttg sosis

    ReplyDelete
  2. Kulit sosis seperti apa itu ya? Belum pernah nyoba.

    ReplyDelete
  3. Aku baru kenal makarindo di sini, menariik, jd pingin coba bikin spsis sndiri hihi

    ReplyDelete
  4. Emang ada ya... sosis yg bs dimakan sak kulit2nya? Hihihi... ndeso nih.... baru denger ada yg begitu...

    ReplyDelete
  5. masukin dagingnnya itu pake apa ya? kan kecil tuh lubangnya buat bikin sosis.

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)