Monday, February 29, 2016

Hal Kecil Yang Bisa Kamu Lakukan Demi Pengiritan

Halo iriters,

Apa kabar? Masih tetep irits kannn?

Kadang suka ngerasa bingung ngga sih, apa lagi yang bisa diirit, perasaan makan sehari-hari udah tahu tempe. Kemana-mana seringnya jalan kaki, ngga naik mobil lagi, atau syukur-syukur bisa nebeng naik mobilnya orang hehehe. Beli baju juga paling setahun sekali pas ada sale gede-gedean pulak. Lalu, harus menghemat bagaimana lagi cobaaa???



Mungkin kita seringkali lupa, ada hal kecil yang bisa dilakukan demi pengiritan seperti:

1. Mencabut charger HP dari stop kontak bila sudah tidak digunakan lagi. Hayoo ngaku siapa yang kalo selesai ngecharge suka ngambil HP nya doang, tapi charger masih nancep di stop kontak? Menurut survey PLN yang saya baca dari www.pulsk.com, charger HP yang tidak dicabut dari stop kontak, mengkonsumsi 1watt setiap jamnya. Dan seandainya seluruh jabodetabek lupa (atau malas) mencabut charger HP mereka, energi yang terbuang sejumlah 96.000kwh dan itu cukup untuk menerangi 755rumah. Wawww. Nah jika dikalkulasi ke dalam rupiah, 1 watt dikaliin berapa jam dalam sebulan kira-kira bisa menurunkan tagihan listrik lumayan banyak kan yaaa..


2. Mematikan lampu kamar mandi di malam hari. Katanya (katanya sih, saya juga belum dapat buktinya) menghidup matikan lampu terlalu sering bisa bikin lampu cepet rusak Kamar mandi merupakan tempat yang biasanya lampunya menyala terus karena dalam sehari pasti seluruh anggota keluarga silih berganti masuk kamar mandi. Mulai sekarang, ketika seluruh anggota keluarga sudah tidur, lebih baik matikan saja lampu kamar mandi. Karena menurut penelitian kecil-kecilan saya, kalau sudah tidur biasanya dalam waktu yang cukup lama barulah orang ada dorongan untuk buang air kecil lagi. Bukan hanya di malam hari saja sih, biasanya kalau saya, setelah seluruh anggota rumah pada mandi, lampu kamar mandi langsung saya matikan.

3. Sebelum menyalakan komputer/laptop ngedraf dulu. Pernah ngga, bengng pas udah nyalain komputer. Tiba-tiba blank aja mau ngapain. Nah ada baiknya, kita ngedraf dulu di buku, mau ngapain aja kalo komputer udah hidup. BIar ngga terlalu lama menyalakan komputernya lumayan bisa menghemat listrik kan.

4. Menampung air wudhu. Coba deh saat berwudhu, tampung airnya, menghasilkan berapa ember? Taruhlah dua liter air. Jika sehari kita wudhu lima kali, berarti ada sepuluh liter air yang terbuang. Jika anggota keluarga ada empat orang, maka empat puluh liter air yang terbang. Lalu air bekas wudhu untuk apa? Bisa buat menyiram tanaman, menyiram jalanan yang berdebu, atau mencuci kain lap.

5. Membawa kantong belanja sendiri ke minimarket/supermarket. Udah tahu kan kantong plastik sekarang berbayar. Ngga mahal sih cuma Rp.200,- saja. Tapi coba hitung dalam sebulan berapa kali kita ke supermarket, kemudian ke minimarket yang cuma sekedar untuk beli roti tawar misalnya. Misalkan sepuluh kali atau sepuluh kantong plastik yang mungkin kita gunakan, kalikan Rp.200,- Ah dikit ini cuma 2000 doang? Iya sih dikit, mungkin ngga bernilai apa-apa bagi kamu, tapi bernilai besar bagi kelestarian lingkungan dan kebersihan negeri ini loh ;)


28 comments:

  1. soal air wudhu..betul juga...nice idenya mak

    ReplyDelete
  2. Cerdassss ide idenya.. go green banget

    ReplyDelete
  3. Saya bikin colokan yang modelnya kayak center gitu, jadi sekali dimatiin, semua sambungan otomatis mati. Hihihi. Biar gak repot matiin printilan satu-satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalo selesai ngecharge nya ngga bareng piye mak Winda?

      Delete
  4. Sukak deh sama tips2 penghematannya Mak, ada bbrp yg suka saya sepelein kyk nyabut charger dan matiin kamar mandi. Dicoba ah! :D

    ReplyDelete
  5. Tips-tipsnya simple banget, tapi kadang hal-hal kecil gini yang luput dari perhatian kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mikirnya yang besar2 aja yang kecil lewat deh

      Delete
  6. BIar ngga terlalu lama menyalakan komputernya lumayan bisa menghemat air kan.
    Tips no tiga kayane salah ketik ya mak? Hehee piiss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya typo, wis diedit thanks yoo

      Delete
  7. Wah iya, aku biasanya nyala terus lampu kamar mandinya kalo malam hari :)

    ReplyDelete
  8. Wah... makasih mak.... berguna sekali ^^

    ReplyDelete
  9. aku orang yang gak telaten, nantilah coba di rumahh

    ReplyDelete
  10. Nah, yang nomor lima itu yang saat ini saya lakukan, sepele sih tapi berasa berat kayaknya kalau harus beli dengan 200 perak apalagi itu di lakukan setiap hari setiap kali,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup betul dua ratus kali 30 hari dalam sebulan berapa tuh?

      Delete
  11. haha menampung air wudu

    emang bener sih kadang kita kalo wudu boros bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mayan loh, kalo serumah anggota keluarga ada banyak dan pada rajin sholat sunnah juga kan

      Delete
  12. Laaaah tiap kamar chargernya nancep terus. Okeh mulai sekarang cabut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo Mak Luss, selain boros listrik bahaya juga tuh, akut kesetrum >.<

      Delete
  13. Soal wudhu, klo pas susah air iya ditampung tp klo pas gak susah air dibuang2 wakaka.
    Klo masalah lampu kamar mandi biasanya selalu dimatiin siang/malam. Cuma pas mau ke kamar mandi aja lampu dinyalain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga suka lupa nampung nih hehe

      Delete
  14. Soal nge-draft sebelum nyalain komputer, ada benarnya tuh mak. Soalnya kalo belum tau mau nulis apaan, malah ngalor ngidul buka ini itu yang ga ada hubungannya sama pembangkit ide.

    ReplyDelete
  15. biaswanya klo aku yg sering tuh nomer 3.. sering bingung klo d dpan pc trus mo ngapain.. akhirnya malah main game.. kwkwk

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)