Saturday, February 6, 2016

Menu Wajib Anak Kos

Halo iriters...

Ada yang pernah jadi anak kos?? Anak kos makannya apa cobak? Ya nasi lahhh, kalo anak kos di Indonesia. Ini kok kaya tebak-tebakan hewan aja, kucing makannya apa? ikan makannya apa? kambing makannya apa? hihihi...

Iya sihh anak kos juga manusia, sama seperti orang-orag yang menjalani kehidupan normal macam kita (hah jadi anak kos ngga normal?). Tapi kalo ngomongin soal menu, anak kos itu punya menu wajib lohh. Terutama untuk anak kos yang strata jatah uang bulanannya menengah sampai kebawah. Apa ajakah itu?

1. Nasi kucing. Itu loh nasi yang dibungkus dalam kemasan kecil, udah lengkap dengan lauknya. Nasi kucing sih sebutan untuk di daerah Semarang, entahlah kenapa disebut demikian mungin porsinya kaya porsi makan kucing hehe. Kalo di Jogja makanan ini disebut angkrngan, sementara di Solo disebut hik, dan di Bali sebutannya nasi Jinggo. Jaman saya kulah sih harganya serebuan. Emang lebih irits gitu makan nasi kucing? Bagi yang porsi kuli tentu tidak karena mereka pasti akan menghabiskan berbungkus-bungkus nasi. Tapi bagi yang porsinya kemayu kaya akyu, yang kalo di warteg mintanya nasi cuma seperempat ya, murah meriah lah.

nasi kucing berbungkus daun dan aneka menu pelengkap lainnya

2. Tempe penyet. Hampiiir tiap malam jaman masih ngekos makannya ini. Kalo tempe penyet bukanya ngga cuma malam, pagi dan siang juga, mungkin saja setiap saat saya bakalan makan ini. Soalnya murah meriah bener ni nasi berlauk tempe plus sambel. Dulu jaman saya kuliah cuma dua ribu limaratusan kalo ngga salah. Biasanya warung tempe penyet ngga jualan tempe sih, ada tahu, telur, juga ayam. Ya kalo pas baru terima jatah bulanan bisalah makan penyet ayam.

Tempe penyet. SUmber:cecoia.com

3. Nasi rames. Dulu saya bingung, nasi rames apaan sih? Kenapa orang-orang sering beli nasi bilangnya rames, penjual juga sering nawarin rames. Ternyata nasi rames itu nasi yang diberi sayuran macam-macam. Biasanya ada sayur kacang, kering tempe, sama mie. Kalo warungnya sedia sayuran lainnya biasanya tambah lag jenis sayurannya. Ntar tnggal kita mau lauk apa, bisa tempe, tahu, telur, ikan. Atau kalau cekak ya nasi ramesan aja udah cukup.

4. Ikan pindang. Ikan pindang, kebanyakan orang menggunakan sebagai makanan untuk kucing. Murah meriah. Jarang banget lah kucingnya sengaja dibeliin ikan kakap atau nila. Kecuali tulangnya doang sisa-sisa makan majikannya. Tapi dulu, jaman saya ngekos, ikan pindang ini pasti jadi lauk mewah pas kita sempet masak-masak sendiri di kosan. Biasanya ikan pindang dibalur tepung dulu baru digoreng. Dimakan bareng sambel terasi dan tumis kangkung. Sedaaap.
Familiar dengan ini kan? sumber: kotaikan.blogspot.com

5. Mie instan. Anak kos mana yang dapat menyangkal makanan yang satu ini. Sebagai anak kos yang suka terburu-buru kalo mau berangkat ke kampus, yang ngga punya motor sendiri atau ngga bisa naik motor sehingga ngga dikasih motor sama ortunya (eykeh ini mahhh), anak kos yang suka bangun tengah malam begadang kemudian lapar, mie instan merupakan stok wajib yang harus ada di lemari. Cara masaknya, masukkan mie ke dalam hiter bersi air mendidih, biarkan sampai mie empuk. Cara ini sangat diyakini untuk menghemat pengeluaran minyak tanah (karena minyak tanah harus beli sendiri) meskipun akhirnya membuat listrik menjadi boros (kan urusannya ibu kos huahahaa). So don't try this at home ya, masak mie ya bagusnya dipanci. Yang normal-normal sajalah hahaha.

Twitter dan IG: @emakirits

4 comments:

  1. Hehehhe. baca judul artikelnya saja saya udah ketawa duluan. Bener-bener inget waktu jaman kuliah dulu. Nostalgia tipis-tipis.

    ReplyDelete
  2. Nasi kucing buatku menu mewah mak. Habisnya lebih mahal drpd d warteg. Maklum, perut gentong. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaa jadi sama kaya makan di rumah makan Padang ya nominal bayarnya

      Delete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)