Wednesday, January 27, 2016

Tentang Asuransi

Hae iriters,

Tahu kan apa itu asuransi? Siapa yang sering diitelponin sama petugas asuransi. Habis itu parno tiap ada nomor ngga dikenal ngga mau angkat takut itu sales asuransi. Atau diangkat, tapi digeletakkin aja di atas meja, sementara si empunya HP malah sibuk kikir-kikir kuku.

Saya juga termasuk yang sebel loh dengan telepon para sales asuransi. Kadang udah ditolak, besoknya sales dengan produk yang sama telpon lagi.

Tapi saya ngga antipati sama asuransi, dan saya juga sekarang nasabah asuransi.

Saya mulai membuat asuransi, saat Thifa, anak pertama saya lahir. Setelah itu bikin asuransi juga buat si ayah, dan anak nomor dua, Hana.

Apa yang membuat saya tergerak ikut asuransi?

1. Sudah ada asuransi syariah. Alhamdulillah semua asuransi yang diikuti keluarga saya merupakan asuransi syariah, yang insyaAlloh terhindar dari riba. Apa bedanya asuransi konvensional dan asuransi syariah? Salah satunya dalam hal akad. Pada bagian tertentu asuransi syariah akadnya adalah tabarru' (sumbangan kemanusiaan) dan ta'awun (tolong menolong), serta akad wakalah dan mudharabah (bagi hasil). Sedangkan pada asuransi konvensional, akadnya adalah jual beli yang bersifat al gharar (spekulatif). Meskipun para agen asuransi ngasih tahu ke saya, kalo asuransi syariah pendapatan tabungannya ngga sebanyak asuransi konvensional, tapi saya tetep pilih syariah karena lebih ayem aja di hati.

Baca juga: Asuransi Syariah: Menabung dan Membantu Sesama

2. Sambil nabung. Asuransi sekarang rata-rata udah plus tabungan. Ini berguna banget bagi yang susah nabung, atau yang udah nabung tapi rajin ke ATM. Nah kalo kita nabungnya di asuransi kan ada jangka waktunya setelah sekian tahun baru cair. Kalaupun bisa diambil sebelum jatuh tempo biasanya kena biaya dan ngga semudah menggesek kartu ATM, yang mesinnya ada dimana-dimana. Jadi mau ngambil juga males.

3. Ada temen deket yang jadi agen. Terus terang saya lebih memilih asuransi yang agennya saya kenal. Daripada ikut asuransi mbak-mbaknya yang suka telpon tapi saya ngga kenal dia itu siapa. Kalau sudah kenal, mau tanya-tanya kan enak. Ada klaim tinggal hubungin si agen. Dan enaknya asuransi yang saya ikutin, agennya suka kasih hadiah-hadiah kecil macam payung, tote bag, dan barang pecah belah. Ya meskipun ngga seberapa tapi customer merasa diperhatikan lah paling ngga. Agen asuransi saya juga suka nanyain, udah dapet laporan belum dari pihak asuransi, gimana perkembangan tabungannya, justru saya yang kadang kurang perhatian. Saya bilang ngga tahu, asal bayar-bayar aja tiap bulan hahaha *jangan ditiru*.

Bagaimana denganmu iriters, ikutan asuransi juga?



10 comments:

  1. Masyarakat memang perlu disosialisasikan agar lebih gandrung asuransi. Sesuai dengan asuransi yang disukainya karena kepastian jaminan masa depan. perlu lebih dimasyarakatkan lagi

    ReplyDelete
  2. Menurut aku sih asuransi itu tetaplah penting, setidaknya bisa memberikan rasa aman bagi kita jika suatu saat ada hal2 buruk terjadi kita bisa tenang.

    ReplyDelete
  3. aku juga agennya teman sendiri dan memang dia fokus menjadi agen suam istri

    ReplyDelete
  4. Aku ikut mak... 2 brand yang berbeda. Dan mau nambah lagi. Cuma ada pluss minusnya. Ga ada yg sempurna.

    ReplyDelete
  5. saya masih ikut dr kantr suami, pernah diajakin sih sama temen tp kayanya selama masih ada asuransi kantor itu cukup

    ReplyDelete
  6. lucu banget siii kartunnya :)
    iya mba, aku juga ikut asuransi syariah.
    lebih tentram karena dananya diputerin untuk hal2 yang sesuai syariah.

    ReplyDelete
  7. Aku blm punya asuransi apa2,kecuali bpjs ketenagakerjaan (dana pensiun) & bpjs kesehatan utk berobat. Hihi

    ReplyDelete
  8. saya baru aja urus BPJS hari ini mak, tapi sebenarnya tertarik untuk ikut asuransi pendidikan buat anak2 tapi bapaknya kagak setuju, hehe. Btw asuransi syariah itu modelnya kekgimana mb, untuk kesehatan apa pendidikan, tapi bagus juga kalau modelnya bisa ditabung dan diambil kapan2 gitu ya

    ReplyDelete
  9. Ngomong2 ikut asuransi syariahnya dimana mba? tertarik juga ni

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)