Saturday, May 28, 2016

[Tips] Liburan Hemat Ke Luar Kota Ala Mak Irits

Kalo ditanya tentang liburan hemat, mesti rata-rata pada bilang, ya liburan yang dekat rumah aja. Atau liburan di rumah, sewa dvd nonton rame-rame sambil makan keripik singkong yang dijual abang-abang pinggir jalan. Modal 50 ribu masih ada kembalian.

Tapi bosen juga dong di rumah terus, atau cuma keliling kota doang. Ya salah sendiri ga punya duit #dikepret.

Sebenarnya bisa aja loh liburan di luar kota tapi tetap hemat, asal kita pandai mensiasatinya. Nih, simak tips liburan hemat ke luar kota ala Mak Irits ya...



Pilih kota kunjungan.
Pilih kota kunjungan yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Misal saya tinggal di Semarang, kalau liburannya ke Papua, budgetnya pastilah gede banget kecuali kalau mau ke sana dengan cara berenang ya. Coba deh di list kota yang deket-deket dulu, mana yang belum pernah kita kunjungi dan banyak objek wisata menariknya. Mungkin Ungaran, Salatiga, Solo, atau Jogja.

Memilih waktu liburan yang tepat.
Bagi kebanyakan orang waktu liburan yang tepat pastilah pada saat tanggal merah di kalender. Tapi kalau kamu wiraswasta yang tidak terikat jam kerja, anak-anak juga belum ada yang sekolah, atau bisa memilih waktu cuti, sebaiknya berlibur ke luar kota pada hari kerja atau weekday. Biasanya tiket masuk tempat wisata maupun tiket transportasi umum lebih murah pada saat weekday.

Pilih moda transportasi yang digunakan.
Sesuaikan dengan jarak tempuh dan jumlah orang yang akan bepergian. Misal ke luar kota berdua saja, tentu lebih irit menggunakan bus daripada mobil pribadi. Nanti di kota tujuan bisa menyewa motor atau alat transportasi lainnya sesuai kebutuhan dan kondisi.

Membawa perbekalan yang cukup.
Kalau berangkat pagi dari rumah masih memungkinkan membawa bekal untuk makan siang, lebih baik bawa bekal saja, kecuali kalau memang diniatkan mau menikmati kuliner khas ya. Selain itu bawa juga cemilan untuk mengganjal perut jika lapar dan air putih, takutnya kalau di jalan menjumpai kemacetan, susah berhenti cari tempat makan.

Mencari penginapan murah tapi nyaman.
Penginapan merupakan hal yang vital saat liburan ke luar kota. Supaya liburan lebih tenang tidak terburu-buru saya sarankan untuk menginap di kota tujuan wisata, apalagi kalau objek wisata yang ingin dikunjungi lebih dari satu. Kamu bisa mencari hotel murah dan nyaman di Airy Rooms. Tersedia lebih dari 1000+ kamar Airy yang tersebar luas hampir di seluruh kota di Indonesia. Kalau kamu mencari hotel murah di Solo misalnya, kamu bisa booking Airy Banjarsari Jl.Ahmad Yani 280 Solo. Tarifnya murah banget, di bawah 200 ribu tapi fasilitasnya oke, mulai dari AC, welcome drink, tv layar datar, free wifi. Ya layaknya hotel pada umumnya lah.


Jadi, liburan ke luar kota dengan budget yang minimal bukan suatu hal yang mustahil kan iriters. Yuk, traveling irits ;)

24 comments:

  1. Bawa perbekalan takutnya macet dan juga irit tuh heheh saya banget suka bawa bekal dan air minum sendiri wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pengalaman soalnya pas macet laper ga bawa bekel, akhirnya beli makanan sembarang deh yang dijajakan orang di sekitar situ

      Delete
  2. Kalau saya, pilih liburan ke kota di mana ada sanak saudara atau teman dekat. Biar hemat sewa penginapan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku gituu, sekarang lebih suka nginep hotel. Atau kalo nginep di sodara, tetep ada waktu sehari dua hari nginep di hotel budget

      Delete
  3. Betul mbak, meskipun dana tipis tapi liburan tetap perlu ya, tinggal bagaimana caranya. Salah satunya dengan naik bus dan bawa bekal sendiri, hehe *iriters sejati nih :)

    Iya itu hotelnya sangat murah dengan fasilitas yang lengkap ya, perlu dicatat nih hotel Airy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi solo hotelnya murah bingits

      Delete
  4. setuju banget sama mak irits...,biar hemat yang penting tetap jalan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya doong meskipun irit jalan2 harus tetep dong, kebutuhan sekunder ituh eh apa primer yaa?

      Delete
  5. tipsnya oke banget nih Mak, pas buat para iriters~ ;)

    ReplyDelete
  6. Yang paling penting sih memilih waktu buat liburan nih, males banget liburan disaat yang bersamaan orang lain juga liburan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngantor di rumah enak bisa liburan kapan aja.

      Delete
  7. bawa bekel itu salah satu pengiritan, meskipun memang sama-sama beli ya, tapi rasanya lain karena kalau di tempat lain gak ngerti harganya mahal atau gak, pun kalau ke minimarket di tempat tujuan, pinginnya ngeborong apa saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kalo udah siap sebelumnya juga kan bisa belinya di tempat yang banyak diskonnya

      Delete
  8. tulisan di sini selalu menjadi referensi untuk hidup efisien bahkan ketika liburan :)

    ReplyDelete
  9. Suka dengan tips iritnya :D

    Aku mau juga coba pesan kamar di Airyroom :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cucok lah buat Mba Rien yang rajin traveling :)

      Delete
  10. oleh juga nih tipsnya dicoba :D Hotel 200 ribuan??? Murah uy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solo itu hotelnya murah2 bangettss, apalagi Airy Rooms

      Delete
  11. wow. tips yang menarik dan bisa diterapin nih. kebetulan saya juga bikin artikel yang setema.

    salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah meluncur ahhh, salam kenal juga yaa

      Delete
  12. selau aja..tips buat ngirit ya mak.... kreatif banget..

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)