Monday, January 25, 2016

Tips Irits Biaya Makan Ala Anak Kos

Hellowww iriters, adakah yang anak kos di sini? Atau pernah ngekos? Atau berencana ngekos?

Anak kos merupakan salah satu follower Mak Irits yang paling seiya sekata. Kenapa, karena anak kos identik dengan irits. Ngga tau ya berasa ngga total aja sebagai anak kos kalau tidak pernah melakukan pengiritan. Saya nih ya, biar kata orang tua bakalan ngaish kalo uang bulanan kurang entah kenapa tetep aja ngirit. Itu mah udah bawaan orok kali maak. Iya kali ya...

Nah salah satu anggaran yang memakan paling banyak biaya adalah biaya makan. Bagaimana tidak, kita makan bukan hanya setiap hari, tapi sehari tiga kali. Yang rakus, bisa sehari lima kali atau lebih! Belum camilannya, belum lagi kalo patah hati atau begadang bikin skripsi, harus ditemenin keripik kentang sepanjang malam.

Jadi, kita sebagai anak kos kudu memikirkan ini dengan baik,. Cari cara supaya biaya makan tetep irits!

1. Masak sendiri. Masak sendiri di sini dalam artian mengajak teman-teman untuk memasak. Soalnya kalo cuma untuk sendiri jatuhnya tetep mahal, ngga efektif dan efisien. Misalnya masak sayur bayem, kalo dimakan sendirian seiket pasti ngga habis kan. Saya aja setengah iket bisa buat sekeluarga berempat. La ya masa beli bayem bilang sama tuang sayurnya beli seperempat iket. Ntar kita yang diiket sama si tukang sayur saking jengkelnya. lol. Lebih irit lagi nih, kalo kita bisa memasak sendiri kemudian dijual ke temen-temen. Masakan ala warteg jualnya harga resto! *tukang palak*

2. Rajin puasa. Niat awal puasa tentu saja untuk ibadah ya.. Tapi puasa ini efek samping positifnya banyak. Selain tubuh menjadi sehat, irit beli makan juga, karena makan besar cuma dua kali sehari aja yaitu pas sahur dan makan malam, dan ngga ngemil.

3. Berteman dengan orang tajir yang makannya dikit. Suka ada kan ya, orang yang makan sesendok trs udah, katanya kenyang. Ih mubadzir! Tapi temen kaya gini asik lah buat mensukseskan program pengiritan. Kalo kita makan sama dia, biarkan dulu dia pesen makanan, kita nanti aja nunggu sisanya sambil harap-harap cemas. Tapi pastikan si doi tidak megidap penyakit menular yaa.

4. Main di rumah teman sampai waktu makan. Ya mainnya jangan ke teman yang sesama anak kos. Main ke rumah temen yang ada orang tuanya di rumah. Pas waktu makan tiba, kamu pamit, ntar kan pasti ibunya akan basa-basi, "Eh ngga makan dulu?" langsung sambut, "OK deh bu, kalau ibu memaksa."

5. Donor darah. Donor darah itu menyehatkan loh, dan berpahala pula Insyaa Alloh. Yang ngga kalah asik, habis darah kita disedot bakal dikasih sekotak susu dan roti atau mie. Lumayan buat makan siang >.<

12 comments:

  1. Iya bner banget, kmrn aku kos masak sendiri. Iriiit XD

    ReplyDelete
  2. makannya anak kos biasanya kurus ya, hihi

    ReplyDelete
  3. Kalo pas masa jd anak kos,tips ngiritnya masak nasi sendiri lauk tinggal beli. Lauknya biasanya lauk padang. Makan nasi, sambel ijo, sama daun singkong plus kuah aja udh cukup enak,hehe

    ReplyDelete
  4. hahahahaha... banyak yang hobi temenan ama aku maaakss...
    karena aku sukarela menghabiskan makanan yang mereka makan..
    " kok ga habis.. aku habiskan yaaa"

    #mukatembok #masabodo #yangpentingkenyang

    ReplyDelete
  5. Rajin hunting acara kawinan ...
    pura-pura kenal sama yang punya hajat ...
    masukin amplop fiktif ...
    makaaaannn
    pulaaannggg
    nggak pake salaman

    salam saya Mak

    ReplyDelete
  6. Pas jd anak kosan aku sering hedon kecil2an di awal bulan, ngirit besar2an di akhir bulan,,
    Makan gorengan doank pernah tuh mak..

    ReplyDelete
  7. Hihihi,, ini saya banget waktu kuliah mak.. Setuju banget,, >.<,,

    ReplyDelete
  8. Saya dulu pas ngekos berbekal rice cooker semua dilakukan di situ mulai dr bkn nasi, masak gulai ayam sampe bikin kue. Soalnya kos ku ngak ada dapurnya. Tiap masak pintu kamar harus di buka lebar biar bau masakan keluar hehehehe

    ReplyDelete
  9. asal timingnya pas...

    ya iyalah...ntar pas abis makan.., "eh... kebetulan kita habis makan..nih, yuk..sekalian bantu cuci piring..."" hahahaha..mati berdiri..

    ReplyDelete
  10. Tips nomor 5 sering saya lakukan...tapi cuma 3 bulan sekali..hehe

    ReplyDelete
  11. Wakakakak... Jadi inget jaman aku ngekos deh baca ini

    ReplyDelete
  12. hahaha ngakak baca point yg ke 4.
    Eh aku dulu kost nggak boleh masak2, cuma mie instan dan goreng telur bolehnya :D

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)