Monday, March 14, 2016

Menghemat Biaya Listrik Ternyata Tidak Sulit

[ADVERTORIAL] [PLACEMENT ARTICLE]

Hidup di negara tropis seperti Indonesia terkadang memang tidak selalu bersahabat. Dikala musim panas datang menyengat tidak ada cara lain, kita harus menyalakan AC walaupun di malam hari. Jika tidak memiliki AC maka alternatifnya adalah menyalakan kipas angin sepanjang hari. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada tagihan listrik di akhir bulan.

Bagi masyarakat yang memiliki pendapatan yang berkecukupan, tagihan listrik bukanlah masalah yang patut dirisaukan. Tetapi bagi masyarakat biasa, Tarif Dasar Listrik yang terus meningkat sudah terasa membebani bahkan mencekik.

Foto: hello-pet.com

Oleh sebab itu, masyarakat patut cermat dan mempraktikkan cara ini ketika ingin menghemat biaya listrik :


Bagi Anda yang Sedang Membangun Rumah

Desain bangunan rumah ternyata bisa turut mempengaruhi biaya listrik yang nantinya harus dikeluarkan. Rumah dengan ventilasi dan sistem pencahayaan yang memadai tentu tidak membutuhkan banyak lampu atau pendingin ruangan di siang hari. Sehingga rumah yang sehat tersebut juga bisa membantu Anda untuk menghemat pengeluaran biaya listrik.

Produk Elektronik Teknologi Terkini Rupanya Sangat Membantu
Aneka produk elektronik keluaran terbaru biasanya dilengkapi dengan sistem teknologi hemat listrik. Daya listrik yang dibutuhkan tentu jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan produk elektronik keluaran lama. Order langsung di MatahariMall.com jika Anda ingin mendapatkan aneka produk elektronik terbaru.

MatahariMall menyiapkan aneka produk elektronik dengan detail spesifikasi yang jelas. Anda pun bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Gunakan Elektronik Sesuai dengan Kapasitasnya
Alat-alat elektronik yang bekerja terlalu keras akan menyita daya listrik dalam jumlah yang besar. Sebaiknya Anda menyesuaikan temperatur pendingin ruangan secukupnya, tidak memasukkan makanan panas ke dalam kulkas, atau mencuci terlalu banyak pakaian dengan mesin cuci. Sehingga daya listrik yang terpakai berada dalam batas jumlah yang normal.

Jangan Lupa Mematikan Sesuatu yang Tidak Perlu
Ketika pendingin ruangan, lampu, atau alat-alat yang menggunakan daya listrik sedang tidak digunakan, jangan lupa untuk segera mematikannya. Hal ini akan membuat daya listrik yang terpakai tidak terlalu banyak. Selain itu, barang-barang elektronik Anda pun semakin awet karena tidak digunakan secara terus menerus.

Bila berhasil menghemat biaya listrik, Anda pun jadi lebih leluasa mengalokasikan dananya untuk kebutuhan rumah tangga yang lain. Mari ajak seluruh anggota keluarga untuk menghemat biaya listrik.

26 comments:

  1. tips hemat listrik tambahan nih....jangan menyetrika dadakan hanya sebiji baju, klo nyetrika sekalian kebutuhan untuk baju seminggu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bajunya ditarok bawah kasur aja, ntar bisa licin sendiri hihi. Tapi ngangkat kasurnya berat, belum lagi banyak debu kali ya bawah kasur haha

      Delete
  2. Emang harus irit-iritan soal listrik ni buk, soalnya kadang kita nggak tahu kenak beban berapa pada saat bayar listrik.. Kadang besar, kadang juga besar banget..

    ReplyDelete
  3. Aku suka mubadzirin lampu dapur. . . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo segera tobat ya Idaah. Kayaknya kau masak terus ya sepanjang hari :p

      Delete
  4. kalo di lampung hal2 kayak gitu nggak ngaruh mbaa, 3 jam sekali mati lampu bayangkan, galauuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiih langsung dimatiin dari pusat yaa. Tapi tagihannya gimana, jadi hemat kan?

      Delete
  5. Wah iya, kadang suka lupa tuh matiin lampu kamar mandi hehe. Harus mulai berhemat listrik nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya kalo udah pada mandi semua, atau pas tidur malam langsung matikan

      Delete
  6. matikan lampu sih inget yg suka lupa cabut charger bandel deh hehehe . harus diingat deh mulai skr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya meski kecil wattya tapi kalo dibiarin lama ya jadi banyak mbaa

      Delete
  7. idenya bagus patut ditiru, tapi terkadang hak kecil seperti charge malas bngt min untuk dimatikan

    ReplyDelete
  8. Sya mengganti lampunya jadi LED semu agar lebih irit dan harganya terjangkau utk yg 3 Watt setara 25 watt

    ReplyDelete
  9. aku berhasil banget memangkas biaya listrik selalu bayar dibawah 100rb hahhaa...ini aku terlalu irit apa gmn ya mak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap nih mbak Handriati, bisa di bawah seratus ribu gitu
      Kwh nya berapa mbak?
      aku pake yang 900 A, rata-rata 200/ bulan :3

      Delete
  10. Terimakasih tipsnya bermanfaat banget mbak. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    ReplyDelete
  11. Wuaaah, makasih tipsnya, Mbak. Bisa dipraktikkan ini. Secara listrik rumahku jarang banget irit tagihannya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba dicek lagi lampu yang bisa dimatikan yang mana.

      Delete
  12. Great idea dan setuju banget sma pengaruh design rumah terhadap penghematan listrik. Yang repot kalau rumah uda design kurang erbuka nih mak. Kudu cari cara supaya bisa tetap adem dan terang rumahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kalo udah terlanjur desainnya kurang terbuka, mau renov biayanya ga sedikit ya mba

      Delete
  13. sama cabut stopkontak kalau tidak terpakai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nih yang palinyak orang lupa... nge cas hape lupa cabut cargernya, aptop juga.. dan hapenya lebih dari 1 udah banyak banget ini nanti menyumbang pembengkakan pembayaran listrik

      Delete
  14. Artikel yang cukup membantu
    sedikit tambahan untuk penghematan daya listrik agar tagihan listrik berkurang . yaitu dengan cara menentukan ukuran pendingin ruangan (AC) yang sesuai dengan ukuran ruangan anda. karena sebagian besar tagihan listrik dipakai untuk menyalakan AC yang berlebihan kunjungi artikel https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.co.id/2016/07/tips-menghemat-pemakaian-daya-listrik.html
    Thanks

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)