Sunday, October 18, 2015

[TIPS] Jalan-jalan Irits

Dear Iriters,
Saat ini banyak yang mengkategorikan jalan-jalan alias pinik alias rekreasi sebagai kebutuhan sekunder. Artinya ini harus dipenuhi setelah kebutuhan akan pangan, sandang, maupun, papan sudah tercukupi. Bahkan ada juga loh menganggap jalan-jalan sebagai kebutuhan primer. Katanya orang yang kurang piknik membuat cara pandang menjadi sempit dan ini membahayakan kesehatan jiwa maupun raga. Tsahhhhh...

Dipikir-pikir betul juga sih, bosen juga kali ya di rumah terus. Atau bagi yang kerja di luar rumah, rutenya hanya rumah-kantor melulu. Pengen juga sesekali jalan-jalan untuk merefresh pikiran. Tapi gimana kalo dana yang ada minimalis. Pengen jalan-jalan irits tapi tetep asyik, saya punya tipsnya:

1. Rencanakan jauh-jauh hari. Dengan merencanakan jauh-jauh hari kesempatan menabung lebih lama, kita bisa pilih moda transportasi yang paling ekonomis, misal mau naik pesawat ada waktu untuk berburu tiket promo.

2. Jalan-jalan jangan di musim liburan. Yang namanya tempat wisata saat liburan anak sekolah, tanggal merah, atau cuti bersama pasti ruame. Hindari saat-saat itu. Pertama lebih nyaman juga bagi kita jalan ke tempat wisata ngga berdesak-desakkan, selain itu biasanya di musim liburan apa-apa menjadi lebih mahal, seperti tiket masuk, tiket pesawat, maupun harga kamar hotel.

3. Membuat itinarary alias rencana perjalanan sebelum berangkat. Apa saja yang mau kita kunjungi, tempatnya di jalan apa, jam berapa, stelah itu kemana dll. Ini juga bisa buat kita menghemat pengeluaan loh iriters. Bayangin kalo ngga punya bayangan mau ke mana asal jalan aja, atau menentukan tujuannya dadakan, rutenya juga belum jelas. Bisa-bisa kita muter-muter ngga jelas, boros BBM dan ngga efisien waktu.

4. Memilih moda transportasi yang paling irit. Ini tentu disesuaikan dengan jumlah orag yang akan ikut jalan-jalan bersama kita, lamanya wkatu yang diinginkan untuk jalan-jalan, tempat yang dituju, dll. Kalau jalan-jalan sendiri misalnya lebih irits ngebis, sampai tujuan sewa motor. Tapi kalau ramai-ramai dengan 4-6 anggota keluarga membawa mobil sendiri atau sewa.

5. Membawa bekal dari rumah, minimal air putih dan beberapa cemilan. Terutama kalo bawa anak-anak yang ngga bisa disuruh menahan haus dan lapar sebentar aja smape menemukan toko kelontong.

6. Membawa perlengkapan komplit. Seperti baju ganti,  sandal jepit, baju renang (kalo tujuannya mau berenang), charger, dll. Karena kalo tiba di tempat tujuan (apalagi tempatnya jauh dari rumah) baru nyadar ada yang kurang padahal butuh banget harus beli deh padahal di rumah juga ada. Mubadzir kan, ngga jadi irits deh.

7. Jalan-jalan yang dekat rumah saja. Ya jalan-jalan kan ngga perlu juga ke luar kota, pulang pergi naik pesawat, nginep di hotel, makan di resto. Bisa dengan mengajak keluarga atau kawan-kawan lama duduk di taman kota sambil menyantap makanan yang di bawa dari rumah. Hal yang kaya gini juga ngga setiap hari bisa dilakukan kan?

mogok di jalan tol, harus sedih, atau bersyukur?

10 comments:

  1. paling suka kalo jalan2 bareng keluarga bawa bekal sendiri,makannya lebih enak..bisa nambah haha

    ReplyDelete
  2. Paling klo jalan2 aku bawa minum sm popok sekali pakai aja. Jarang bawa makanan sendiri kecuali cemilan

    ReplyDelete
  3. Jalan-jalan irits, ya yg benar jalan-jalan Mak. Gak pakai kendaraan. Kayak keluarga ya ntu, jalan kaki dari dema'an ke ngembal. Yah, cuma 8km ini..hahaha..

    ReplyDelete
  4. Pas bgt menuju libur desember soalnyah

    ReplyDelete
  5. biasanya kami piknik di tempat wisata yang letaknya tidak jauh dari rumah dan selalu membawa bekal dari rumah :)

    berarti kami termasuk keluarga irits yah mak,, :D :D

    ReplyDelete
  6. Pokoknya jalan-jalannya dekat rumah saja :-D

    ReplyDelete
  7. pengen ajak anak ke taman deket rmh belum jadi2

    ReplyDelete
  8. Yang susah diirit kalo jalan2 hemat itu oleh2. Bawaannya suka laper mata mulu. Pos yg satu ini biasanya yg suka membengkak, hihi...

    ReplyDelete
  9. Saya pernah naik mobil di derek, karena mogok. Yang bikin gugup. Tal penderek mengikat bamper belakang mobil, jadilagh, saya yang duduk di depan mobil, pandanganya melawan arus jalan. Seru...gugup juga

    ReplyDelete
  10. Bawa bekel nomor 1 dan harus di utamakan haha tau sendiri kan di tempat rekreasi pada nembak harga selangit hahaha

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)