Monday, February 1, 2016

Kamu Seperti Hantu

Kamu seperti hantu...
Terus menghantuiku..
Kemanapun tubuhku pergi
Kau terus membayangi aku...

Ingat sama lirik lagu di atas ngga? Iyap itu lagunya Dewa-19. Yang saya ingat dulu salah seorang gebetan penah mengirimkan lirik lagu itu dalam bentuk SMS ke nomor saya, dan saya bahagianyaaa minta ampun.

"Ih dibilang seperti hantu kok senang!" kata mbak kos saya.

"Biarinnn, siriik!" lol.

Kali ini lirik lagu itu kembali menghampiri melintas dalam pikiran saya.

Ceritanya begini...

Biasa lah kalo lagi bengong, atau banyak kerjaan tapi bingung mau mulai ngerjain dari mana, saya suka intip-intip online shop. Kali ini saya coba cari AC portable mini. Soalnya Thifa dan Hana itu kan suka rewel ya kalo sumuk. Di rumah sama rumah neneknya dia udah kebiasaan pakai AC.

iklan inih muncul di sidebar FBkuuuh!

Sebenarnya kalau di rumah sendiri saya udah berlakukan jam bolehnya dia menghidupkan AC. Hanya boleh siang kalau panas sekali, dan kalau mau tidur malam.

"Peraturannya di rumah ini begitu," kata saya. Kalau mereka ngga mau ikut aturan, AC akan dijual, hihi ngancem dikit gapapalah.

Saya bilang sih sama mereka, kalau mereka pakai AC terus itu artinya mereka tidak bersyukur dengan udara alami yang Alloh berikan. Lagipula ntar bayar listriknya jadi mahal. Haha teeteu ya, soal duit juga ternyatahhh.

"Idupin AC itu bayar loh, bukan gratis!" kata saya lagi.

Maksud saya pengen punya AC portable itu biar bisa dibawa kalo ke eyangnya Kudus yang ngga ada AC. Ya buat kalo malam gitulah biar ngga capek ngipasi, karena kalo pake kipas angin juga semalaman mereka terus suka batuk.

Habis ngintip AC portable, ya tutup tab lagi, ngga langsung beli. Cuma pengen tahu dulu bentuknya kaya apa, harganya berapa. Belinya nati sik, kalo ada sisa uang belanja. Dan...

Bayangan AC portable terus menghantuiku.

Buka facebook, di sidebar muncul AC portable.

Beberapa waktu lalu juga sempet liat-liat setelan baju muslim. Dan baju muslim itu juga muncul dmana-mana, selain faceook, di blognya orang-orang juga.

Ada embel-embel kalimat kaya gini lagi,

"Yakin ngga mau beli?"

Oh, kamu.. seperti hantu, terus menghantuiku...

Berasa dikejar-kejar sales, kalo kita udah nunjukkin satu sinyal ketertarikan ajaah langsung deh dibujuk, "Ini banyak manfaatnya bu, harganya lebih murah dari pasaran, bisa dicicil, blablabla.."

Tapi ada untungnya juga sebenarnya, iklan yang muncul di beranda atau di web yang kita buka merupakan barang yang kita inginkan atau butuhkan, kita jadi fokus ke barang itu. Coba kalo iklannya barang lain, ntar tergoda kita beli barang lain padahal bukan itu yang dibutuhkan.

Keuntungan lain, bagi yang punya blog ber-adsense, iklan yang muncul menyesuaikan siapa yang buka. Misal saya yang buka, karena sebelumnya sempet cari-cari AC portable dan baju muslim, iklan yang keluar ya kedua barang itu, jadi kemungkinan diklik iklannya lebih besar.

Atau kalau kita mau kasih hadiah seseorang, bingung mau kasih apa, coba intip pas dia buka facebooknya, iklan apa yang muncul, kemungkinan itulah yang lagi diinginkannya.

Bagaimana dengan kamu iriters, pernah juga merasa dihantui barang-barang yang ingin dibeli?

@emakirits

20 comments:

  1. Replies
    1. Lupa baca doa kali sebelum tidur hihihi

      Delete
  2. Iya, pernah mak.
    Saya pingin beliin HP pak suami karna HPnya ikut saya rendem di cucian. Tapi inget rumah harus segera dibangun jadi lupain aja. Eeeeh Kebetulan banyak blogger lagi pada nulis tentang HP. Jadi susah move on deh :)

    ReplyDelete
  3. Bangeeettt...yg paling nyebelin.kalo.pas buka sosmed eh trs berseliweran lah iklan promo tiket n hotel dan pas kita lg ga ada duit. Sakiiitttt :(

    ReplyDelete
  4. Bangeeettt...yg paling nyebelin.kalo.pas buka sosmed eh trs berseliweran lah iklan promo tiket n hotel dan pas kita lg ga ada duit. Sakiiitttt :(

    ReplyDelete
  5. bagaimana kalau beli air purifier aku aja mbak , hehehe maslah jualan bukan komen ya

    ReplyDelete
  6. tau ajah tu iklan kalo kita malu2 mau ya.

    ReplyDelete
  7. Iya mbak Rahmi, saya juga sempat heran. Pas buka internet di PC tahu-tahu muncul iklan yang pernah saya buka, padahal bukanya di HP lho, dan dia itu ngikutin terus :)

    ReplyDelete
  8. Heuheuheu, pernah banget kayak gini mak. Ceritanya mau beliin sepatu roda buat anak. Berhubung budget belum ada. Jadi ya cari-cari info aja dulu. Ngecek harga dari satu olshop ke olshop lain. Eh malah keterusan di fb, buka halaman mana aja pasti nongol iklan sepatu roda. Hehehehe

    ReplyDelete
  9. Pernah. Bukan jualan online, tapi offline. Gamis, Mak. Hahaha... Udah dipegang-pegang. Trus mikir lagi. Ujung2nya ga jadi. Di rumah kepikiraaaan.. Trus nyari2 di pasar. Ga ada yang jual yang seperti di lihat di mall. Sementara balik ke mall-nya belum bisa dalam waktu dekat. Heuheu...

    ReplyDelete
  10. Iya, kita sering browsing apa, iklan itu deh yang muncul. Jadi seperti diiming-imingi gitu ya haha.

    ReplyDelete
  11. Skrg sy dihantui tas, sepatu,skincare...memang sih karena lagi butuh :D

    ReplyDelete
  12. Seriiiing banget mba, sampe menghayal n kepikiran sama tu barang. Gak beli gak nyaman hidup keknya. Hahaha :p

    ReplyDelete
  13. Iya bener, ampun deh kalo abis ceki ceki produk eh ngintilin terus sampe akhirnya nyerah ga buka pake browser lepi X))

    ReplyDelete
  14. Pernah banget,.... sering malahan kepengen seusuatu tapi gak keturutan gara-gara dibeli orang... #sebel

    ReplyDelete
  15. Wekekek... Aku banget tuh, kayak dikejar hantu setiap buka web nongol iklan brg yg kota pingin. Teknologi jaman sekarang yaaa. Canggih

    ReplyDelete
  16. pernah banget dong, sekarang mah serba canggih ya mbak he

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)