Sunday, June 28, 2015

Tips Hemat Gas Ala Mak Irits

Gas langka! Harga gas naik lagi! Sering kan ya kita denger kasus-kasus kaya gitu. Kasus yang sangat mengerikan bagi ibu-ibu nih, cobak kalo harga gas mahal trus kita disuruh pake kayu bakar atauuu minyak tanah.

Emak jadi inget deh jaman kuliah dulu, di kosan hanya tersedia kompor minyak tanah. Mana kompornya sumbunya udah rusak, jadi api ngga bisa diatur besar kecilnya, besaaar terus. Padahal udah beberapa kali loh diperbaikin.

Jadinya kalo masak, minyak udah terlalu panas, wajan kami angkat dijauhkan dari kompor, udah kurang panasnya naikin atas kompor lagi. Belum lagi secara berkala, kami harus tarik sumbunya secara manual karena puterannya rusak. Pyuuuh perjuangan banget deh kala itu.

Makanya punya kompor gas sekarang disayang-sayang banget jangan sampe deh kita kembali ke masa-masa kelam ituh huhuhu *lebay.


Terus kita bisa apa nih kalo harga gas beneran naik atau gas langka. Paling bisanya marah-marah aja di socmed, hayo ngaku, ibu-ibu suka kayak gitu nggak? Moga-moga marah-marahnya dibaca sama pihak yang berwenang dan segera terselesaikan persoalan gas mahal dan langka ini yah.

Tapi iriters, masih ada kok yang bisa kita lakukan selain hanya marah-marah atau curhat di socmed. Yaitu, melakukan penghematan gas. Ya kalo kita hemat gas, persoalan harga gas yang naik atau langka jadi ngga terlalu berat kan. Ini emak kasih tipsnya buat kamu ya!

Pastikan nyala api merata. Nyala api yang rata membuat masakan cepat matang dan ini sudah pasti akan menghemat gas. Kalo nyala api di kompor kamu tidak merata, di satu sisi besar, di sisi yang lain gede, ada beberapa kemungkinan, mungkin tungkunya kotor, segera bersihkan. Bila sudah bersih tetap tidak mau nyala, coba aja bawa ke tukang servis.

Masak makanan secukupnya. Emak sih selalu masak makanan secukupnya, sesuai jumlah anggota keluarga. Terutama untuk gorengan. Kenapa? Soalnya kalo nyisa trus mau dimakan besoknya pasti kan pada minta digoreng lagi, jadi boros gas deh. mending digoreng sesaat sebelum waktu makan saja.

Satu dandang muat banyak. Kamu masak nasi didandang? Jangan lupa atas dandang bisa dikasih sarangan atau piring, jadi bisa sekalian ngukus kentang, telur atau ubi.

Ngga usah masak. Bener kan kalo kita ngga masak pasti menghemat gas. Lah terus makannya gimana? Ya makan aja di warteg. Loh jadi boros uang makan dong? Yaiya emang. Ini kan tips hemat gas bukan tips hemat uang makan weee hehehe.



@eMakIrits

15 comments:

  1. Wkkk....tips yang ke 3 itu lhoh.....bisa diirit lagi tuh mak uang makannya, nggak makan...tapi minum doang...:-)

    ReplyDelete
  2. Hahaha komporku lagi rusyak siji ki, Mak. Etapi kok ya si bapak gak nduwe warteg :D

    ReplyDelete
  3. Ahahahha bapakku ndak punya warteg mak gmn dong :-P

    Ada lg mak, spy hemat gas pas masak tu dtungguin ga usah disambi2. Jd klo udh mateng tgl matiin. Jgn nunggu gosong atau ceretny khbsn air :-D

    ReplyDelete
  4. Nyengiiitt kiyeee... Malah nggak usah masaakkk?? Bhahahahhaa

    ReplyDelete
  5. Aku pernah masak sayur dan bikin pizza di magic com maak..irit tenan

    ReplyDelete
  6. banyakin puasa juga bisa mbak, jadi ntar abis lebaran banyak2in puasa jadi nggak banyak makan dan nggak banyak masak dan banyak makai gas... :D

    ReplyDelete
  7. hahaha..sayangnya bapakku nggak punya warteg..andai punya warteg pasti begitu juga aku...

    ReplyDelete
  8. warteeegg...sahabat terbaik klo males masak :p

    ReplyDelete
  9. yang keempat bisa aja ngelesnya mak :D

    ReplyDelete
  10. tips hemat gas tambahan: minta makan ke tetangga ganti-gantian hari ini tetangga nomer ganjil besok nomor genap, atau datang ke kondangan makan gratis haha

    ReplyDelete
  11. Tips yang cakep! Apalagi yang nomor 4 bwahaaha.. Daripada ngomel2 gas naek, jangan masak sekalian, beli makananlah. Cerdas! Hahaha

    ReplyDelete
  12. Hahahahaha yoo bener mending makan di warteg :D

    ReplyDelete
  13. Nggak usah masak, yess.. Setuju Mak Irits.. biar hemat uang makan dan gas, nunggu kiriman tetangga aja deh..

    ReplyDelete
  14. kalau disini beli warung bisa hemat gas dan hemat uang mak. 40 ribu udah berbagai macam lauk dan sayur hehehe

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)