Wednesday, February 24, 2016

Bekerjalah Sebelum Tamat Kuliah

Dear iriters, seberapa jauh kamu memikirkan masa depan?

Biasanya saat lulus SD kita hanya berpikir besok mau lanjut SMP mana? Menjelang lulus SMP, besok mau SMA dimana? Menjelang lulus SMA, besok mau kuliah dimana? Dan setelah selesai kuliah baru mikir, mau kerja apa. Tamat kuliah, belum perpengalaman, mau terjun ke dunia kerja, yang saingannya bejibun, beraat, meski bisa.

Saran saya sih, bekerjalah sebelum tamat kuliah. Kejar mimpimu sedari sekarang. Pengen jadi pengusaha? Jangan nunggu selesai kuliah, rintis sedini mungkin. Barangkali bisa diawali dengan menjual pernak-pernik atau aksesoris buatan sendiri, lama-kelamaan meningkat, bisa menitipkan ualan di toko-toko, kemudian bisa buka gerai kecil-kecilan, selanjutnya bisa ekspor produk ke luar negeri Aamiin.

ayoo semangat mengejar mimpi!!!
Yang cita-citanya jadi guru. Sedari masih sekolah mungkin bisa bantu ngajar anak-anak kecil membaca dan mengaji misalnya. Paling ngga ntar kalo udah ngajar beneran di sekolahan atau di kampus ngga canggung lagi.

Mengapa harus bekerja sebelum tamat kuliah?

1. Menghabiskan jatah gagal. Kalau kata Dahlan Iskan, "Tiap orang punya jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu, selagi kamu masih muda. Saya sepaat seklai dalam hal meraih mimpi, pasti kita akan menemukan kegagalan dan kesulitan di awal. Alangkah lebih baiknya jika itu sudah kita lalui selagi masih sekolah, Nanti begitu tamat, tinggal menuai kesuksesannya. Aamiin.

2. Masih ikut orang tua. Saat masih sekolah kebanyakan dari kita masih ikut orang tua kan? Tinggal masih nebeng orang tua, makan masih dibelanjain orang tua, masih dapat uang saku pula. Nah saat inilah saat paling tepat untuk meniti karier dan mengejar mimpi. KIta belum punya tanggungan. Kerja masih bisa dibikin heppi. Mulai usaha, pendapatan masih minim atau malah merugi masih semangat mencoba lagi. Soalnya belum mikir biaya hidup, semua masih tanggungan ortu. Coba kalau sudah tamat kuliah yang mana tuntutan pada umumnya, selesai kuliah harus bisa membiayai hidup sendiri apalagi yang sudah menikah, ada tanggaungan tambahan lagi. Berat cyiint.

Nah jadi bagi kamu yang sekarang belum lulus sekolah atau kuliah, yuk mulai bekerja, mulai berlari mengejar mimpi. Lah yang udah terlanjur lulus kuliah gimana? Ya udah tetep harus semangat dong Kalo kata pakar bisnis, waktu yang paling tepat memulai usaha adalah kemarin. Dan waktu kedua paling tepat adalah saat ini. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Sayapun mulai serius mendalami dunia tulis menulis, baru setelah menjadi ibu rumah tangga. Ngga perlu terlalu menyesali apa yang sudah terjadi, yang penting sekarang berusaha melakukan yang terbaik.

17 comments:

  1. Iya benar banget, jadi impian ini harus sejak dini.

    ReplyDelete
  2. Aku mah baru kerja setelah lulus mbak rahmi taun 2007, ya sampe dikerjaan sekarang udah 7x ganti kerjaan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih pengalaman kerjanya banyak dong ya mbaa

      Delete
  3. Setuju banget. Bekerja sebelum lulus berarti punya pengalaman lebih terjun ke dunia kerja...

    ReplyDelete
  4. Setuju bangeeet mbak.. aku sebelum kuliah juga udah mulai kerja ngelesi sana- sini, jadi dosen tamu, dan ngisi2 seminar kepenulisan ilmiah (tapi saiki wis lali)... :D :D

    Sekarang tinggal menikmati momen2 jadi buaya :D -- ibu2 muda banyak gaya.. wkwkkw

    ReplyDelete
  5. Betul mak. Walau begitu, prioritas utama tetep kuliah. Jangan sampe keenakan kerja trs gak lulus2 pdhl spp jalan terus. *uud(ujung2nya duit)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaa kuliah kalo kelamaan menghabiskan banyak uang. Tapi jamanku dulu kuliah masih murah.

      Delete
  6. Alhamdulillah sekarang saya sudah punya pekerjaan meskipun belum lulus :) Dulunya banyak yang memandang sebelah mata, tapi sekarang say bisa buktikan. :)

    ReplyDelete
  7. setuju mak, aku dulu sambil kuliah jualan nasi goreng hehe

    ReplyDelete
  8. Iya mbak yang terpenting sudah mencoba, gagal coba lagi, lakukan yang terbaik dan serahkan pada Tuhan

    ReplyDelete
  9. Memang bener banget, kalo bisa dari SMA udah nyicil-nyicil, kayak jualan pulsa juga sangat bermanfaat nanti kedepannya

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)