Friday, December 18, 2015

Cari Duit, Modal Kuota Internet

Kata orang, jaman sekarang nyari kerja itu susah. Lulusan sarjana aja banyak yang nganggur, padahal dulu cuma lulusan SMA aja, cari kerja mudah. Duluuu jaman bapak saya fresh graduate dari kampusm saya mah belum ada, belum direncanakan pula keberadaannya >.<

Jaman udah berubah ya cyiin. Semakin maju. Orang-orang sekolah juga tambah tinggi. Kalo dulu jadi sarjana aja udah keren banget, yang dateng di acara wisuda sekampung, ya karena langka sarjana jaman dulu. Kalo sekarang kan mbladrah ya, jangankan lulusan S1, yang lulus S2 dan S3 juga banyak

Tapi meski pesaing makin banyak, kualifikasi masuk kerja juga sudah meningkat, jangan kuatir peluang-peluang baru juga banyak bermunculan kok.

Jangan mikirin yang susahnya aja, jaman sekarang justru kita sudah ditawarkan banyak kemudahan melalui teknologi yang terus berkembang. Tinggal kita, jeli melihat peluang dan mau menangkapnya atau tidak.

Salah satu contoh peluang yang ada sekarang yaitu cari duit dengan modal kuota internet, seperti yang saya jalankan saat ini.
cari duit duluuu

Menurut saya cari duit dengan modal kuota internet itu sudah yang paling kecil modal dan resikonya. Karena apa? Karena ngga niat buat kerjapun saya pasti butuh kuota internet ya paling ngga buat update-update status gitu. Atau nonton-noton apalah di yutub. Jadi bisa dibilang tanpa modal juga loh, karena memanfaatkan apa yang sudah ada dan tersedia.

Bagaimana caranya cari duit dengan modal kuota internet? Peluang apa sajakah yang ada? Ini beberapa diantaranya ya.

1. Siaran radio online. Dulu hanya mimpi pengen bisa siaran tanpa perlu pergi ke studio siaran. Cemmana pulak caranya itu. Tapi ternyata bisa, tahun 2009 saya mulai siaran di radio online. Cukup lama juga, sampai akhir 2010 pas saya udah mau melahirkan Thifa. Jadi sistemnya gini, ntar kita menginstal software buat siaran, kalo mau siaran kita login dulu gitu, nanti suara kita bisa didengerin orang-orang yang membuka web radio itu. Emang dibayar gitu? Ya waktu itu sih saya dibayar, meski ngga seberapa karena baru siaran percobaan, tapi lumayanlah karena dulu niatnya cuma menyalurkan hobi, melepas rindu dengan dunia siaran, eh malah dibayar.

2.  Jualan online. Jualan online ini banyak ragamnya. Bisa kita udah beli barangnya dulu, terus dijual secara online lewat facebook, IG, twitter, atau web pribadi. Bisa jualan itu dititipkan ke orang lain istilahnya marketplace. Bisa juga kita menjualkan barang orang lain, tanpa membeli lebih dulu istilahnya dropshipper, dll.

3. Menjadi penulis. Dengan kemajuan teknologi internet, menjadi penulis cukup duduk manis di depan komputer, nulis, trus kirim tulisan ke media lewat internet. Praktis kan ngga perlu ngeprint, jalan ke kantor pos, dan keluar ongkir. Ini salah satu kemudahan yang bisa kita dapat sekarang tapi ngga bisa kita dapat jaman dulu kan ;)

4. Menjadi blogger. Menghasilkan materi dari blog bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang dapet penghasilan dari google adsense dan sejenisnya, ada juga yang mendapat penghaslan dari job review atau job placement.

5. Menjadi content writer untuk web orang lain. Pekerjaan ini juga bisa kita lakukan dimana saja dengan modal kuota internet. Banyak web yang membutuhkan content tapi tidak bisa buat sendiri. Itu sebabnya mereka mencari content writer dari luar. Selain konten web, kita bisa juga menjadi pengisi konten socmed lain milik perusahaan, seperti facebook dan twitter.

6. Menjadi buzzer. Kamu suka socmed-an? Punya follower twitter, fanpage, dan instagram yang banyak? Nah kamu punya peluang untuk jadi buzzer. Buzzer ini kerjaannya ya bantu campaign atau iklanin sebuah brand. Kalau mau lebih gampang cari jobnya coba gabung dengan  perusahaan Influencer Marketing yang menghubungkan pengiklan dengan buzzer, contohnya sociabuzz.

8. Bikin video yuotube atau instagram.  Ini juga lagi happening nih. Sudah cukup banyak loh orang yang menghasilkan jutaan perbulan dari bikin video, penghasilannya bukan hanya dari iklan you tube ajah. Ngga ajarang ada brand yang menghubungi langsung si pemilik channel untuk mengiklankan produknya. Yang saya amati banyak disukai sekarang sih video yang lucu-lucu. Kalau saya sih belum menjalankan yang ini, tapi udah ada rencana, moa terlaksana yaaa aamiin.

Itulah iriters beberapa cara cari duit, modal kuota internet. Tapi ya tetep sih harus punya keahlian juga kalo mau cari duit dengan cara-cara itu tadi. Keahlian bisa didapat karena terus diasah, dan ingat ngga ada kata terlambat buat belajar. Btw ada yang mau nambahin gimana cari duit modal kuota internet??

punya hape canggih jangan cuma buat selpi dan kalkulator aja yess :D


10 comments:

  1. Saya banget nih mbak cari kerja susah. Keknya masalah emang ada pada diri saya :D Saya kurang pede waktu interview, bukan karena saya nggak bisa apa-apa. Masalahnya di situ, saya ngomongnya kurang meyakinkan.

    Karena saya bolak balik ditolak dg alasan yang sama, akhirnya saya nekunin blog sajaaaahhhh lumayan :D Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa berarti jalan rejekinya emang melalui blog. Alhamdulillah yaahh

      Delete
  2. Selain modal kuota harus kreatif juga dan yang penting berani mencoba... :)

    * setuju, salah satu fungsi hape adalah nggak usah keluarin uang buat beli kalkulator..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, berani mencoba dan pantang putus asa :)

      Delete
  3. Kerjaku juga pake kuota internet mbak, soale ngabsen mahasiswa skrg langsung dimasukkan online via sikadu, whwhwhhww

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orak nganggo buku absen koyo mbien jaman SD yoo, sing ono kotak2e hehehe

      Delete
  4. bener banget mba..
    aku sekarang sedang baru menjalani yang nomor 2 aja..
    lagi belajar yang nomor 4, tapi keknya menghasilkannya mah masih lama yak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ditekuni pasti bisa menghasilkan mak ;)

      Delete
  5. mantep mba :) saya juga dah lama lulus kuliah belum kerja juga, selalu grogi pas interview haha. Sekarang ngisi waktu dengan ngeblog aja sapa tau menghasilkan nantinya

    ReplyDelete
  6. aku lagi latah belajar vlogging nih mba mi. hehehe

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)