Saturday, July 18, 2015

Mau Dapat Angpau Lebaran? Ini Syaratnya!

Hae iriters, hari ini udah habis berapa ketupat dan berapa piring opor ayam nih? Emak sampe lupa ngucapin di blog, selamat hari raya Idul Fitri, maap lahr batin ya iriters.


Sekaramg mari kita ngobrol soal ANGPAU. Kalau menurut wikipedia Indonesia, istilah angpao dalam kamus berbahasa Mandarin didefinisikan sebagai uang yang dibungkus dalam kemasan merah sebagai hadiah; bonus bayaran; uang bonus yang diberikan kepada pembeli oleh penjual karena telah membeli produknya; sogokan.

Meski angpau berasal dari kebudayaan China, di Indonesia juga sekarang terbiasa menggunakan kata angpau untuk mengistilahkan pemberian uang di kala lebaran. Ada yang ngasihnya pake amplop angpau khusus, ada juga yang langsung aja gitu di kasih uangnya, ya biar irits ngga perlu beli amplop gitu. Beberapa anak ada yang udah sadar angpau banget, dengan kemana-mana membawa kantongan kecil yang ditalikan di lehernya buat nyimpen angpau, ckckck...


Pendapatan dari angpau lumayan juga loh iriters. Apalagi kalo dari pihak sodara deket bayak yang udah nikah atau udah kerja. Meskpi satu orang ngaishnya ngga banyak-banyak, biasanya 10 atau 20 ribu, tapi kalo dilkaliin berapa ratus orang yang kita datangi (beuuuh BERAPA RATUS).

Kamu mau juga dapat angpau lebaran? Bisa, tapi baca syarat dan ketentuannya duluuu.

Anak-anak. Anak-anak seringkali pengen jadi orang dewasa. Tapi ada satu hal yang membuat mereka ingin tetap menjadi anak-anak. ANGPAU. Ya anak-anak adalah sasaran utama bagi para pemberi angpau. Anak-anak ini biasanya dibatasi usianya sampai SD lah. Meski bukan sodara dekat kalo emang pas ada pembagian angau, semua anak-anak pasti kebagian. Nah makanya kalo kamu berkunjung ke rumah seseorang dipasin aja waktu ponakan-ponakannya dari kampung pada dateng. Jangan pulang sebelum pembagian angpau dilaksanakan.

Bukan anak-anak tapi belum dapet kerja. Untuk keluarga dekat biasanya pemberian angpau ngga dibatasi pada anak-anak saja. Sudah bukan anak-anak, tapi statusnya masih mahasiswa atau sudah lulus namun belum kerja, kebagian rejeki juga. Itulah sebabnya mengapa di setiap acara keluarga saat lebaran, topiknya sellau "Kapan lulus, kerja dimana, atau kapan nikah". Itu pasti karena mereka ingin terbebas dari kewajiban memberi angpau! Makanya kalo ditanyain gitu, jawab aja dengan woles, "Kenapa sih nanya-nanya, udah ngga mau ngaish angpau ke saya lagi ya?!"

Punya anak. Kamu bukan anak-anak dan sudah menikah, harusnya sih udah ngga dapet angpau ya. Tapi tenang masih ada jalan untuk mendapatkan angpau, yaitu punya anak, Ya emang sih angpau itu buat anakmu. Tapi mayan kan, kalo anak mau beli ini itu, kita bisa bilang, "Kemarin kan udah dapet angpau, beli pake uang angpau ya..." *kekepin dompet erat-erat. Inget ya, kalo silaturahim semua anak harus dibawa, biar dapet bagian semua. Yang lagi hamil, keluarkan sekarang juga. DEMI SEPULUH RIBU.... SEPULUH RIBU....

Bawa anak. Bukan anak-anak, udah menikah, tapi belum punya anak. Ya bawa aja anak. Anak tetangga kek, ponakan, anak orang di jalan asal jangan anak kucing ya, karena nanti bukannya dapet angpau tapi dapetnya tulang ayam bumbu opor!


Nah udah tahu kan gimana caranya dapet angpau saat lebaran. Selamat berburu angpau, kalo sukses jangan lupain emak yaaa...




@eMakIrits

25 comments:

  1. "Kenapa sih nanya-nanya, udah ngga mau ngasih angpau ke saya lagi ya?!"
    Wakakakakakakak! Jawaban yang keren Mak!

    Tapi yang belum kawin kenapa ditanyain terus ya? Boro2 dapet angpao. Dicecer pertanyaan iya :D

    ReplyDelete
  2. Aku punya dua anak yang masih kecil maakkk 😅...tapi sama aja ponakanku 25 lebih

    ReplyDelete
  3. banyak anak banyak dapat angpaw juga mak :-D

    ReplyDelete
  4. Banyak angpau banyak rejeki juga, sharing is caring :D

    ReplyDelete
  5. Wah kalo gitu widya udah ga berhak dapet angpau ya mak.. soalnya kan udah bekerja tpi gpp mak.. yang penting belum menikah jadinya masih berhak *eh *maksa* wkwkwk xD

    ReplyDelete
  6. Ha..ha..ha..meni niat gitu..sampe bawa anak tetangga, keponakan..demi angpau..maksaa pisan.. :)

    ReplyDelete
  7. hihihi taun depan nambah anak ah :D

    ReplyDelete
  8. Eh beneran! Saya gak nyangka dpt bbrp angpau karena..
    Punya bayi! Xixixi

    emang buat bayi. Tapi kan bayiku 9 bln. Blm bisa minta jajan. Jd ya buat jajan emaknya. Horeee

    ReplyDelete
  9. Huahahaha... Bisa aja mak irit bikin syarat Dan ketentuan untuk dpt angpau
    Hihihihi

    Akuratu.com

    ReplyDelete
  10. LOL, irit, pelit, apa bisa melihat kesempatan ciamik.. Smart mom lha yah..


    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Banyak anak banyak rezeki
    rezekinya juga buat anak :D

    ReplyDelete
  12. haha...aku juga suka bawa keponakan pas Lebaran... mereka akhirnya dpt rejeki angpao...

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen jadi anak-anak lagi, ga perlu kerja bisa dapet banyak THR :D

    ReplyDelete
  14. Bener nih, banyak anak banyak rejeki. Aku anak 2 aja setorannya udah lumayan nih Mak *eh

    ReplyDelete
  15. alhamdulilah masih jadi anak anak jadinya gampang dampet angpau. masih anak anak?itu kan dulu~ haha

    ReplyDelete
  16. Wah kalo gitu widya udah ga berhak dapet angpau ya mak..

    ReplyDelete
  17. wahahah.... aku udah sering banget make cara ini,,, dan pas masih kecil sih dulunya dapet... tpi lama2 udah gede g dapet :D

    ReplyDelete
  18. Banyak anak banyak rezekiiiiiii wkwkwwkwkwkwkwkwwkwkwkw ^^

    ReplyDelete
  19. bawa anak tetangga juga nanti :D
    minjem bentar wkwkwkwk
    yah kalo udah gede ga dapet soalnya
    komiknya lucu kak :D

    ReplyDelete
  20. hahaha... cara ku dulu ini... byar anak2 dapat angpao :D

    ReplyDelete
  21. soalnya kan udah bekerja tpi gpp mak.. yang penting belum menikah jadinya masih berhak *eh *maksa* wkwkwk xD

    ReplyDelete
  22. pengen jadi anak-anak lagi biar dapet angpau yang banyak

    ReplyDelete
  23. Bawa anakk... hahha bawa adik aja... hihi

    ReplyDelete
  24. Wah kalo gitu widya udah ga berhak dapet angpau ya mak..

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)