Wednesday, December 23, 2015

Bikin Sendiri vs Beli Jadi, Irits Mana?

Bikin sendiri vs beli jadi, irits mana?

Logikanya ya lebih irit bikin sendiri ya. Coba deh dipikir orang yang bikin kue sendiri, trus dijual pasti kan karena pengen dapet untung. Jadi tentu saja bikin sama beli lebih murah biayanya bikin.

Dan karena saya iriters garis keras, saya juga jadi sok-sokan pengen bikin sendiri segala sesuatunya biar lebih murah.

Dulu pernah nih, lihat resep di tabloid, kayaknya mudah dan bahan-bahannya juga murah, dibanding kalo beli jadi, itung-itungannya bisa lebih murah. Maka mulailah saya berjibaku membuat penganan tersebut. Tapi ternyata yang mudah di tangan orang lain belum tentu mudah di tangan kita. Kalo lihat chef-chef masak itu kayaknya emang gampang bangets ya. Cemplung-cemplungin bahan, aduk-aduk, eh tiba-tiba udah jadi martabak telur yang terlihat lezat. Tapi beda pas kita yang buat. Yang bentuknya jadi mletat-mletotlah, pas digoreng jadi hancur, rasanya ga karu-karuan, ada yang gosong, bikinnya juga makan waktu yang lama banget. Dan akhirnya di satu titik saya bilang, "Kayaknya lebih untung beli jadi aja deh!"

Yang terbaru kemarin, saya beliin Thifa boneka barbie. Niatnya sih mulia banget. Kalo beli barbie, ntar saya sama Thifa mau bikin baju-baju boneka sendiri, bisa jadi aktivitas yang menyenangkan bagi kami berdua di rumah. Duh indahnya...

Giliran mau bikin, bingung mulainya dari mana. Mesin jahit juga ngga punya, akhirnya dijahit tangan dan hasilnya alakadarnya banget.

Trus cari-cari di internet yang jualan baju barbie, pengen tahu berapa sih harganya. OMG masak harganya cuma Rp.4.000,- sajaaah.



Pikir-pikir daripada rekoso alias susah payah bikin, jadinya ngga bagus, bikinnya lama pulak, itungannya malah jadi lebih mahal dari empat ribu hahaha. Akhirnya aktivitas saya hari itu sama Thifa bukan bikin baju barbie, tapi belanja baju barbie online, ongkirnya murah pulak cuma enam ribu dari Surabaya ke Semarang hihihi.

Yah begitulah kita (eh saya, enak aja ngajak-ngajak orang ya hihi)... seringkali menghitung untung-rugi hanya dari berapa rupiah yang dikeluarkan. Padahal proses trial and error itu adalah sebuah pengalaman berharga yang tak ternilai harganya. Seandainya saya tak pantang menyerah, mungkin saja sekarang udah punya pabrik baju barbie, atau jadi importir baju barbie ke Amerika sonoh hahaha. Ya mungkin saya belum punya passion di situ kali yaa ;)

@emakirits

12 comments:

  1. pingiinya sih jahit, tapi belum nemu tukang jahit yang pas dn enaken mb rahmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih aku juga ada beberapa kain belum aku jahitin.

      Delete
  2. dulu aku sering pengen bkin ini itu, tapi diitung2 malah jatuhnya lbh mehong, dan lagi kalo mau dijual pun belum tentu semuanya laku. ekekekek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mak, tapi kalo udah profesional pasti bikin apa2 cepet, sehari bisa jadi ratusan jahitan kali ya, jadi untung.

      Delete
  3. kalau jahit baju barbie itu hobi aku dari SD mbak...hiihii...

    ReplyDelete
  4. jahit baju berbi mah mending bikin sendiri, dari baju bekas hihihih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa aku niatnya tadi gitu maak, tapi aku malah bingung sendiri bikinnya mulai dari mana hihihi.

      Delete
  5. bikin sendiri lah... lebih oke dan mendidik. senang baca artikel ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbaa, niat awalku gitu mulia banget, tapi tergoda dengan sesuatu yang instan dan murah, sirna deh :D

      Delete
  6. hahahahahhaahaha.. sama dong :P kalo lebih murah ngapain bikin sendiri... hihihi.. tapi kalo udah jelas-jelas bisa bikin sendiri supaya gak bangkrut beli melulu, nahhhh itu perlu dijabanin.. kayak playdoh gitu kan mendingan bikin daripada beli :D

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)