Monday, December 21, 2015

Tips Menghadapi Diskon Akhir Tahun

asiik dapet lego diskoon :D
Yuhuuu, iriters, udah mendekati pergantian tahun nih. Itu artinya... DISKON GEDE-GEDEAN di berbagai tempat perbelanjaan.

Gimana nih? Udah ada yang kalap belanja atau masih sibuk utak-atik kalkulator itung untung rugi kalo ikut euforia diskon akhir tahun?

Pasti banyak dong yang tergiur dengan iming-iming diskon. Siapa sih ya yang ngga mau beli barang dengan harga murah. Saya sendiri udah belanja dong barang diskonan di salah satu mall. Beli produk fashion, 100 ribu dapet tiga. Lumayan lah, dengan seratus ribu bisa dapet dua celana plus satu baju. Kalo lihat dari tag harga sih, saya mengehemat lumayan banyak dari harga normal.

Tapii hati-hati loh, terjebak diskon ini ngga melulu bikin kita ngirit, bisa jadi tambah ngorot. Ya gimana mau ngirit kalo semua barang diskon dibeli semua, padahal ngga semuanya dibutuhin. Akhirnya rusak nganggur *duh ngenes*

Makanya kita harus punya siasat dalam menghadapi diskon akhir tahun.

1. Mendata segala kebutuhan yang memang harus dibeli. Sebelum nengok-nengok katalog diskon atau jalan-jalan ke mall, kita bikin list dulu barang apa yang sekiranya kita butuhkan banget, mulai dari yang urgent sampai yang sifatnya bisa ditunda. Nah nanti kalo udah dihadapkan barang-barang diskon, terus masuk-masukkin tu barang ke keranjang belanja, coba dicek, cocokkan dengan list yag sudah kita buat. Yang ngga ada dalam list lebih baik dikembalikan saja ke tempatnya semula. Jadi, barang-barang yang kita beli bener-bener barang yang kita butuhkan.

2. Tetep bandingkan dengan toko sebelah. Yang paling mudah siapkan gadget dengan kuota internet tentunya. Ketika melihat sebuah barang diskon, kita bisa langsung googling, di toko lain berapa harga barang itu. Beneran diskon? Atau hanya diskon palsu yang dinaikkin dulu harganya baru didiskon.

3. Cek barang dengan seksama. Bukan tanpa alasan toko memberikan diskon. Biasanya akhir tahun ada diskon besar-besaran karena cuci gudang, jadi barang ynag ngga laku selama setahun didiskon biar habis. Namanya udah ngendon di gudang lama ya bisa aja, ada rusaknya, apakah itu yang ku;inya terkelupas, kancing baju yang lepas, dll. Cek dengan seksama sebelum membawanya ke kasir ya!

4. Jangan melihat barang-barang diskon yang tidak kita butuhkan. Kadang kepo ya, kalo ngelihat angka 70% segede-gede bagong, itu diskon apaan sih? Barangnya kayak mana? Kalo ngerasa barang yang didiskon itu bukan barang yang kita butuhkan ya ngga usah lihat deh, darpada ntar kepengen padahal sebenarnya ngga butuh, ya to.

5. Yakinlah bahwa diskon tak hanya datang sekali dalam seumur hidup. Jadi jangan berprinsip aji mumpung. Mumpung diskon dibeli aja, ntah makenya kapan karena sebenarnya belum butuh. Yakin aja barang itu akan diskon lagi pada saat kita butuh nantinya, malah mungkin diskonnya bisa lebih gede.

Nah itulah tips menghadapi diskon akhir tahun ala saya, si iriters garis keras. Bagaimana denganmu temans?

@emakirits

5 comments:

  1. Aku beli bra, mak. Soale harga normal di atas 200 rb, jadi mumpung harganya dibawah 100 rb aku beli 2, tadinya sih mau beli banyak, tp aku punya simpanan bra yang belum dipake. Maklum branya lumayan harganya, jadi walaupun belinya setahun sekali bisa awet dipake sampe bertahun2..

    Oiya! Tumben mak irit banyak typonya. Hehehe..
    :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya beli banyak aku dikasih hihihi. Iya nih pake laptop jadi banyak typo hehehe.

      Delete
  2. Paling sebel kalau kelihatan diskon jadi tergoda beli barang yang gak dibutuhin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, untung diingetin suami jangan beli yang ngga butuh, besok bakalan dison lagi :D

      Delete
  3. diskon bikin kalap apalagi klo barangnya lucu, entah baju sepatu atau alat dapur...jadi saya milih ga ngemall pas akhir tahun hehehe

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)