Friday, August 21, 2015

Dua Jenis Toko Online, Pilih Mana?

enaknya belanja dimana ya?
Halo iriters, siapa yang suka belanja online??? Atau malah ada yang jualan online? Jual apa? Emak mau dong dikasih diskonannya, apalagi gratisan, huehehehe.

Jaman sekarang makin banyak saja online shop bermunculan ya iriters. Mulai dari perseorangan, yang jualannya lewat FB sampai pada perusahaan skala besar. Bahkan supermarket yang punya toko offline cukup banyak yang kemudian membuat versi onlinennya.

Kali ini emak pengen membahas tentang dua jenis toko online dari cara transaksnya. Ada yang bertransaksi langsung ke penjual, adapula yang melalui perantara. Yang langsung berhubungan antara penjual maupun pembeli, bsia saja karena si penjual memang punya lapak pribadi seperti facebook, twitter, instagram, atau website sendiri. Tapi ada juga yang numpang jualan di lapak tertentu, akan tetapi konsumen langsung diarahkan ke penjual, Baik itu negosiasi maupun pembayarannya, secara langsung.

Nah yang melalui perantara ini, rekening yang digunakan adalah rekening bersama. Oke kita ambil contoh di sini adalah Tokopedia. Jadi pembeli akan mengirimkan uang untuk membayar belanjaannya ke rekening bersama milik Tokopedia. Jika pembeli sudah melakukan konfirmasi terima barang, dana penjualan akan langsung diteruskan ke Saldo Tokopedia si penjual. Atau, jika pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang hingga hitungan hari tertentu, akan tetapi pihak logistik menyatakan pengiriman sudah sampai di tujuan, transaksi dianggap selesai dan dana akan langsung diteruskan ke penjual.


Ada orang yang menyukai model online shop yang pertama, dimana pembeli langsung berhubungan dengan penjual. Lebih praktis, kalau ada sesuatu yang mau ditanyakan mengenai produk bisa langsung ke penjual. Begitu alasan mereka.

Namun, ada juga yang lebih menyukai jenis online shop kedua yaitu melalui perantara marketplace karena dianggap lebih aman. Teruatama untuk pembelian jarak jauh yang pembayarannya tidak bisa dengan sistem Cash On Delivery (COD) alias bayar secara langsung ketika barang diterima. Bayangin kalau pembeli sudah transfer uang ke penjual tiba-tiba barangnya tak kunjung dikirim, atau pesennya smartphone yang dateng sabun kan berabe. Pas mau komplen ke onlen shop yang bersangkutan, eh malah hilang ditelan bumi. Sementara kalau menggunakan perantara sebuah marketplace, jika barang yang diteria tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan, kita bisa komplain dan uang tentu saja tidak akan diserahkan ke penjual sebelum segala sesuatunya clear.

Kalau kamu bagaimana iriters, lebih suka online shop model pertama yang langusng berhubungan dengan penjual, atau yang kedua, melalui perantara marketplace?

Share yuk, biar pada tahu kelebihan maupun kekurangannya :)


twitter: @emakirits
IG      : @emakirits

26 comments:

  1. aku pernah ditokopedia..lumayannn cepet

    ReplyDelete
  2. Aku jualan di Toped, jual barangnya ya yang di Toped juga. Alhamdulillah ada yang beli... :D

    Sebagai pembeli, rasanya lebih aman belanja di Ttoped. Setidaknya uang aman sampai barang kita terima.

    Sementara sebagai penjual, aku juga seneng. Soalnya gak ada cerita diPHPin sama pembeli. Pernah kan ada yang cuma nanya-nanya doank tapi beli mah boro2. Nah kalo lewat marketplace kaya' Toped gini kita baru dicolek kalo pembeli sudah transfer uang ke rek Toped.
    Enaknya lagi pake Toped kan kirim barangnya pakai JNE online booking, jadi gak usah masukin nomer resi secara manual lagi. Gampil banget lah... :D

    ReplyDelete
  3. Dua duanya sudah pernah saya coba. Dulu waktu masih di Bekasi (Era taon 90 ) saya pesan Organizer via website online (toko online), Barang datang lalu bayar di tempat. Cash On Delivery, Sedangkan selebihnya normal aja,. Pilih barang paket Belanjaan dalam basket, lalu order. Transfer uangnya kepada pemilik toko online dan barang pun tiba di rumah. Biasanya sudah termasuk dengan ongkos kirim

    Sejauh ini saya belanja Online aman aman saja,. Karena saya tau toko onlinenya Bonafid, Testimoninya di percaya, dan kantor mereka mudah dihubungi, Customer Servicenya respon cepat

    ReplyDelete
  4. Aku lebih suka yang bisa ngontak langsung penjualnya alis seller yang jualan via facebook atau instagram, soalnya bisa diajak diskusi produk, hehehe :D

    ReplyDelete
  5. Kalau saya sih pilih yang kedua. Transaksi menggunakan rekber lebih aman...
    Kalau pun harus plih yang pertama,, tapi sebelumnya harus dicek dulu kebenarannya. Jangan terlalu mudah percaya... :)
    dari kedua jenis toko online tersebut pasti ada kekurangan dan juga kelebihannya...

    ReplyDelete
  6. Kdg lbh enak lgsg sm penjualnya. Tp klo blm jd langganan enakan belanja d situs kyk tokopedia

    ReplyDelete
  7. Gak enaknya belanja d tokopedia kdg ongkirnya itu jd bengkak. Pdhl klo lgsg sm penjualnya ongkirnya cuma sekilo tp klo sm tokopedia ongkirnya jd 1,5. Mungkin salah yg jual juga sih, nyantumin keterangan beratnya.

    ReplyDelete
  8. kalo aku sih COD tapi dua-duanya juga oke he

    ReplyDelete
  9. Tokopedia oke...tp belanja via instagram yg langsung berhbngn dgn penjualnya jg oke.

    ReplyDelete
  10. Dua-duanya, Mak. Kalo suka yang online dan gak nemu di offline shop, ya pesan online. Hehe

    ReplyDelete
  11. kalau saya lebih suka via marketplace, kecuali kenal secara pribadi dengan penjualnya :)

    ReplyDelete
  12. Aku lebih old fashion shopping sih mak udah brp x nyoba olshop dan ga memuaskan jd balik deh.ofline shop.. lagian klo liat san megang barangnya tuh lebih puas rasanya ;)

    ReplyDelete
  13. Kalau saya belum pernah nyobain di tokopedia, lebih enak langsung dengan penjualnya :)

    ReplyDelete
  14. tokopedia itu toko online favorit aku walopun aku belom nyoba jualan di sana (karena males hihi)
    aku sebulan sekali minimal belanja di tokopedia dan cepat juga responnya kalo penjualnya lama respon mereka bisa langsung cancel dalam waktu 5 hari

    ReplyDelete
  15. kalau yang COD ttakutnya pas anter barang akunya gak ada di rumah

    ReplyDelete
  16. Udah dua kali belanja pakai yang kedua Mak, cukup memuaskan karena ada diskonnya xixixi. Yang jenis pertama juga pernah dan barang sampai malah lebih cepet.

    ReplyDelete
  17. aku pilih toko yang direkomen teman, biasanya nanya2 dulu gimana cara kerja tokonya, aman nggak kalau iya, baru belanja. hehe :D

    ReplyDelete
  18. Kalau aku lebih suka yang jenisnya kayak buka lapak gitu. :D

    ReplyDelete
  19. Bagus sekali mba, saya coba ya untuk aplikasikan jualan online dengan facebook.

    ReplyDelete
  20. lebih seneng secara angsung mba klo saya.. males pakek online-onlinenan -_-

    ReplyDelete
  21. klo aku pembayarannya lebih senang dengan COD mba.. :D

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)