Thursday, November 19, 2015

Mak Irits di Festival Komik dan Animasi 2015

Hae iriters,

Udah tahu kan tentang event Festival Komik dan Animasi yang berlangsung di Lawang Sewu 18-21 November 2015. Ada Mak Irits juga loh di sana :)

Hari pertama kemarin, festival komik ini berlangsung seru. Pukul 11.00 saya sudah berada di stand bersama teman-teman lain menyelesaikan booth Mak Irits yang belum jadi 100%. Bikin standing poster dan properti buat foto-foto. Yak kami mau buat photo booth di situ, jadi iriters bisa foto-foto gokil bareng karakter Mak Irits juga. Bagi yang mau beli komiknya bisa juga. Lamgsung datang ke booth Papillon ya. Komiknya didisplay di situ.



Pukul 13.00 dimulai acara diskusi di atas panggung yang sudah didekor cantik di halaman tengah Lawang Sewu. Pengisinya Beng Rahadian dan Adjie Prasetyo yang merupakan komikus dan pencinta kopi. Obrolannya tak jauh-jauh tentang kedua hal itu. Komik dan kopi.

Pukul 15.00 jadwalnya pembukaan acara festival komik dan animasi. Sebelum dibuka dihadirkan dulu hiburan berupa nyanyian dan tarian. Saya yang awalnya berada di dalam tenda yang berisi stand peserta, langsung melirik keluar begitu dengar ada tembang Jawa dinyanyikan dengan penuh energik. Keren.



Peserta Fesival komik dan animasi ini bukan hanya dari Semarang saja loh. Selain Mak Irits dan Papillon studio, turut hadir juga komik trio Hantu, studio dreamtoon yang membuat serial kartun keluarga somat, studio animasi di Solo yang membuat serial kartun Sopo Jarwo, Komikin Ajah, Battle of Surabaya, dan masih banyak lagi.

Event ini sebenarnya gratis, hanya saja untuk masuk ke area Lawang Sewu, seperti biasa tetap dikenakan biaya tiket sebesar Rp.10.000,- perorang. Murah lah kalo menuruts saya sih. Apalagi kan bisa sambil menyelam minum air. Habis nonton festival komik dan animasi kita bisa lanjut jalan-jalan ke area gedung Lawang Sewu dan poto-poto dengan bekgron tempo dulu.

Lokasi stand pameran memang terletak di halaman tengah Lawang Sewu tapi jangan kuatir meski siang ngga akan kena panas kok, karena stand berada di dalam tenda raksasa yang ber AC. Adem beneeer.

Kalo lapar, tinggal menuju stand jualan. Ada yang jual bakso malang, mie goreng, es teh, pizza, burger, dan aneka cemilan.

Festival komik dan animasi, masih akan berlanjut sampai dua hari ke depan, nonton ya. Di hari kedua ini akan ada workshop dengan tema teknik bertutur dengan komik strip yang akan diisi oleh Beng Rahadian. Tempatnya di museum Ronggowarsito mulai pukul 09.00-15.00, ada juga talkshow animasi di Lawang Sewu pukul 10.00. Ada juga semacam talkshow tentang peran media sosial dalam komik yang akan diisi oleh Faza Meonk komikusnya Si Juki dan Reza Fadilah dari Komikin Ajah. 

Jadi jangan samapai lewatkan ya... event ini keren dan langka, ngga setiap bulan diadakan. Jangankan tiap bulan tiap tahun aja belum tentu ada hehe. Biasanya tempatnya gantian sih. Kalo tahun ini udah di Semarang, bisa jadi tahun depan di Papua. Mau datang berat di ogkos kaaan. Bingung ngiritnya gimana hehehe.

@emakirits

15 comments:

  1. Halo..seneng banget kalau komik bisa digelar di Lawang Sewu begini. Selain bikin museumnya jadi lebih dekat dengan masyarakat, pengunjung bisa dapet dobel dalam sekalinkunjungan.

    Kapan Mak Irits mau road show ke Surabaya? Saya tungguin yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bisa skalian sobo museum ya mbaak. Mudah2an ada yang ngundang ke Surabaya ntar kita ketemu hehe

      Delete
  2. Wow mak Irits Go National. selamat ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih mak, doakan go internasional hehee

      Delete
  3. Keren ih mak irits...moga2 bisa mampir kesana hari ni.tak kebut kerjaan sek

    ReplyDelete
  4. Sukses terus mak, semoga komiknya bisa terkenal keseluruh nusantara :)

    ReplyDelete
  5. Aku belum bisa kesana, moga sukses acaranya yaa

    ReplyDelete
  6. keren ihhh mak, coba deket aku pasti datanggggg. kapan road-show ke inggris mak, ditunggu yaaaa *ditimpuk*

    ReplyDelete
  7. wah keren acaranya seneng liat anak muda kreatif kayak gini ;)

    ReplyDelete
  8. Yuhiiii irit lah 10.000 ribu bisa puas puasin foto sama melihat-lihat komik kesukaaan. Sukses selalu ya mami mi

    ReplyDelete
  9. Wow serunya, sayang jauh. Coba kalo deket aku ajak anak-anak ke sana liat-liat komik, pasti seneng mereka. Kacamata Rp Rp itu unik banget hehehe :D

    ReplyDelete
  10. seru nih kayakny. adain di jakarta dong mak irits. fans mu menunggu nih

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)