Sunday, June 12, 2016

Memanfaatkan Momen Piala Eropa 2016

Sejak tanggal 10 Juni kemarin, timeline Facebook dan twitter saya lumayan rame ngomongin bola. Ternyata mulai tanggal tersebut Piala Eropa 2016 telah dimulai dan akan berlangsung sampai tanggal 10 Juli 2016 nanti di Perancis.

Biar ga ketinggalan jaman, mantau berita Piala Eropa di Okezone


Saya sendiri bukan orang yang terlalu suka nonton sepakbola, tapi pernah juga nonton sesekali kalau pas ada temennya dan ternyata asyik juga. Terutama kalau kesebelasan Indonesia ikut bertanding. Sayang ya di Piala Eropa 2016, Indonesia ngga ikutan. Yaiyalah Maak, Indonesia kan Asia, bukan Eropah!

Dalam momentum Piala Eropa 2016 saya kok jadi tertarik untuk membahas tentang peluang bisnis. Kira-kira, jualan apa yang bisa laku ya saat event ini berlangsung?

Jualan Nobar alias nonton bareng
Banyak cafe atau restoran yang menjual nobar. Sebenarnya nobarnya sih gratis ya. Tapi kan dengan ngadain nobar menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta bola. Meski sebenarnya di rumah masing-masing bisa juga sih nonton, karena di beberapa stasiun TV swasta juga turut disiarkan, tapi mungkin ada sensasi tersendiri kalau nontonnya ramai-ramai. Kalau saya sendiri lebih memilih mengikuti kemeriahan Piala Eropa 2016 okezone, karena saya males begadang demi nonton bola.

Bgai mereka yang ikut nobar di cafe-cafe, pasti lah ya bakalan pesan makanan dan minuman dong di cafe penyelenggara nobar tersebut. Kecuali bagi golongan iriters garis keras ya, yang bukannya pesen makanan malah jual makanan di sana, dengan muka badak.

Etapi kalau kamu tinggal di Perancis, jangan harap bisa nobar di cafe-cafe ya, karena udah ada larangan dari otoritas setempat ngadain nobar di tempat terbuka. Jadi kalau mau nonton silakan di rumah masing-masing, atau di stadionnya langsung (tapi bayar), atau lagi di fan zone yang merupakan satu-satunya ruang publik yang diizinkan menggelar nobar dengan layar besar, dan tentunya sudah disiapkan sistem pengamanan yang ketat. Begitulah menurut yang saya baca di salah satu portal berita online.

Jualan Mercandise
Menjual merchandise Piala Eropa 2016 juga prospeknya lumayan bagus loh. Bahkan di Indonesia, yang tidak menjadi peserta pada pertandingan ini. Karena di Indonesia banyak juga fans dari club-club bola dari Eropa. Coba deh kamu bikin kaos bola, topi, syal, dll. Di beberapa toko online saya lihat sudah ada yang menjual merchandise Piala Eropa ini dan sambutannya juga lumayan baik. Aalagi kalau jualannya langsung di Perancis sono yak, di stadion tempat berlangsungnya pertandingan pasti tambah ramai, karena orang-orang yang nonton pertandingan kan bukan hanya warga setempat saja. Ada juga dari negara lain yang mungkin butuh merchandise untuk oleh-oleh atau sebagai kenang-kenangan dari event Piala Eropa 2016.

Itu sih menurut saya dua hal yang bisa dijual dalam memanfaatan momen Piala Eropa 2016. Mungkin kamu punya ide lain? Bisa dishare loh!!!

1 comment:

  1. nah yang nobar itu paling banyak, kafe2 berebut bikin nobar

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)