Thursday, March 31, 2016

[TIPS] Menjadi Online Seller Terpercaya

Halo iriters, ada yang jualan online?

Salah satu faktor keberhasilan jual-beli online adalah KEPERCAYAAN. Kamu merasa sebagai online seller yang jujur? Bagus! Tapi belum tentu konsumen percaya kan.


Target konsumen kamu pasti dong bukan hanya orang-orang yang kenal baik denganmu. Kalau bisa sih lebih luas lagi, lintas kota, antar kota dalam propinsi, halah emang bis? Se-Indonesia, bahkan kalo perlu orang sedunia belinya sama kamu. Sedaaap.

Lalu bagaimana supaya kita bisa menjadi online seller terpecaya? Ini tipsnya.

1. Tunjukkan testimoni
Minta testimoni tertulis pada tiap pelanggan. Ini baik untuk menganalisa bagaimana pelayanan maupun kualitas produk kita. Jika ada yang kurang baik bisa kita perbaiki untuk kemudian hari. Jika testimoninya baik, kumpulkan sebagai bukti bahwa kamu memang online seller terpecaya dan recommended. Sehingga calon konsumen selanjutnya merasa yakin berbelanja di online shop milikmu.
2. Foto bukti kirim. Saya lihat banyak online shop melakukan ini. Mungkin sebagai tanda bahwa banyak orang yang sudah berbelanja di online shop miliknya. Logikanya gini deh, kalo kita mau makan di sebuah restoran. Restorannya sepi nyenyet ga ada pengunjung kita pasti ragu mau mausk kan. Takut rasa masakannya ngga enak, atau harganya mahal banget. Tapi kalo banyak yang dateng kita penasaran, kaya apa sih makanannya sehingga laku banget..

3. Fast Respon. Pembeli itu suka sama penjual yang responnya cepet. Dia tanya apa langsung cepet dijawab. Dia nawar langusung cepet diiyain sama penjual huehehehehe. Jadi inget ada online seller yang curhat, waktu ada pembeli yang udah transfer ke dia, terus karena suatu hal dia belum sempet balas chit-chat. Konsumen berulang kali nge-ping. "Kok ngga dibalas?. Transferan saya sudah masuk kan? Ini bener kan bukan penipuan?" Ampun deh dikiranya kerjaan online seller cuma ngurus customer? Mereka juga kan punya urusan lain yang barangkali lebih urgent. Mungkin anaknya rewel atau udah pukul 15.30 saatnya nonton Uttaran, #eh. Tapi sebagai online seller tetp yaa harus berusaha memenuhi keinginan customer. Diusahakan deh sebisa mungkin, fast respon!!

4. Gunakan fasilitas My COD dari MyJNE. JNE udah tau dong ya? Sebagai sista-sista yang fasih jual-beli online ter-la-lu lah bila kamu ngga tau. Iya.. bener.. JNE yang itu, yang jasa pengiriman barang. Kalo berkunjung ke websitenya untuk cek-cek ongkir atau melacak kiriman udah sampai mana pasti sering dong. Sekarang udah tersedia aplikasinya untuk android. Namanya MyJNE. Nah, My COD ini salah satu fasilitas yang ada dalam MyJNE. COD siangkatan dari Cash On Digital. Supaya jadi online seller terpercaya, kenapa harus manfaatkan fasilitas ini?

Oke, gini penjelasannya. Pernah denger dong kasus penipuan dalam jual beli online? Yang uang udah ditransfer barangnya ngga pernah nyampe lah atau barang yang datang tidak sesuai yang dibeli. Nah dengan adanya kejadian kaya gini customer pasti jadi semakin waspada dong, ga mau hal ini kejadian sama dia. Dengan menggunakan My COD dari MyJNE kita bisa dapat lebih meyakinkan konsumen.

udah dikasih bukti tetep ngga percaya -.-'

My COD ini merupakan fasilitas semacam rekening bersama. Jadi, jika menggunakan ini, uang akan tertahan di rekening bersama sampai barangnya bener-bener diterima dengan baik oleh customer. Dari sisi pembeli sangat aman dan menguntungkan, karena jika barang tidak diterima, uang tidak akan sampai ke penjual, bisa kembali lagi ke rekening pembeli. Dari sisi penjual pun demikian. KIta bisa lebih mudah meyakinkan pembeli, terutama karena My COD ini milik perusahaan kenamaan. Kalaupun ada apa-apa lebih mudah klaimnya. Beda kalau rekening perorangan ya, memungkinkan untuk kabur begitu saja.

Syaratnya untuk menggunakan layanan ini, penjual dan pembeli harus sama-sama sudah terdaftar di MyCOD. Ini step by stepnya ya:

1. Download aplikasi MyJNE di smartphone. Klik banner di bawah ini untuk download!


2. Pilih opsi MyCOD Wallet, kemudian mendaftar dengan mengisi data.
3. Kalau sudah deal transaksi jual-beli, buatlah order di MyCOD. Buka MyCOD, klik "create order" kemudian isi data-datanya, yaitu nama pembeli, nomor HP pembeli yang terdaftar di MyCOD, nama barang, harga, ongkos kirim (cek di MyJNE Tariff). Nanti kalau sudah MyCOD akan mengirimkannya ke pembeli sebagai tagihan.


4. Jika pembeli sudah transfer, penjual akan mendapat notifikasi dan harus segera mengirim barang.
5. Jika barang sudah dikirim, laporkan nomor resi ke MyJNE.
6. Setelah barang sampai, uang akan sampai ke MyCOD Wallet milik penjual dan bisa di cash out.

Pilih opsi cash out untuk menarik dana
Okee, sekian dulu, dan selamat mencoba. Moga dengan empat tip di atas, kamu bisa jadi "online seller trusted" pilihan konsumen sebagai tempat berbelanja ;)


20 comments:

  1. Testimoni yang lebih dipercaya yg kita dengar dari pelanggannya langsung. Bukan dari pelanggan yang disampaikan penjual.

    Good luck, Mak. Selalu suka komik2 Mak Irits :D

    ReplyDelete
  2. Siiip mbak... biasanya cust aku kasih reward mbak. Klo belanjanya sedikit diselipin stiker. Klo sampe purchase yang ditentukan ada mug cantik atau kaos. Heheheee

    ReplyDelete
  3. aku pake aplikasi inu cuma bwt cek ongkir hihi

    ReplyDelete
  4. Susyahnya meyakinkan mak irits hihihi

    Mau coba ah

    ReplyDelete
  5. Iyaa MyCOD emang sangat berguna bagi penjual dan juga pembeli. Sama2 diuntungkanlah

    ReplyDelete
  6. Nice tips mbak, gini nih yang bikin closing cepet :v

    ReplyDelete
  7. hihi, saya sering menerima paket yang dikirim dari JNE, peringkat kedua kiriman dikirim melalui pt pos :)

    ReplyDelete
  8. Maaakkk itu komiknya keren iihhh *salahfokus*

    Bisnis online itu adalah bisnis kepercayaan. Sekali aja kepercayaan customer tercoreng, bakal susah mengembalikan image si online shop itu.

    ReplyDelete
  9. Naah..tips keren nih buat yg punya OL.. Sukses yaaa..

    ReplyDelete
  10. xi..xi..xi.. mak irits ini perlu bukti bukan janji ya

    ReplyDelete
  11. Mak Irit gak mau ketinggalan ya pakai aplikasi MyCOD juga. Makasih ya udah ikutan

    ReplyDelete
  12. JNE Emang keren, membantu banget buat pembeli online. Btw komiknya bikin tertawa termehek mehek, asli lucu banget, apalagi headernya

    ReplyDelete
  13. Tak pikir mycod itu layanan pickup loh mak, sepertu kurir baru langgananku. Ternyata bukan ya.. tp boleh lah balik lg ke jne kapan2

    ReplyDelete
  14. saya biasanya upload testimoni dan bukti transferan beserta paketnya, tapi ternyata ada myCOD biar konsumen lebih percaya boleh dicoba nih

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)